Homepage Loading Icon
Ternyata Ini Kandungan Fenugreek sebagai Pelancar ASI Paling Aman

Ternyata Ini Kandungan Fenugreek sebagai Pelancar ASI Paling Aman

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon20 10 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Kelahiran Anak,

Tidak sedikit ibu menyusui yang khawatir bila produksi ASI kurang memadai untuk kebutuhan si Kecil. Beragam upaya pun akan dilakukan, mulai dari meningkatkan asupan kaya serat seperti buah dan sayuran, sering minum air putih, menjajal metode akupuntur, hingga mengonsumsi pelancar ASI.

Salah satu pelancar ASI yang tengah hangat diperbincangkan oleh para Moms adalah fenugreek atau dalam bahasa Indonesia disebut klabet.

Fenugreek sendiri sudah sejak lama dipercaya sebagai obat herba untuk menangani keluhan ASI sedikit. Jadi, jika Moms memang merasa produksi ASI kurang, Moms bisa mencoba manfaat fenugreek untuk ASI terlebih dulu dan kenali kandungan di dalamnya.

Eitsss, sebelum mengenal kandungan apa yang terdapat dalam fenugreek, yuk simak dulu ulasan berikut ini.

Apa Itu Fenugreek?

Fenugreek, atau lebih dikenal sebagai klabet di Indonesia, merupakan tanaman herbal dari keluarga Fabaceae. Tanaman ini biasanya memiliki tinggi 60-90 cm dengan bunga berwarna putih. Nama ilmiahnya adalah Trigonella foenum-graecum.

Fenugreek kaya akan berbagai kandungan nutrisi, seperti serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tak heran bila tanaman ini dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan Moms.

Berbagai manfaat fenugreek bagi kesehatan adalah dapat menstabilkan gula darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah terjadinya infeksi, dan membantu menjaga berat badan. Selain itu, fenugreek juga dipercaya sebagai booster ASI alami bagi ibu menyusui.

Fenugreek sebagai pelancar ASI diperlihatkan dari berbagai penelitian yang telah dilakukan. Pada tahun 2018, misalnya, 122 ibu menyusui yang mengonsumsi fenugreek menunjukkan jumlah ASI yang sangat meningkat.

Hal ini sejalan dengan penelitian lain pada tahun yang sama. Para peneliti membandingkan antara 25 ibu yang mengonsumsi herbal gabungan fenugreek, jahe, dan turmerik dengan 25 ibu yang hanya mengonsumsi plasebo.

Hasilnya, seluruh ibu yang mengonsumsi herbal tersebut meningkat produksi ASI-nya hingga 103 persen pada pekan keempat. Ini menunjukkan bahwa fenugreek memang dapat meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Fakta di Balik Manfaat Fenugreek untuk ASI

Manfaat fenugreek untuk ASI sudah banyak direkomendasikan oleh para ahli. Salah satu penelitian melaporkan bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi teh fenugreek terbukti mengalami peningkatan produksi ASI. Hal ini juga membantu bayi menambah berat badan.

Penelitian lain menyebutkan bahwa suplemen fenugreek 600 mg, yang dikonsumsi 3 kali sehari selama sebulan, dapat meningkatkan produksi ASI sebesar 20%. Jadi, baik itu dalam bentuk teh herbal maupun suplemen, fenugreek memiliki efek yang sama dalam meningkatkan produksi ASI.

Manfaat fenugreek dalam meningkatkan produksi ASI diduga berasal dari kemampuannya untuk menstimulasi kelenjar keringat. Pada dasarnya, kelenjar air susu merupakan turunan dari kelenjar keringat, sehingga dapat distimulasi juga oleh fenugreek.

Baca Juga: 5+ Makanan Booster ASI yang Mudah Ditemui, Salah Satunya Fenugreek

Phytoestrogen, Kandungan Fenugreek yang Lancarkan ASI

Walaupun terbukti dapat meningkatkan produksi ASI, para peneliti belum sepenuhnnya yakin bagaimana mekanisme kerja fenugreek dalam memperlancar ASI. Salah satu kandungan fenugreek yang diduga berperan besar adalah phytoestrogen, sebuah zat yang serupa dengan hormon estrogen pada tubuh wanita.

Sebagaimana kita ketahui, estrogen merupakan merupakan hormon yang berperan untuk meningkatkan produksi ASI dengan cara menaikkan produksi hormon-hormon prolaktin di otak.

Karena phytoestrogen memiliki sifat yang sama dengan hormon estrogen, maka zat ini juga dapat bekerja pada reseptor hormon estrogen yang pada akhirnya meningkatkan produksi ASI.

Oleh karena itu, phytoestrogen yang terkandung pada tanaman fenugreek diyakini bertanggung jawab untuk memperlancar ASI ibu menyusui.

Kiat Praktis Konsumsi Fenugreek

Kini Moms telah mengetahui manfaat fenugreek sebagai booster ASI. Namun, apakah Anda merasa sulit mendapatkan dan mengolahnya? Jangan khawatir, berbagai produk booster ASI yang mengandung fenugreek telah banyak beredar di pasaran maupun toko online. Salah satu yang dapat Moms pilih adalah PRENAVITA Honey Lychee Flavoured  Powder Drink.

PRENAVITA Honey Lychee Flavoured  Powder Drink merupakan suplemen pelancar ASI yang mengandung ekstrak biji fenugreek yang merupakan stimulator potent untuk produksi ASI dan mampu meningkatkan ASI sebanyak 90%. Selain itu juga berfungsi merangsang sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan gula darah, bahkan mencegah penyakit Kardiovaskular (penyakit jantung).

* Whey protein: Meningkatkan laktasi dan kualitas ASI serta sumber protein berkualitas tinggi. Juga berfungsi sebagai zat pembangun yang memungkinkan perbaikan sesegera mungkin.

PRENAVITA Honey Lychee Flavoured  Powder Drink juga mengandung kurma yang sebagai asupan vitamin A yang baik untuk produksi ASI. Menjadikan ASI berkualitas dan kaya vitamin untuk Si Kecil. Juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan.

Selain itu, PRENAVITA Honey Lychee Flavoured  Powder Drink juga mengandung goji berry yang berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Serta dapat memperbaiki sel yang rusak akibat UV serta menunda penuaan. Goji kaya akan beta karoten, zeaxanthin, dan vitamin E.

Terakhir, minuman bubuk laktasi ini juga mengandung kelengkeng sebagai pelengkap glukosa, vitamin A, B, dan C.  Berfungsi menyehatkan jantung , memperkuat limpa, serta merelaksasi peredaran darah terlebih setelah melahirkan.

Moms dapat mengonsumsi PRENAVITA Honey Lychee Flavoured  Powder Drink dengan mencampurkan satu sachetnya ke dalam 300ml air hangat atau bisa juga dicampurkan ke dalam smoothies favorit Moms.

Semoga bermanfaat dan selama mengASIhi Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

MOOIMOM Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui
MOOIMOM Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui

Rp 340,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

Rp 31,500

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved