Homepage Loading Icon
Meningkatkan Peluang Untuk Melahirkan Normal

Meningkatkan Peluang Untuk Melahirkan Normal

author iconfallin
date icon14 05 2019
category iconKehamilan & Menyusui,

Persalinan pervaginaan atau normal memang lebih aman bagi bayi.  Selain itu, risiko yang kecil setelah melahirkan menjadi salah satu alasan mengapa banyak perempuan yang lebih ingin melahirkan secara normal.

 

Selain dorongan alamiah, pada kondisi kehamilan yang normal, ibu sehat, bayi sehat, dan air ketuban cukup, melahirkan secara normal juga dikatakan aman untuk kondisi bayi, serta pemulihan cepat pada ibu. 

 

Pada kenyataannya, prosedur persalinan secara operasi, secara teoritis lebih berisiko dibanding proses persalinan pervaginam.

 

Namun, tak jarang ada beberapa kondisi yang mengharuskan moms melakukan operasi caesar, misalnya posisi bayi tidak normal (misalnya letak lintang atau sungsang), stres janin, ketuban pecah dini dengan air ketuban habis, kejang dalam kehamilan (eklampsia), plasenta previa, dan lainnya. 

 

Jika moms ingin tetap melahirkan secara normal, hal-hal berikut ini bisa moms lakukan untuk mengurangi potensi persalinan caesar.

 

Bijaksana Memilih Tempat Melahirkan

Memilih tempat melahirkan adalah cara utama untuk menghindari operasi caesar yang tidak perlu. Saat pertama kali memilih dokter atau bidan yang akan menangani moms, tanyakanlah tingkat operasi caesar yang terjadi selama praktik mereka. Ini menjadi gambaran akurat tentang seberapa sering mereka melakukan operasi caesar untuk persalinan pertama seorang ibu hamil. Dalam kasus bidan yang memang tidak mungkin melakukan operasi caesar, tanyakanlah seberapa banyak pasien yang ia rujuk untuk melakukan caesar. Rujukan juga perlu diketahui alasannya, apakah alasan merujuk untuk operasi tepat atau tidak.

Selain memperhatikan kebijakan dokter atau bidan, perhatikan pula kebijakan rumah sakit. Pasalnya, beberapa rumah sakit memiliki kebijakan berbeda terkait persalinan. moms dapat bertanya dengan pihak rumah sakit yang moms tuju dan cari tahu tingkat persalinan caesar mereka.

 

Perbanyaklah Mengedukasi Diri tentang Persalinan dan Kelahiran

Mengikuti kelas persalinan, banyak berbicara dengan orang lain yang telah mengalami persalinan, dan membaca buku-buku bagus tentang persalinan akan membantu moms memperoleh informasi berharga seputar persalinan. Dengan belajar tentang proses persalinan dan kelahiran, moms akan lebih siap hingga cenderung lebih santai dan merasa nyaman dengan proses persalinan moms. Dengan banyak belajar, moms juga akan tahu cara membuat birth plan dan teredukasi mengenai pilihan persalinan. Jangan takut untuk menyampaikan kepada dokter atau bidan yang menangani moms mengenai pilihan yang moms punya.  

 

Kenali Kelainan pada Kehamilan

Kelainan dalam kehamilan dapat berupa ketuban pecah dini, kehamilan lewat bulan, tekanan darah tinggi (preeklampsia) serta kelainan lainnya. Kelainan tersebut jika dikenali dini, memberi kesempatan untuk ditatalaksana dengan tepat, sehingga dapat menurunkan risiko operasi caesar. Sebagai contohnya, pada kasus ketuban pecah dini, jika dikenali dini, maka air ketuban masih cukup, sehingga masih bisa dilakukan induksi, sehingga kemungkinan persalinan pervaginam lebih besar, dan kondisi bayi baik.

Lakukan Pengobatan dan Intervensi dengan Bijak

Intervensi seperti anestesi epidural dan lainnya memiliki porsinya sendiri saat proses melahirkan. Namun, jika hal ini digunakan terlalu awal, obat-obatan ini justru dapat meningkatkan risiko caesar. Tunggulah hingga pembukaan 5 cm sebelum memutuskan tindakan lanjutan. Dengan bersabar, moms dapat mengurangi sebagian potensi caesar.

 

Bawa Pendukung saat Persalinan

Dukungan adalah kunci untuk persalinan dan kelahiran. Menggunakan doula profesional adalah cara yang bagus untuk mengurangi risiko caesar. Para profesional terlatih ini dididik untuk memberikan dukungan selama persalinan. Doula akan memberi pijatan serta memberi informasi bermanfaat seputar posisi persalinan, metode relaksasi, dan keterampilan lainnya untuk membuat moms lebih nyaman selama persalinan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing
3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing

IDR 369,000

Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

IDR 149,000

Adjustable Recovery Corset
Adjustable Recovery Corset

IDR 139,000

Adjustable Elastic Recovery Corset Korset Pasca Melahirkan
Adjustable Elastic Recovery Corset Korset Pasca Melahirkan

IDR 199,000

Bamboo Postpartum Belly Band Corset
Bamboo Postpartum Belly Band Corset

IDR 920,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved