Homepage Loading Icon
Ini 10 Tanda Moms Tengah Hamil Anak Kembar

Ini 10 Tanda Moms Tengah Hamil Anak Kembar

author iconanisyukur
date icon24 09 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui,

Apakah Moms merasa tidak memiliki keturunan kembar tetapi berharap sedang hamil anak kembar? Beberapa orang memang lebih suka kejutan dan tidak terlalu tertarik untuk melakukan USG pada kandungannya. Namun, tak ada salahnya juga jika Moms mulai tahu ciri-ciri bahwa hamil anak kembar. Beberapa studi dari situs hamil menyatakan bahwa hamil anak kembar memiliki beberapa ciri-ciri yang cukup identik, seperti beberapa hal berikut ini:

1. Berat badan

Perempuan yang hamil bayi kembar, biasanya mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan bahkan di trimester awal kehamilannya. Hal ini juga ditandai dengan volume darah yang meningkat lebih banyak. Perlu digaris bawahi, beberapa perempuan hamil juga memiliki ciri seperti ini namun tidak mengalami kehamilan kembar. Cek ciri berikutnya.

2. Nyeri payudara

Nyeri payudara pada kehamilan bayi kembar cenderung lebih sakit dan ekstrim hingga pada level menggunakan bra-pun menjadi tidak nyaman. Solusinya, ibu hamil perlu memperhatikan kualitas bra yang baik supaya tetap nyaman menjalani saat kehamilan.

3. Ukuran rahim

Ukuran rahim dapat membesar lebih cepat ketimbang hamil bayi tunggal. Hal ini menandakan bahwa ada dua embrio yang sedang tumbuh di dalam rahim Moms.

4. Kram lebih sering

Beberapa perempuan akan mengalami kram pada Rahim lebih sering meski tidak ada pendarahan. Ligament Moms akan lebih terasa nyeri dikarenakan rahim Moms berkembang lebih cepat dari kehamilan pada umumnya, tentu saja hal tersebut terjadi karena ada dua janin yang sedang berkembang di dalamnya.

5. Kadar HCG

Kadar HCG pada urin biasanya lebih tinggi. HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) adalah hormon peptida yang diproduksi pada masa kehamilan, yang dibuat oleh embrio segera setelah pembuahan dan selanjutnya oleh syncytiotrophoblast (bagian dari plasenta), dikutip dari situs academia.edu.

6. Gerakan Janin

Gerakan janin pada kehamilan kembar cenderung dapat dirasakan jauh lebih awal jika dibandingkan dengan kehamilan bayi tunggal. Biasanya ibu hamil bayi kembar bisa langsung merasakannya pada usia kehamilan 15 atau 16 minggu. Ibu pasti lebih bisa merasakannya.

7. Keinginan Buang Air Kecil

Ibu hamil yang mengandung bayi kembar biasanya keinginan buang air kecilnya jauh lebih ekstrim jika dibandingkan dengan mengandung bayi tunggal.

8. Morning Sickness

Gejala mual – mual atau morning sickness yang biasa terjadi pada ibu hamil akan dirasakan jauh lebih ekstrim juga bagi ibu dengan kehamilan bayi kembar. Beberapa kehamilan bayi kembar memang tidak mudah, morning sickness bisa menyerang lebih parah hingga ibu bisa saja mengalami hiperemesis gravidarum (kondisi morning sickness dengan frekuensi berlebihan dan jauh lebih parah). Tak jarang beberapa ibu yang mengalami kondisi ini biasanya harus diinfus karena kekuarangan cairan hingga dehidrasi. Penting sekali untuk tetap menjaga kadar air dalam tubuh tetap seimbang saat masa kehamilan Anda ya Moms.

9. Detak Jantung

Suara detak jantung janin Moms pasti terdengar ada dua. Anda bisa merasakannya pada trimester pertama akhir.

10. Alat uji tes kehamilan

Bisa juga dilihat dengan alat uji tes kehamilan. Biasanya jika Moms hamil bayi kembar, alat uji test kehamilan akan menunjukkan garis yang sangat jelas.

Nah Moms, apa semua tanda-tanda ini ada pada kehamilan Moms? Semuanya masih bersifat relative dan sebaiknya Moms tetap berkonsultasi langsung pada dokter kandungan supaya lebih melegakan ya!
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 499,000

Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

IDR 199,000

Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 599,000

Mooimom Maternity & Nursing Pillow
Mooimom Maternity & Nursing Pillow

IDR 699,000

New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 199,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved