Homepage Loading Icon
Kaki Bengkak Selama Masa Kehamilan? Simak Cara Mencegahnya

Kaki Bengkak Selama Masa Kehamilan? Simak Cara Mencegahnya

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon30 06 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan,

Kaki bengkak selama kehamilan biasa dialami di trimester akhir. Dalam artikel yang terdapat pada artikel The nurse-midwifery management of physiological edema in pregnancy yang diterbitkan pada Journal of Nurse-Midwifery, pembengkakan terjadi pada 35-80% ibu hamil.

Banyak anjuran untuk menaikan kaki ke atas untuk meningkatkan sirkulasi darah. Akan tetapi, ibu hamil bisa tenang karena bengkak dan rasa nyeri di kaki selama hamil akan hilang usai persalinan.

Meski begitu, berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan kaki bengkak selama kehamilan.

Penyebab Kaki Bengkak Selama Kehamilan

Peningkatan kadar hormon menyebabkan wanita menahan air selama kehamilan, menyebabkan pembengkakan dan kembung yang dikenal sebagai edema.

Tubuh ibu hamil membutuhkan cairan ekstra ini untuk memberikan nutrisi dan oksigen ke bayi di dalam rahim, jelas David S. Levine, MD, ahli ortopedi di Rumah Sakit untuk Bedah Khusus di New York City.

Meskipun pembengkakan biasanya tidak mengkhawatirkan, berkonsultasilah dengan dokter jika melihat pembengkakan wajah dan tangan yang disertai penglihatan kabur, sakit kepala parah serta konstan, dan kenaikan berat badan lebih dari satu pon sehari.

Ini bisa menjadi tanda - tanda preeklampsia, suatu kondisi medis serius yang ditandai oleh tekanan darah tinggi.

Biasanya, retensi cairan paling jelas di kaki, pergelangan kaki, dan betis karena rahim yang semakin besar menekan pembuluh darah yang membawa kembali darah dari tubuh bagian bawah.

“Pembuluh darah terkecil juga ada di kaki dan pergelangan kaki Anda, sehingga tubuh kesulitan menampung cairan ekstra yang mengalir di sana,” jelas dr. Levine.

Meski begitu, setiap ibu hamil akan melihat pembengkakan di kakinya usai berolahraga, berdiri dan jalan, kelelahan, mengonsumsi makanan terlalu asin, serta minum-minuman berkafein.

Gravitasi dapat membuat cairan berlebih berkumpul di tangan dan kaki kita, itulah sebabnya berdiri dan berjalan membuat tangan dan kaki terasa berat.

Makanan asin menahan cairan di tubuh sementara kafein membuat kita dehidrasi.

Artikel terkait: Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Cara Mencegah Kaki Bengkak Saat Kehamilan

Jane Anderson, ahli penyakit kaki di Pusat Makanan dan Pergelangan Kaki di Durham, North Carolina, menawarkan beberapa ide untuk mencegah dan mengurangi pembengkakan kaki selama kehamilan. Misalnya dengan meninggikan kaki sesering mungkin.

Cobalah untuk mengangkat kaki 6 hingga 12 inci di atas jantung selama 15 hingga 20 menit untuk membantu darah mengalir kembali ke jantung dan paru-paru Anda.

Tidur miring juga bisa membantu dibandingkan tidur terlentang, karena mengurangi tekanan pada vena cava, vena terbesar yang menuju ke jantung. Jika tidak, tekanan memperlambat darah yang keluar dari tubuh bagian bawah.

Gunakan Bantal Anti Kram MOOIMOM yang bisa membantu Moms saat tidur. Bantal Anti Kram MOOIMOM memiliki bentuk untuk menyangga kaki pada posisi yang nyaman.

Tidak hanya nyaman, Bantal Anti Kram MOOIMOM juga membantu Moms mencegah kram saat tidur maupun setelah bangun tidur. Bahannya yang lembut, menjadikan Bantal Anti Kram MOOIMOM sangat digemari oleh ibu hamil dalam mencegah kram semasa kehamilan.

Minum yang banyak, pasalnya dehidrasi bisa memperburuk pembengkakan. Air juga mencegah ginjal terlalu lelah sehingga menjadi dehidrasi kronis dan membantu mengeluarkan garam.

Minumlah lebih sedikit kafein. Meskipun kafein membuat buang air kecil dan itulah cara menghilangkan cairan berlebih, itu juga menyebabkan dehidrasi.

Awasi konsumsi garam, tidak terlalu banyak, tidak terlalu sedikit.

Pantau berat badan, wanita dengan berat badan normal harus bertambah 25 hingga 35 pound selama kehamilan.

Peningkatan berat badan yang berlebihan memperburuk pembengkakan dan dapat menyebabkan masalah lain.

Tingkatkan sirkulasi di pergelangan kaki dengan latihan rotasi. Cobalah duduk, dengan satu kaki terangkat.

Putar pergelangan kaki 10 kali ke kanan, lalu ke kiri. Ganti kaki. Ulangi 10 kali. Terakhir, kompres dengan es pergelangan kaki.

Dengan kaki terangkat, kompres es ke bagian dalam pergelangan kaki selama 15 hingga 20 menit setiap setengah jam hingga satu jam.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
MOOIMOM Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

Rp 290,000

Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

Rp 499,000

MOOIMOM Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil
MOOIMOM Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil

Rp 599,000

Bamboo Maternity Support Belt | Sabuk Penyangga Perut Hamil
Bamboo Maternity Support Belt | Sabuk Penyangga Perut Hamil

Rp 499,000

Bundling Belly Cream 10 ml & White Maternity Belt
Bundling Belly Cream 10 ml & White Maternity Belt

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved