Homepage Loading Icon
Nyeri Punggung Selama Kehamilan? Ini Tipsnya! - MOOIMOM

Nyeri Punggung Selama Kehamilan? Ini Tipsnya!

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui, Tips,

Nyeri punggung selama masa kehamilan adalah hal yang lumrah terjadi. Biasanya nyeri punggung baru akan dirasakan ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga, namun beberapa ibu sudah merasakannya di awal kehamilan. Mayo Clinic menyarankan agar Anda segera memberitahukan kepada dokter Anda bila sakit punggung ini semakin parah hingga menyebabkan pendarahan pada vagina Anda, karena ini mungkin saja tanda bahwa kehamilan Anda sedang ada masalah.

Faktanya

Menurut situs The American Pregnancy Association, sektar 50 hingga 70 persen wanita hamil mengalami sakit punggung. Beberapa mengalami sakit punggung dini yaitu 2 bulan hingga 3 bulan setelah terjadi pembuahan. Umumnya ibu hamil akan merasakan nyeri punggung saat kehamilan menginjak usia 5 hingga 7 bulan karena tentu saja bayi dalam kandungan Anda mengalami kenaikan berat badan sehingga Anda menopangnya lebih berat lalu kemudian menyebabkan punggung Anda sakit.

Jenis-jenisnya

Salah satu jenis sakit punggung selama masa kehamilan adalah nyeri panggul posterior. Hal ini terjadi di bawah pinggang di sekitar tulang ekor dan kadang-kadang dapat meluas ke bagian belakang paha dan bokong. Tipe lain dari nyeri punggung, yaitu nyeri pinggang, dirasakan di wilayah tulang belakang dari punggung bawah Anda. Ini adalah jenis umum dari sakit punggung yang mungkin Anda alami sebelum Anda hamil.

Penyebab

Perubahan hormon adalah penyebab umum dari sakit punggung selama trimester pertama. Untuk mempersiapkan kelahiran dan membantu melembutkan sendi dan ligamen di daerah pinggul Anda, tubuh Anda melepaskan hingga delapan kali jumlah hormon dari sebelum Anda hamil. Tulang punggung Anda akan menyokong badan Anda selama kehamilan dan kekuatannya akan semakin berkurang saat kehamilan sudah mulai besar.

Perawatan

Anda mungkin tidak dapat mencegah sakit punggung sepenuhnya, tetapi ada cara untuk dapat meminimalkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Anda bisa mengkompres bagian yang terasa sakit dengan es atau air hangat. Melakukan sedikit gerakan peregangan pada punggung dan otot perut dapat membantu mengurangi rasa sakitnya. The Mayo Clinic merekomendasikan agar para ibu mencoba latihan panggul. Jika Anda ragu, silahkan konsultasikan hal ini kepada dokter Anda.

Pengobatan

Beberapa obat dapat membantu meminimalkan sakit punggung Anda, tetapi pastikan Anda meminta saran dari dokter Anda obat apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit ini selama Anda hamil. Acetaminophen (Tylenol) umumnya aman dikonsumsi saat hamil, tapi Mayo Clinic tidak merekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi aspirin, ibuprofen (Motrin, Advil) atau obat lain yang mengandung nonsteroidal anti-inflammatory. Obat ini dapat mengubah pergerakan arus darah pada bayi dan menyebabkan hal yang tidak diinginkan pada bayi Anda.

Neck and Back Pain Relief with Simple Foot Massage:

Sumber : Modern Mom

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

Super Soft Skinny Maternity Jeans Celana Jeans Hamil
Super Soft Skinny Maternity Jeans Celana Jeans Hamil

IDR 499,000

Full Length Maternity Leggings Celana Legging Hamil
Full Length Maternity Leggings Celana Legging Hamil

IDR 199,000

V-neck Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui
V-neck Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui

IDR 249,000

Ice Silk Maternity & Nursing Pajamas Dress / Baju Tidur Ibu Hamil Menyusui
Ice Silk Maternity & Nursing Pajamas Dress / Baju Tidur Ibu Hamil Menyusui

IDR 399,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved