Mamapedia Logo
Manfaat berhubungan intim saat hamil

Manfaat berhubungan intim saat hamil

author iconDwi Ayu Rochani
date icon11 10 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Banyak mitos yang berhubungan dengan kehamilan tersebar dan tidak sedikit orang yang percaya akan hal tersebut. Padahal, kebanyakan dari mitos yang tersebar adalah hal yang salah. Salah satu contoh mitos yang kerap dipercayai adalah melakukan hubungan intim saat hamil. Disebutkan hal tersebut dapat menyebabkan keguguran.

Faktanya, seseorang yang melakukan hubungan intim saat hamil tidak akan mengalami komplikasi terkecuali dokter Moms melarangnya. Seseorang yang melakukan seks saat hamil tidak akan membuat janin terganggu, karena Mr P tidak dapat menembus area janin berada. Malahan, melakukan seks saat hamil dapat memberi manfaat bagi sang ibu. Berikut ulasan lengkapnya!

Berhubungan seks dengan ibu hamil sangat aman untuk dilakukan dan tidak akan mengganggu janin yang ada di dalam perut. Padahal, wanita yang sedang hamil akan mengalami peningkatan dorongan seksual di tahapan tertentu. Walau begitu, ibu harus memperhatikan dengan baik posisi yang nyaman agar perut tidak terjepit atau terguncang hebat saat sedang melakukannya.

Faktanya, berhubungan intim saat hamil dengan pasangan dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh. Gerakan-gerakan yang diterapkan saat melakukan seks akan membuat tubuh seperti berolahraga, sehingga menjadi lebih sehat. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk melakukan hubungan intim saat hamil. 

Berikut beberapa manfaat rutin melakukan seks saat hamil:

Meningkatkan keintiman dengan pasangan

Dilansir dari Parenting Firstcry, berhubungan seks saat hamil tua dapat meningkatkan keintiman Moms dan pasangan. Kontak fisik yang terjadi saat berhubungan seks memang mampu membangkitkan kembali kedekatan Moms dan Papa.

Perasaan senang dan bahagia mungkin akan Moms dan suami rasakan seusai bercinta dilakukan.

Mendapatkan orgasme yang lebih baik

Moms harus tahu bahwa sebagian perempuan merasa mendapat orgasme yang lebih baik ketika melakukan hubungan seksual saat hamil, dibanding sebelum hamil.

Moms ingin tahu alasannya mengapa? Ini karena kehamilan membuat adanya peningkatan produksi dua hormon penting dalam tubuh yaitu progesteron dan estrogen.

Nah peningkatan kadar estrogen dalam tubuh, dapat membuat perempuan merasa lebih terangsang dibanding sebelumnya.

Selain itu, peningkatan suplai darah yang membuat puting menjadi lebih besar saat hamil juga membuat puting menjadi lebih sensitif. Karena adanya penigkatan sensitivitas di area tubuh tertentu inilah Moms dapat mencapai orgasme yang lebih baik.

Meningkatkan imunitas tubuh

Tak hanya mampu memperkuat otot-otot dasar panggul saja Moms, berhubungan seks saat hamil, tak terkecuali saat hamil tua dapat membawa manfaat yang baik bagi imunitas tubuh.

Seperti yang Moms tahu, saat hamil, sistem kekebalan tubuh Moms sedikit melemah akibat adanya perubahan hormon kehamilan. Nah, dengan melakukan hubungan seks saat hamil, imunitas tubuh Moms dapat meningkat karena adanya peningkatan zat antibodi IgA di dalam tubuh

Namun perlu diingat pula, jangan hanya melakukan hubungan seks yang aman saja saat hamil, Moms juga harus menjalani pola hidup sehat jika ingin imunitas tubuhnya tetap terjaga.

Mencegah terjadinya preeklampsia

Meski masih perlu diteliti lebih lanjut, berhubungan seks saat hamil juga dapat membantu mencegah preeklampsia. Mama ingin tahu apa alasanya? Alasannya adalah karena sperma pria memiliki protein khusus yang disebut dengan HLA-G.

Protein ini dianggap mampu membantu mengatur sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu menurunkan tekanan darah perempuan selama kehamilan.

Mengurangi stres

Mendekati persalinan, beberapa perempuan hamil kerap kali mengalami stres Moms. Nah, Moms harus tahu, berhubungan seks saat hamil tua bisa menjadi cara untuk mengurangi stres yang Moms alami.

Moms ingin tahu alasannya mengapa?

Dilansir dari Fox News, oksitosin, yang merupakan hormon cinta yang dikeluarkan tubuh ketika Moms mengalami orgasme, dapat membantu menghilangkan sebagian dari stres yang Moms rasakan. Bahkan ini juga membantu Moms untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE