Homepage Loading Icon
Mudah Lupa Saat Hamil, Apa Sih Penyebabnya?

Mudah Lupa Saat Hamil, Apa Sih Penyebabnya?

author iconIntan
date icon22 05 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Hamil memang menjadi momen paling mengesankan di dalam hidup kita ya, Moms. Namun, kehamilan juga memberikan banyak perubahan untuk diri kita.

Selain berubah secara fisik dan mental, kehamilan juga mengubah kinerja otak, lho. Tak jarang, banyak sekali Moms yang sedang hamil mengeluhkan dirinya yang menjadi pelupa, hilang fokus, bahkan lambat mencerna informasi.

Dilansir dari Verywellfamily.com, ternyata kondisi pelupa saat hamil memang benar adanya, lho! Ada 3 hal yang menjadi penyebabnya.

Penyebab mudah lupa saat hamil

1. Hormon

Seperti banyak gejala lain yang berkaitan dengan kehamilan, hormon merupakan penyebab masalah memori ini. Peneliti menemukan bahwa meningkatnya kadar hormon seks selama masa kehamilan, dapat memengaruhi area otak yang berperan dalam hal fungsi memori tertentu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil pada trimester kedua dan ketiga, lebih pelupa daripada biasanya.

Selain itu, pada periode ini, wanita hamil juga cenderung mengalami suasana hati yang lebih buruk dan lebih sering cemas, yang tentu juga berpengaruh langsung pada daya ingatnya.

2. Kurang tidur

Sulit tidur saat hamil membuat Moms memiliki waktu tidur yang kurang. Selain dipengaruhi karena ketidaknyamanan dan nyeri pada punggung, masalah sulit tidur ini juga disebabkan oleh sering buang air kecil di malam hari.

Akibatnya, ibu hamil jadi memiliki waktu tidur yang kurang berkualitas, deh. 

3. Stres

Peningkatan stres terkait dengan persiapan dan perubahan peran baru sebagai calon orangtua, juga memainkan faktor penting terhadap otak kehamilan. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setidaknya satu penelitian telah menemukan tingkat kecemasan cenderung meningkat seiring dengan perkembangan kehamilan, dan tingkat stres dapat meningkat lebih lanjut pasca melahirkan.

Apakah kondisi ini bisa berubah?

Moms, kondisi mudah lupa saat hamil memang terjadi secara alami. Namun, hal ini tidak mengindikasikan adanya penurunan kinerja otak Moms menjadi tidak cerdas.

Secara alami, nantinya sistem saraf Moms juga akan membangun kinerja otak yang lebih responsif lagi. Jadi, hal ini bisa berlalu seiring dengan berjalannya waktu ya, Moms.

Jika Moms ingin meningkatkan kesehatan serta kinerja otak selama kehamilan, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi serta suplemen yang tepat sesuai dengan kondisi kehamilan.

Moms bisa menemukan beragam suplemen kehamilan di sini. 

Selamat menikmati kehamilan yang sehat dan nyaman, Moms :)

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
3 in 1 Maternity Pack
3 in 1 Maternity Pack

Rp 988,000

MOOIMOM 3 Pack NEW Seamless Bra
MOOIMOM 3 Pack NEW Seamless Bra

Rp 597,000

MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack
MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack

Rp 189,000

MOOIMOM Milk Collection Shell - Alternatif Penampung ASI
MOOIMOM Milk Collection Shell - Alternatif Penampung ASI

Rp 149,000

MOOIMOM Bra Hamil Menyusui - Lace wireless Maternity & Nursing Bra
MOOIMOM Bra Hamil Menyusui - Lace wireless Maternity & Nursing Bra

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved