Mamapedia Logo
Perhatikan Kualitas Sperma, Permudah Kehamilan Loh!

Perhatikan Kualitas Sperma, Permudah Kehamilan Loh!

author iconNovia Luciana
date icon08 06 2018
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Siapa sih pasangan suami istri yang tidak mau cepat dikaruniai momongan? Setiap pasangan pasti berusaha sekuat tenaga untuk bisa memperoleh anugerah ini. Tapi tahu ngga sih kalau bukan Moms saja sebagai penentu sebuah kesuksesan tentang kehamilan? Kehamilan tentu saja butuh kerjasama kedua belah pihak. Dads jangan sungkan dan merasa terintimidasi dulu jika Moms meminta Dads untuk memperhatikan kualitas spermanya ya! Hal ini untuk kebaikan bersama kok. 

 

Baca juga : Yuk Hamil Sehat Dengan 7 Langkah Ini!

 

Lalu, bagaimana ya cara tahu sperma kurang berkualitas? (Dilansir dari berbagai sumber)

1. Sperma yang terlalu kental dianggap kurang bagus karena tidak gesit berenang untuk mencapai sel telur.

2. Jumlah umum sperma yang sehat saat keluar (ejakulasi) adalah sekitar 1 sendok teh. Jumlah ini dinyatakan wajar dan umum.

3. Warna sperma juga menentukan lho. Tidak sangat putih tapi tidak juga bening. Bahkan sperma yang agak kuning atau agak abu-abu masih bisa dikatakan sehat.

 

Nah Dads, kira-kira masih aman kah? Kalau melihat tanda-tanda bahwa spermanya kurang sehat, cobain berbagai macam cara ini yuk!

 

1. Olahraga teratur ternyata penting juga untuk menjaga kualitas sperma tetap bagus. Ngga perlu olahraga berat, jogging pagi atau sore saja sudah cukup untuk menjaga kebugaran.

2. Kurangi rokok dan alkohol. Sudah tahukan kalau rokok bisa menyebabkan impotensi? Nah, mulai sekarang singkirkan rokok dulu deh Dads!

3. Perhatikan kebersihan organ intim Dads ya. Kebersihan bukan Cuma milik wanita saja lho. Semua orang wajib menjaga kebersihan dirinya masing-masing.

4. Hindari penggunaan underwear ketat. Opppss! Ingin terlihat seksi tapi ternyata ini berdampak buruk pada kesehatan sperma Dads juga lho. Underwear yang ketat justru memperlambat gerakan sperma setelah ejakulasi.

5. No more stress! Saatnya mengendalikan emosi diri sendiri ya Dads. Ada kalanya semua bisa disikapi dengan positif. Menghindari stress juga bukan berarti bisa minum alkohol sepuasnya, Dads bisa mengalihkan ke hal lain misalnya menonton konser music favorit, nonton bola, baca buku, atau main games.

6. Jangan benci sayur dan buah! Mulailah untuk meninggalkan junk food dan beralih ke makanan sehat seperti konsumsi sayuran dan buah-buahan.

7. Siasati dengan meminum madu atau sari kurma. Suplemen makanan yang satu ini juga cukup terbukti membuat badan kita segar dan tetap bugar kok.

8. Cukup istirahat. Usahakan tidak membawa beban pekerjaan di rumah ya Dads. Rumah adalah tempat Dads melepas penat, bukan menambah penat.

9. Penyuka kopi boleh-boleh saja. Tapi jika ingin kualitas sperma baik, Dads harus bisa membuat batasan tentang asupan kafein yang masuk dalam tubuh. Jangan berlebihan!

10. Jika merasa ada yang tidak beres dengan organ intim Dads, sebaiknya Anda langsung berkonsultasi kepada dokter ya!

 

Baca juga : Apa Normal Kulit Menjadi Lebih Gelap Saat Hamil?

 

Ada yang pernah mencoba cara lain kah supaya sel spermanya tetap sehat? Silahkan berbagi ya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE