Homepage Loading Icon
Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan, Salah Satunya Sebagai ASI Booster!

Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan, Salah Satunya Sebagai ASI Booster!

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon22 10 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Menyusui,

Tahukah Moms, kini ada olahan lain dari buah kurma yang cukup populer dan pastinya memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu susu kurma?

Tampaknya Moms sudah tak perlu meragukan manfaat susu kurma untuk kesehatan. Kurma dan susu adalah dua jenis sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Saat keduanya disatukan, maka Moms akan mendapatkan manfaat dua kali lipat. Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari jumlah protein yang sangat sedikit.

Terlepas dari kalorinya, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain sejumlah besar serat. Lagipula kebutuhan protein tersebut akan dipenuhi dari kandungan susu.

Dalam satu porsi kurma (100 gram), ada beberapa nutrisi yang akan Moms dapatkan, antara lain:

  • Kalori: 277
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Kalium: 20 persen kebutuhan harian
  • Magnesium: 14 persen kebutuhan harian
  • Tembaga: 18 persen kebutuhan harian
  • Mangan: 15 persen kebutuhan harian
  • Besi: 5 persen kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 12 persen kebutuhan harian

Kurma juga mengandung antioksidan tinggi, yang dapat berkontribusi pada banyak manfaat kesehatannya. Susu kurma pun cocok untuk dikonsumsi siapa saja, dari mulai anak kecil, remaja, orang dewasa, hingga lansia.

Penasaran apa saja manfaat susu kurma untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 5 Manfaat Kurma untuk Ibu Menyusui, Luar Biasa!

Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

Mungkin sebagian Moms ada yang kurang suka makan kurma banyak-banyak karena rasanya terlalu manis.

Namun, jika sudah dicampurkan ke dalam susu dengan cara dijus, maka Moms akan menyukai rasanya yang segar dan tentunya Moms bisa mendapatkan manfaat dari susu kurma dengan maksimal.

Nah, berikut ini manfaat susu kurma yang wajib Moms ketahui:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat susu kurma yang pertama adalah sebagai pelindung kesehatan jantung. Ini karena beragam nutrisi yang ada di dalam susu dan buah kurma ternyata dapat menurunkan pemicu penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi kurma, maka Moms bisa mendapatkan tekanan darah yang lebih stabil. Pasalnya, kurma kaya akan kalium, tetapi memiliki natrium yang rendah.

Kalium dalam kurma akan membantu menurunkan tekanan darah dan membantu tubuh mendorong natrium, sehingga pembuluh darah tidak mengalami gangguan.

Apalagi saat susu yang juga merupakan sumber kalium dicampur dengan kurma, maka keduanya bisa menjadi alternatif minuman sehat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dengan rasa yang lezat.

Tak hanya itu, serat di dalam kurma yang tinggi juga akan menjaga jantung tetap dalam kondisi sehat.

Dalam empat buah kurma, terkandung 6 gram serat yang akan memenuhi lebih dari 30 persen kebutuhan serat harian.

2. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Mendapatkan serat yang cukup penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Dengan hampir 7 gram serat dalam porsi 3,5 ons, memasukkan kurma dalam makanan harian adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat.

Serat ini dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan seperti mencegah sembelit. Serat di dalam kurma akan mempromosikan buang air besar secara teratur karena ia berkontribusi pada pembentukan tinja.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan The British Journal of Nutrition, sebanyak 21 orang yang mengonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi tinja dan mengalami peningkatan buang air besar yang signifikan dibandingkan saat mereka tidak makan kurma.

Campuran susu dengan kurma akan semakin memudahkan kamu untuk mendapatkan serat yang dapat membuat BAB lancar melewati usus.

3. Penangkal Penyakit Karena Tinggi Antioksidan

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan ini akan melindungi sel tubuh dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya di tubuh dan menyebabkan penyakit.

Berikut ini tiga antioksidan paling kuat dalam kurma:

  • Flavonoid: Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.
  • Karotenoid: Karotenoid terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.
  • Asam Fenolat: Dikenal karena sifat anti-inflamasi, asam fenolat dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

4. Susu Kurma Bisa Jadi ASI Booster

Tahukah Moms bahwa susu kurma juga baik dikonsumsi untuk ibu menyusui? Ya, susu kurma bisa menjadi pilihan ASI booster yang lezat.

Kurma yang ditambahkan sebagai suplemen pada diet ibu menyusui dapat meningkatkan produksi ASI. Ia juga bisa mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan ibu secara keseluruhan.

Beberapa kandungan pada kurma seperti tryptophan, juga diyakini mampu menghasilkan serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan. Kondisi ini kemudian bisa membuat ibu lebih tenang dan jauh dari stres.

Selain itu serotonin di dalam susu kurma juga mampu mencegah turunnya kadar prolaktin yang diperlukan untuk ASI booster.

Kondisi ibu yang jauh dari stres dan memiliki kadar prolaktin yang tinggi, dapat membuat produksi ASI semakin banyak sehingga kebutuhan gizi bayi akan selalu tercukupi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal untuk ASI booster, Moms bisa mencoba konsumsi Prenavita Honey Lychee Flavoured  Powder Drink yang mengandung segudang nutrisi dan manfaat bagi ibu menyusui.

Dapatkan produk ASI booster yang disukai para Moms hanya di www.mooimom.id.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

Rp 31,500

MOOIMOM 4 Pack 120ml Kantong ASI
MOOIMOM 4 Pack 120ml Kantong ASI

Rp 140,000

[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved