Homepage Loading Icon
Mengatasi Masalah Asam Lambung Saat Hamil

Mengatasi Masalah Asam Lambung Saat Hamil

author iconDwi Ayu Rochani
date icon26 07 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan,

Perubahan tubuh akan banyak Moms alami saat hamil. Penyebab utamanya adalah perubahan hormon. Tidak hanya itu, perubahan hormon ini juga menyebabkan Mama mengalami ketidaknyamanan saat hamil. Misalnya biasanya Moms tidak pernah mengalami sakit asam lambung, tetapi penyakit ini mendadak muncul saat hamil.

Penyakit asam lambung biasa terjadi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.Tetapi jangan khawatir, naiknya asam lambung dapat diatasi, kok dilansir dari halodoc berikut ini cara mengatasinya. 

Mengubah Kebiasaan Makan

Cara ini memang menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi kenaikan asam lambung. Caranya, makanlah dalam porsi kecil, tetapi tetap sering, dan jangan pernah melewatkan jam makan. Ketika makan, kunyahlah secara perlahan dan jangan terburu-buru. Jangan pula berbaring setelah selesai makan, tunggulah sekitar 2 hingga 3 jam setelah makan. Hindari makan mendekati waktu tidur. 

Beberapa jenis makanan yang mungkin bisa ibu hindari agar tidak memicu terjadinya asam lambung, seperti makanan pedas, asam, cokelat, mint, dan konsumsi kopi. Pun, hindari minum berlebihan ketika ibu sedang makan. Terakhir, ibu bisa mencoba untuk mengunyah permen karet beberapa saat setelah makan. 

Temukan Posisi Tidur yang Nyaman

Supaya asam lambung tidak naik ketika ibu sedang hamil, ibu bisa mencari posisi tidur yang lebih nyaman, salah satunya adalah memosisikan kepala ibu lebih tinggi dari posisi lambung, sehingga asam lambung tidak naik ke kerongkongan atau esofagus. Tidak hanya itu, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi bisa membantu kerja sistem pencernaan ibu. Mungkin, akan lebih nyaman bagi ibu untuk tidur dengan posisi tubuh menghadap ke sebelah kiri. 

Artikel terkait : Ini Cara Atasi Mual Disaat Hamil

Pakai Pakaian yang Longgar

Ini sangat penting, karena mengenakan pakaian longgar bisa membuat ibu merasa lebih nyaman. Pakaian yang sempit dan ketat akan menyebabkan tekanan berlebih pada perut, dan ini akan menjadi lebih buruk ketika ibu sedang mengalami masalah asam lambung saat hamil. Memakai pakaian longgar juga mengurangi rasa gerah pada ibu ketika sedang hamil. 

Konsumsi Minuman Hangat

Jahe atau teh lemon hangat bisa membantu meringankan kenaikan asam lambung yang ibu alami selama hamil. Tidak hanya itu, kedua jenis minuman ini juga membantu mengurangi rasa mual dan muntah yang ibu alami, terutama ketika berada di trimester awal kehamilan. Teh camomile juga bisa membantu ibu merasa lebih nyaman. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Maternity & Nursing Bib Dress in Stripe with Long Sleeves Baju Hamil Menyusui
Maternity & Nursing Bib Dress in Stripe with Long Sleeves Baju Hamil Menyusui

Rp 459,000

[HAMAKO] Baju Bayi Terusan Panjang  | Basic Button Coverall
[HAMAKO] Baju Bayi Terusan Panjang | Basic Button Coverall

Rp 249,900

MOOIMOM Green Long Sleeves Maternity & Nursing Hoodie Baju Hamil & Menyusui
MOOIMOM Green Long Sleeves Maternity & Nursing Hoodie Baju Hamil & Menyusui

Rp 499,000

Little Tree Soothing Relief Solution Roll On Solusi Gigitan Nyamuk Anak Bayi Exp Nov 2020
Little Tree Soothing Relief Solution Roll On Solusi Gigitan Nyamuk Anak Bayi Exp Nov 2020

Rp 72,000

Supersoft Skinny Maternity Jeans
Supersoft Skinny Maternity Jeans

Rp 1,490,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved