Homepage Loading Icon
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu IMD, Yuk!

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu IMD, Yuk!

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon08 04 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Kelahiran Anak,

Sebagian orang masih salah kaprah. Inisiasi Menyusui Dini (IMD) bukan dilakukan dengan menjejalkan puting susu Moms ke dalam mulut si kecil. Lebih baik jika si kecil dibiarkan menjilati kulit Moms, kemudian menemukan sendiri puting susu Moms. Pahami cara dan manfaat IMD agar Moms dan si kecil bisa merasakan hasil optimalnya.

Inisiasi Menyusui Dini Dilakukan dalam 1 Jam Pertama Kelahiran Bayi

Bayi bergerak secara aktif di perut Moms. Tidak ada sehelai kainpun yang memisahkan antara kulit si kecil dengan kulit Moms. Bayi yang baru lahir bahkan terlihat menciumi aroma Moms, kemudian membuka mulut. Lidah si kecil menjilati kulit Moms, sekitar 40 menit kemudian mulutnya bergerak ke bagian dada untuk mencari puting Moms. Setelah puting susu Moms ketemu, si kecil tampak lahap menghisap ASI. Dalam dekapan Moms, kontak kulit berlangsung hingga satu jam.

Menurut Utami Roesli, SpA, IBCLC, dokter spesialis anak Rumah Sakit St. Carolus, inti dari inisiasi menyusui dini bukan memberikan ASI dengan segera. Oleh karena itu, keliru jika memaknai IMD dengan menjejalkan puting susu pada bayi. Inti IMD adalah kontak kulit dini (early skin-to-skin contact) minimal satu jam antara bayi dan Moms.

Dalam satu jam pertama, daya refleks bayi menghisap puting susu Moms dibangun secara optimal. Oleh karena itu, tenaga kesehatan, baik bidan maupun dokter, semestinya tidak memisahkan bayi dan Moms pada satu jam pertama dengan berbagai kegiatan seperti menimbang berat, mengukur panjang bayi, maupun memandikan bayi.

World Health Organization(WHO) juga merekomendasikan cara IMD yang benar. Proses inisasi menyusui dini sebaiknya dijalankan selama satu jam pertama kehidupan awal bayi. Proses IMD dilaksanakan dengan cara menempatkan bayi di dada Moms segera setelah sang bayi keluar dari jalan lahir. Kemudian, bayi akan secara alami, tanpa dibantu, mencari puting susu Moms untuk menyesap ASI.

Inisiasi Menyusui Dini Tercantum dalam Undang Undang tentang ASI Eksklusif

Manfaat IMD sendiri sangat besar bagi bayi, di antaranya menunjang keberhasilan ASI eksklusif setidaknya hingga bayi berusia empat bulan. ASI eksklusif berarti makanan yang didapatkan oleh bayi hanya ASI, tanpa makanan padat maupun cairan lainnya, termasuk air mineral. Umumnya ASI eksklusif diterapkan saat bayi berusia 0 bulan (baru lahir) hingga usianya 6 bulan dan siap menerima Makanan Pendamping ASI (MPASI) atau makanan padat.

Dokter Utami menghimbau setiap ibu untuk memberikan inisiasi menyusui dini pada bayi yang dilahirkannya. Tidak perlu merasa malu atau takut untuk menyampaikannya pada bidan atau dokter untuk melakukan hal tersebut. Mengingat selain memiliki banyak manfaat, IMD merupakan hak yang dijamin dalam Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2012 tentang ASI eksklusif.

Slamet Riyadi Yuwono selaku Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa peraturan pemerintah tersebut merupakan penjabaran dari Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Disampaikan bahwa dalam Pasal 129 undang-undang tersebut disebutkan bahwa pemerintah bertanggung jawab menetapkan kebijakan dalam rangka menjamin hak bayi untuk mendapatkan ASI secara eksklusif.

Apakah Moms melakukan IMD saat melahirkan si kecil?

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack
MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack

Rp 189,000

Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

Rp 31,500

Disposable Breast Pads (12pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (12pcs) Penyerap ASI

Rp 22,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved