Homepage Loading Icon
Moms Ini Dia Jam Tidur yang Normal Bagi Bayi

Moms Ini Dia Jam Tidur yang Normal Bagi Bayi

author iconanisyukur
date icon26 09 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak, Tumbuh Kembang Anak,

Bayi yang baru lahir tentu saja memiliki jam tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Meski berusia hampir 1 tahun bayi tetap memiliki waktu tidurnya sendiri. Tidur yang cukup diperlukan oleh bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Selain karena hormon pertumbuhan akan aktif ketika sedang tidur, tidur yang cukup juga dipercaya dapat melindungi bayi dari kerusakan jantung dan pembuluh darah, menjaga berat badan bayi, serta membantu tubuh bayi untuk melawan infeksi.

Oleh karena waktu tidur yang sesuai sangat dibutuhkan oleh bayi terlebih ketika usianya masih dibawah 1 tahun. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam sehari untuk tidur. Sedangkan bayi membutuhkan jam tidur yang lebih lama. Bayi yang baru lahir bahkan membutuhkan 16,5 jam sehari untuk tidur. Durasi tidur ini lama-kelamaan akan berkurang seiring pertambahan usianya. Agar tumbuh kembang Si Kecil optimal, sesuaikan waktu tidurnya dengan durasi dan jam tidur bayi yang dianjurkan menurut tingkatan usia:

Bayi baru lahir

Bayi baru lahir umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 16,5 jam sehari. Jam tidurnya bisa dibagi menjadi 8 jam tidur siang dan 8,5 jam tidur malam. Namun, pola tidur bayi pada usia ini masih belum beraturan. Bayi biasanya akan terbangun ketika merasa lapar atau merasa tidak nyaman. Namun total waktu keseluruhan yang dibutuhkan oleh bayi babaru lahir adalah 16.5 jam.  

Bayi 1 bulan

Saat usia bayi memasuki 1 bulan, durasi tidurnya mulai berkurang menjadi 14-16 jam dalam sehari. Jam tidurnya bisa terbagi menjadi 8-9 jam untuk tidur malam dan 6-7 jam untuk tidur siang. Di usia ini, bayi biasanya sudah mulai mengenali waktu antara siang dan malam dan mampu. Umumnya bayi akan lebih banyak menghabiskan jam tidurnya di malam hari.

Bayi 3 bulan

Pada usia 3 bulan, durasi tidur bayi tidak jauh berbeda dengan bayi 1 bulan. Pada usia 3 bulan bayi membutuhkan waktu tidur sekitar 14-16 jam sehari. Namun perbedaannya, pada usia ini durasi tidur malam bayi lebih sedikit yakni menjadi 10-11 jam, sedangkan tidur siangnya menjadi 4-5 jam.

Bayi 6 bulan

Saat bayi mulai menginjak usia 6 bulan, bayi memerlukan tidur sebanyak 14 jam sehari. Umumnya durasi tidur ini akan terbagi 2 yakni menjadi 3 jam untuk tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam.

Bayi 9-12 bulan

Di usia 9-12 bulan, durasi tidur bayi akan sedikit berkurang menjadi 13,5 jam sehari, yang terdiri dari 11 jam tidur malam dan 2,5 jam tidur siang. Di usia ini, bayi mungkin akan sulit tidur atau bahkan tidak mau tidur jika tidak bersama dengan orang tuanya. Di usia ini juga, rasa tidak nyaman saat gigi mulai tumbuh bisa memengaruhi pola tidur bayi.

Durasi dan jam tidur bayi perlu disesuaikan dengan usianya. Jika Si Kecil tampak mengalami masalah saat akan tidur atau mengalami gangguan tidur tertentu, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Sloped Pillow Bantal Bayi
Sloped Pillow Bantal Bayi

IDR 449,000

MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi

IDR 315,000

MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi

IDR 299,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved