Mamapedia Logo
Masih Bingung Cara Menaikkan Berat Badan saat Hamil yang Sehat? Simak di Sini

Masih Bingung Cara Menaikkan Berat Badan saat Hamil yang Sehat? Simak di Sini

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon29 01 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan,

Berat badan yang meningkat saat hamil adalah hal yang penting karena menandakan bahwa bayi di dalam kandungan dalam kondisi yang sehat.

Sayangnya, ada beberapa wanita yang dirasa masih perlu menambah berat badan lebih dari yang mereka sudah dapatkan sekarang untuk memastikan bayi sehat.

Makan makanan yang sehat dan seimbang sebetulnya adalah cara sederhana menaikkan berat badan saat hamil.

Ini karena makanan sehat dan cukup akan membantu bayi mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dan tumbuh dengan kecepatan yang sehat.

Namun, untuk Moms yang masih mencari cara menaikkan berat badan saat hamil dengan cara yang sehat, berikut tipsnya!

Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil

Ingat, meskipun kini Moms membutuhkan kalori ekstra, Moms tidak perlu makan untuk dua orang.

Rata-rata wanita hamil hanya membutuhkan sekitar 300 kalori lebih banyak sehari daripada sebelum mereka hamil. Ini akan membantu mereka menambah berat badan yang tepat selama kehamilan.

Seorang wanita yang memiliki berat badan rata-rata sebelum hamil harus menambah berat badan 11 sampai 16 kilogram setelah hamil.

Wanita dengan tubuh yang kurus harus menambah berat badan 13 hingga 18 kilogram. Sementara wanita yang kelebihan berat badan mungkin hanya perlu menambah 7 hingga 11 kilogram selama kehamilan.

Berikut cara menaikkan berat badan saat hamil dengan sehat:

1. Makan Lebih Sering

Kadang-kadang berat badan tidak bertambah saat hamil karena perut terlalu padat sehingga Moms tidak bisa menambahkan kalori ekstra ke makanan.

Cara menaikkan berat badan saat hamil ini bisa Moms coba, yakni makan lebih sedikit, tetapi lebih sering. Dengan begitu, Moms memiliki kemampuan untuk menambah kalori ekstra sepanjang hari.

Trik ini juga dapat membantu mengatasi beberapa keluhan kehamilan seperti mual dan mulas. Makanlah dengan porsi kecil sebanyak lima hingga enam kali sehari.

2. Bawa Terus Makanan

Untuk membantu memenuhi asupan sepanjang hari, Moms bisa coba membawa makanan.

Bawalah makanan yang mudah dan tidak repot untuk disiapkan. Moms bisa membawa kacang, seperti almond atau buah kering.

Jika Moms memiliki tempat untuk menjaga makanan tetap dingin, disarankan untuk mencoba keju dengan buah. Moms bisa mencoba cheddar dengan apel atau pir.

Buah bisa menjadi camilan sehat dan membantu menaikkan berat badan saat hamil.

Kemas pisang atau jeruk tempat bekal yang Moms selalu bawa untuk mengingatkan diri sendiri untuk makan. Pasangkan dengan almond atau segenggam kacang untuk menambah protein.

3. Pilih Minuman Berkalori

Jika Moms mengalami kesulitan makan atau kesulitan mendapatkan kalori di siang hari, pertimbangkan untuk meningkatkan kalori dengan cara memasukkannya ke dalam minuman.

Persiapkan dan bawa smoothie untuk Moms nikmati sepanjang hari. Tambahkan bubuk protein ke dalam minuman untuk sedikit menambah kalori.

Smoothie berisi buah-buahan juga bisa berisi nutrisi penting yang Moms perlukan selama kehamilan.

4. Makan Camilan Kaya Kalori

Saat mengemil, cobalah menghitung kalori. Telur rebus, yogurt, atau irisan keju bisa padat nutrisi dan baik untuk kehamilan.

Namun, mereka tidak menyebabkan Moms memasukkan banyak makanan ke dalam perut. Jadi, pilihlah makanan yang padat kalori jika sebagai cara menaikkan berat badan saat hamil.

5. Tambahkan PRENAVITA Milk Vanilla 

PRENAVITA Milk Vanilla bisa Moms tambahkan ke dalam smoothies untuk mendapatkan nutrisi ekstra. PRENAVITA Milk Vanilla juga bisa diminum langsung dengan diseduh air hangat.

Moms bisa dapatkan PRENAVITA Milk Vanilla eksklusif di www.mooimom.id.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE