Homepage Loading Icon
Mencegah Risiko Melahirkan Prematur di Kehamilan Berikutnya

Mencegah Risiko Melahirkan Prematur di Kehamilan Berikutnya

author iconDwi Ayu Rochani
date icon21 06 2020
category iconKehamilan & Menyusui,

Memiliki bayi prematur memerlukan perawatan dan perhatian yang ekstra. Hal ini terkadang membuat para Moms khawatir, apakah bayi yang selanjutnya juga akan terlahir prematur seperti sebelumnya? 

Penelitian menyebutkan, seorang ibu yang pernah melahirkan seorang bayi prematur, memiliki risiko 15 persen lebih tinggi untuk melahirkan bayi prematur di kehamilan berikutnya. Jika seorang ibu pernah melahirkan dua orang bayi prematur, risiko itu berlipat menjadi 40 persen dan naik jadi 70 persen jika pernah melahirkan tiga orang bayi prematur.

Meski risikonya cukup signifikan, memiliki seorang bayi yang pernah lahir prematur, tidak selalu berarti Moms akan melahirkan bayi prematur juga di kehamilan selanjutnya. Ada banyak faktor risiko yang bisa diminimalisasi atau dihindari sebelum Moms memutuskan hamil lagi. 

Berikut Mooimom merangkum empat cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah risiko melahirkan bayi prematur di kehamilan berikutnya, dilansir dari verywellfamily.com:

1. Hindari merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko kelahiran bayi prematur. Demi menjaga kesehatan kandungan, berhentilah merokok sebelum melakukan pembuahan. Dengan berhenti merokok sebelum melakukan pembuahan, risiko untuk melahirkan bayi prematur pun akan semakin rendah.

2. Mengobati infeksi sejak dini

Peradangan dan infeksi berperan cukup besar dalam kelahiran prematur. Meski korelasi keduanya belum bisa dipastikan, tetapi para ahli sepakat bahwa infeksi bakteri apapun selama kehamilan harus diobati sejak dini. Namun pengobatan menggunakan antibiotik untuk infeksi tanpa gejala tidak dianjurkan.

3. Hindari diet yo-yo

Seorang perempuan yang kehilangan berat badan secara drastis selama masa antara kelahiran dengan kehamilan berikutnya, memiliki risiko tinggi melahirkan prematur. Selain itu, perempuan dengan indeks masa tubuh kurang dari 19,8 juga berisiko tinggi melahirkan bayi prematur. Jadi, penting mengelola berat badan yang sehat.

Pastikan Moms mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Istirahat cukup, olahraga, dan kelola stres juga mampu menjaga berat badan.

4. Menjaga kesehatan tubuh dari masalah kesehatan lainnya

Diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal, semuanya meningkatkan risiko kelahiran prematur. Untuk itu, perlu mengelola kondisi kesehatan dan mengobati penyakit bawaan dengan baik, sehingga menurunkan risiko kelahiran prematur.

Hingga kini, dunia kedokteran masih belum bisa memprediksi dan mencegah 100 persen kelahiran prematur. Namun, dengan mengetahui dan melakukan lima cara di atas, setidaknya Mama telah mengusahakan yang terbaik untuk mencegah kelahiran prematur selanjutnya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[COTTONARIES] Pants Blue - Celana Panjang Anak
[COTTONARIES] Pants Blue - Celana Panjang Anak

Rp 180,000

Mooimom Breastmilk Storage Bags with Temperature Sensor 250ml
Mooimom Breastmilk Storage Bags with Temperature Sensor 250ml

Rp 89,000

CIPU Airy Totebag ECO Gold Polka Dot L
CIPU Airy Totebag ECO Gold Polka Dot L

Rp 1,900,000

Gendongan Bayi Baby Sling-Mickey Kaleidoscopes Pink
Gendongan Bayi Baby Sling-Mickey Kaleidoscopes Pink

Rp 790,000

MOOIMOM Straight Stripe Nursing Sling Dress Couple Set Baju Hamil Menyusui Couple Ibu Anak
MOOIMOM Straight Stripe Nursing Sling Dress Couple Set Baju Hamil Menyusui Couple Ibu Anak

Rp 649,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved