Homepage Loading Icon
Moms Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Bayi Lahir Dengan Bibir Sumbing

Moms Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Bayi Lahir Dengan Bibir Sumbing

author iconanisyukur
date icon21 08 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak,

Semua orang tua pasti menginginkan agar sang bayi dapat lahir dengan sehat dan sempurna tanpa kurang satu apapun seperti bibir sumbing. Bibir sumbing merupkan jenis cacat lahir yang bisa ditemukan pada bayi baru lahir. Bayi yang lahir dengan keadaan bibir sumbing disebabkan oleh pertumbuhan serta perkembangan tulang tengkorak dan jaringan di bagian kepala dan wajahnya sewaktu dalam kandungan tidak berjalan dengan sempurna. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor loh Moms, seperti hal-hal berikut ini: 

1. Riwayat dalam keluarga

Menurut penelitian, jika Moms, pasangan, atau anggota keluarga lain ada yang lahir dengan kondisi bibir sumbing, maka Si Kecil juga berisiko untuk mengalaminya. Meski begitu, bukan berarti bila Moms atau pasangan sumbing, maka anak Moms pasti akan mengalami hal serupa.

2. Merokok 

Untuk Moms yang masih merokok saat hamil, disarankan untuk segera menghentikan kebiasaan ini. Ibu hamil yang memiliki kebiasaan merokok lebih berisiko untuk melahirkan bayi dengan bibir sumbing. Tidak hanya perokok aktif saja, ibu hamil yang sering terpapar asap rokok (perokok pasif), juga berisiko untuk melahirkan bayi dengan kondisi bibir sumbing loh Moms.

3.  Alkohol 

Ibu hamil yang sering mengonsumsi minuman beralkohol akan lebih berisiko untuk melahirkan bayi dengan bibir sumbing. Penelitian telah menunjukkan bahwa memang ada kaitan antara kebiasaan mengonsumsi alkohol selama hamil dengan kasus bibir sumbing pada bayi.

4. obesitas

Jika Moms berencana untuk hamil namun memiliki berat badan yang berlebih hingga termasuk obesitas, sebaiknya Moms menurunkan berat badan terlebih dahulu. Alasannya adalah karena ibu hamil yang mengalami obesitas berisiko tinggi untuk melahirkan bayi dengan bibir sumbing.

5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi selama hamil mungkin dapat meningkatkan risiko bibir sumbing pada bayi. Obat-obatan itu termasuk jenis isotretinon (obat jerawat), methotrexate (obat psoriasis, arthritis dan kanker), dan obat anti kejang.Untuk itu, jangan konsumsi obat sembarangan ya Moms dan konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 599,000

Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 499,000

3 Pack NEW Seamless Bra
3 Pack NEW Seamless Bra

IDR 597,000

Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

IDR 199,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved