Mamapedia Logo
Sering Lelah Saat Hamil? Yuk, Atasi dengan Cara Ini

Sering Lelah Saat Hamil? Yuk, Atasi dengan Cara Ini

author iconFarhan Emerald
date icon08 04 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Mudah lelah saat hamil adalah keluhan yang umum terjadi. Meski terlihat ringan, keluhan ini sering kali mengganggu dan bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Namun, Bumil tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Mudah lelah merupakan salah satu keluhan yang umum terjadi selama kehamilan, khususnya selama trimester pertama. Akan tetapi, keluhan ini juga bisa dialami oleh ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Munculnya keluhan mudah lelah saat hamil bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya akibat perubahan hormon atau karena tubuh ibu hamil perlu bekerja ekstra untuk mendukung pembentukan organ janin dan plasenta.

Selain karena hal-hal tersebut, keluhan mudah lelah saat hamil terkadang juga bisa disebabkan oleh kondisi tertentu yang perlu diwaspadai.

Beberapa Penyebab Lelah Saat Hamil

Sering merasa lelah saat hamil tentu bisa menghambat aktivitas Bumil sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membuat ibu hamil sering merasa lelah:

1. Morning sickness

Morning sickness adalah mual dan muntah yang terjadi selama kehamilan. Terlepas dari namanya, morning sickness sebenarnya juga bisa terjadi saat siang, sore, atau malam hari. Kondisi ini dapat membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan dan kekurangan energi, sehingga menyebabkan ibu hamil mudah merasa lelah.

Morning sickness yang ringan umumnya tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan beberapa cara, misalnya menghindari aroma makanan yang membuat mual serta makan dalam porsi kecil namun sering.

2. Anemia

Selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan zat besi dua kali lipat lebih banyak. Zat besi berperan sebagai pembentuk darah yang memasok oksigen untuk janin yang sedang berkembang. Jika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, ibu hamil berisiko mengalami anemia.

Selain menimbulkan rasa lelah, anemia bisa membuat ibu hamil mengalami gejala lain seperti pusing, kulit tampak pucat, dan mata berkunang-kunang. Kondisi ini pun bisa membuat tumbuh kembang janin terganggu.

3. Perubahan hormon

Kehamilan menyebabkan berbagai perubahan pada tubuh, termasuk perubahan hormon seperti estrogen dan progesteron. Perubahan hormon ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi darah guna mendukung tumbuh kembang janin.

Meski demikian, perubahan hormon tersebut terkadang dapat menimbulkan efek samping berupa melemahnya ligamen dan persendian di seluruh tubuh. Hal inilah yang turut membuat ibu hamil sering merasa mudah lelah.

4. Rasa cemas dan khawatir

Mudah lelah pada ibu hamil bisa terjadi akibat kondisi psikologis tertentu, misalnya rasa cemas dan khawatir. Hal tersebut mungkin bisa bersumber dari berbagai hal, misalnya ketika ibu hamil membayangkan proses persalinan yang menyakitkan atau khawatir tidak bisa menjaga dan membesarkan bayinya dengan baik.

Jika sudah parah, rasa cemas dan khawatir bisa membuat ibu hamil merasa sangat terbebani, sehingga muncul perasaan sedih atau putus asa. Kondisi psikologis tersebut bisa membuat ibu hamil susah tidur dan cenderung mudah lelah.

Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil

Agar keluhan sering lelah saat hamil bisa terasa lebih ringan, Bumil bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Mengurangi aktivitas

Bumil disarankan untuk membatasi waktu ketika bekerja atau beraktivitas. Jika perlu, cobalah meminta suami atau anggota keluarga lain untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah atau mengurus anak.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Bumil disarankan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk melawan rasa lelah selama hamil. Beberapa makanan tersebut adalah ikan, telur, susu, keju, serta aneka buah dan sayuran.

Hindari mengonsumsi makanan cepat saji dan roti tawar putih karena justru akan membuat Bumil semakin mengantuk. Sebagai gantinya, Bumil bisa mengonsumsi roti gandum karena mengandung nutrisi yang lebih baik.

3. Mencukupi kebutuhan air putih

Bumil perlu minum air putih lebih banyak agar tercegah dari dehidrasi. Tak hanya itu, minum cukup air putih juga bisa membantu meringankan gejala morning sickness. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, Bumil juga akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

4. Berolahraga secara teratur

Bumil disarankan untuk melakukan aktivitas fisik sesuai kemampuan. Rutin berolahraga juga dapat meningkatkan energi tubuh dan mengurangi rasa lelah. Ada beragam pilihan olahraga yang dapat Bumil coba lakukan, misalnya berjalan-jalan di dalam rumah, senam hamil, hingga yoga.

5. Mengonsumsi suplemen sesuai rekomendasi dokter

Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, Bumil juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen kehamilan. Akan tetapi, jenis dan dosis suplemen kehamilan tersebut harus sesuai resep dokter.

Jika kehamilan membuat tubuh Bumil mudah lelah sampai sulit menjalani aktivitas sehari-hari, segera periksakan diri ke dokter. Hal ini karena keluhan mudah lelah selama kehamilan yang tak kunjung membaik bisa jadi pertanda adanya berbagai kondisi medis yang telah disebutkan di atas atau penyakit tertentu, misalnya hipotiroid.

Untuk menenentukan penyebab keluhan mudah lelah saat hamil, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, kemudian memberikan penanganan sesuai penyebabnya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE