Manfaat Luar Biasa Menyusui Bayi Lebih dari 6 Bulan

Manfaat Luar Biasa Menyusui Bayi Lebih dari 6 Bulan

author iconfallin
date icon16 05 2019
category iconKehamilan & Menyusui,

Peraturan pemerintah tentang pemberian ASI hingga 2 tahun bukan tanpa alasan. Pasalnya, menyusui bayi hingga di atas 6 bulan memiliki banyak manfaat tak hanya untuk bayi namun juga untuk sang ibu. 

 

Banyak ibu yang menghentikan pemberian ASI saat anaknya sudah mulai mengonsumsi makanan padat. Pemberian ASI sebaiknya tidak hanya sampai enam bulan saja, sangat penting untuk meneruskan pemberian ASI hingga anak berusia 2 tahun demi menunjang tumbuh kembangnya.

 

Beberapa penelitian menunjukkan anak-anak yang disusui selama lebih dari enam bulan mendapat nilai tertinggi pada tes perkembangan kognitif dan motorik saat balita. Selain itu, pemberian ASI juga dikaitkan dengan keterampilan berpikir dan daya ingat anak yang lebih baik.

 

Meskipun sudah diberikan makanan pendamping ASI, moms harus tetap menyusui karena memiliki segudang manfaat berikut ini. 

 

1. Menyusui setelah enam bulan membantu bayi mencerna makanan padat

Meskipun bayi mulai mengonsumsi makanan padat dari usia 6 bulan, jumlah ASI yang dibutuhkan bayi tetap sama seperti sebelum ia mengonsumsi makanan padat. Mereka tetap membutuhkan ASI sebagai komponen utama makanan mereka sampai 12 bulan.

 

2. Menyusui membuat bayi lebih suka makan berbagai rasa makanan

Bayi lebih mungkin mengonsumsi berbagai makanan dengan menyusu. Sebab, ASI dapat berubah dalam rasa dimana hal ini memungkinkan bayi Bunda mengenal berbagai rasa makanan dari apa yang ibunya makan. Oleh karena itu bayi ASI biasanya tidak pemilih dalam soal makanan. Ia bisa menerima rasa apapun terhadap makanan yang diberikan. 

 

3. Menyusui membantu pertumbuhan gigi bayi

Pada beberapa waktu ada fase dimana bayi tidak tertarik menyusu. Jangan buru-buru mengambil kesimpulan kalau si kecil harus segera disapih. Sebab, fase tumbuh gigi mungkin sedang mereka alami. Pada saat seperti ini mulut bayi menjadi lebih sensitif dengan apa yang masuk ke mulutnya.  Biarkan fase tersebut terlewati dan mereka pun akan kembali menyusu seperti biasanya. 

 

4. Menyusui memberikan perlindungan berkelanjutan

Pada fase tertentu bayi kerap memasukkan benda asing ke mulutnya. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan karena moms tidak dapat menjamin kebersihan barang yang dimasukkan bayi ke dalam mulut. Namun jika moms memiliki bayi ASI tidak perlu khawatir,  sebab ASI sangat penuh perlindungan dan antibodi, bahkan setelah usia bayi6 bulan. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui
Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui

IDR 439,000

Washable Nursing Pads (2 Pairs) - Penyerap ASI
Washable Nursing Pads (2 Pairs) - Penyerap ASI

IDR 129,000

Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

IDR 45,000

Breastmilk Storage Bags 250ml Kantong ASI
Breastmilk Storage Bags 250ml Kantong ASI

IDR 119,000

New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

IDR 249,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved