Homepage Loading Icon
Kunci Sukses Menyusui, Yuk Terapkan!

Kunci Sukses Menyusui, Yuk Terapkan!

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon24 06 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Menyusui,

Dulu, norma yang berlaku di masyarakat adalah bahwa seorang perempuan sudah sewajarnya berada di rumah mengurus segala tetek bengek rumah tangga. Menyusui hingga usia 2 tahun juga bukan hal yang sulit dilakukan karena ibu biasanya berada di rumah.

Tantangan ibu masa kini adalah ketika seorang ibu memutuskan menjadi ibu pekerja yang mana terasa sangat sulit untuk memberikan ASI eksklusif. Tapi, memberikan ASI eksklusif ketika ibu bekerja juga bukan hal yang mustahil dilakukan, lho, Moms.

Artikel terkait: Tips Aman Menyusui dalam Gendongan

Kunci Sukses Menyusui

Menurut Nia Umar dalam buku Multitasking Breastfeeding Mama, kunci keberhasilan dalam menyusui tidak ditentukan oleh satu atau dua faktor, tapi ada banyak sekali faktor yang menentukan dan seringkali luput dari perhatian kita, lho.

Apa saja kunci sukses menyusui? Yuk kita simak!

1. Persiapan saat Hamil

Ini adalah faktor utama yang seringkali dilupakan dan dianggap sepele. Menyusui dianggap sebagai sesuatu yang alami, insting dan pasti bisa dengan mudah dilakukan. Bayi memang memiliki insting untuk menyusui untuk bertahan hidup, tapi ibu harus belajar dan berlatih untuk bisa menyusui dengan sukses jauh-jauh hari sebelum bayi terlahir ke dunia.

Belajar bisa dari mana saja, bisa melalui buku, artikel di internet, dan juga bisa melakukan sesi konseling langsung dengan konselor menyusui. Jangan lupa, ajak support system seperti ibu dan suami untuk sama-sama belajar agar tidak terjadi kesalahpahaman ilmu.

2. Inisiasi Menyusui Dini

Proses IMD (Inisiasi Menyusu Dini) dilakukan segera setelah bayi lahir, selama minimal 60 menit. Bayi tidak dimandikan, hanya dibersihkan kering keuali bagian tangan dan telapak tangan.

Bayi yang melakukan IMD lebih sukses dalam menyusu, karena bayi IMD sudah berusaha sendiri tanpa bantuan orang lain sejak ia terlahir ke dunia. Kemampuan bayi bisa menyusu sendiri ini akan membuat proses menyusui menjadi lebih efektif.

3. Perlengkapan Menyusui yang Tepat

Perlengkapan menyusui yang tepat bisa Moms persiapkan sebelum waktu melahirkan tiba. Sembari menunggu Si Kecil hadir ke dunia, akan sangat menyenangkan untuk berbelanja kebutuhan menyusui seperti pompa ASI, kantong ASI, atau bahkan bantal menyusui.

Demi kesuksesan menyusui, beli perlengkapan menyusui yang tepat hanya di mooimom.id. MOOIMOM memberikan kenyamanan bagi Moms yang hamil dan menyusui dalam berbelanja kebutuhan Moms and baby.

4. Perlekatan dan Posisi Menyusui

Menyusui efektif ditandai dengan perlekatan yang baik dan posisi menyusui yang nyaman. Perlekatan yang baik membuat ASI bisa keluar dengan efektif dari payudara sehingga produksi ASI bisa meningkat sesuai dengan supply and demand.

ASI akan terus berproduksi dengan lancar karena payudara seperti sudah menyimpan memori demand yang dibutuhkan bayi seberapa banyak sehingga ASI memberikan supply sesuai dengan demand bayi.

Jika perlekatan tidak baik, ASI yang keluar dari payudara ibu tidak banyak, akibatnya bayi sering terlihat tidak puas menyusu walaupun sudah menyusu selama berjam-jam dan supply ASI ibu juga tidak banyak.

Nah, itulan kunci sukses yang perlu Moms lakukan bahkan sejak masih mengandung. Jadi, kesuksesan proses menyusui ditentukan dari benar awalnya maka lancar prosesnya. Semangat menyusui, Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

Rp 31,500

MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

Mooimom Maternity & Nursing Pillow
Mooimom Maternity & Nursing Pillow

Rp 699,000

MOOIMOM Breastmilk Storage Bags 120ml Kantong ASI
MOOIMOM Breastmilk Storage Bags 120ml Kantong ASI

Rp 35,000

Disposable Breast Basic Pack
Disposable Breast Basic Pack

Rp 57,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved