Mamapedia Logo
Ibu Menyusui Minum Kopi, Amankah untuk Kualitas ASI?

Ibu Menyusui Minum Kopi, Apakah Berpengaruh pada Kualitas ASI?

author iconIntan
date icon19 07 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan,

Karena sering begadang saat menyusui, tak jarang Busui jadi sangat mengandalkan kopi. Tapi sebenarnya, amankah kopi untuk kualitas ASI yag dikonsumsi bayi?

Faktanya, ibu menyusui boleh saja kok Moms meminum kopi. Hanya saja, tidak dalam takaran yang berlebihan. Jika berlebihan, tentu saja bisa memberikan dampak buruk bagi kualitas ASI dan kesehatan bayi.

Apa bahaya kopi bagi ibu menyusui serta bayi?

Seperti yang kita ketahui, kopi mengandung kafein yang sangat tinggi. Kafein sendiri bisa menembus aliran darah dan mengalir melalui ASI. 

Artinya, jika bayi menerima ASI dari ibu yang mengonsumsi kopi, maka bayi juga akan mengonsumsi kafein dari dalam ASI tersebut.

Pada orang dewasa, kemampuan ginjal untuk memecah kafein di dalam tubuh sudah maksimal. Namun, tidak bagi tubuh bayi.

Kinerja ginjal dan organ tubuh lainnya yang masih dalam tahap perkembangan, tentu saja membuat kafein dalam tubuh bayi tidak mudah larut dan dipecah. Akibatnya, bayi bisa menjadi gelisah, rewel, serta sulit tidur setelah disusui.

Untuk itu, ibu menyusui perlu memahami batasan maksimum konsumsi kopi setiap hari. Terlebih lagi, dampak mengonsumsi kopi untuk mengatasi kantuk dan bosan bagi ibu menyusui juga patut diwaspadai, seperti jantung berdebar, gelisah, cemas, nyeri ulu hati, mual, hingga sulit tidur.

Berapa batas asupan konsumsi kafein bagi ibu menyusui?

Dilansir dari situs Alodokter, jumlah kafein yang tepat untuk ibu menyusui adalah maksimum 200 mg per hari. Namun, Moms perlu ingat bahwa sumber kafein ada banyak sekali, bukan hanya kopi.

Teh dan cokelat juga termasuk salah satu sumber kafein. Usahakan, tidak mengonsumsi sumber-sumber kafein ini secara bersamaan setiap harinya ya, Moms.

Nah, sebagai alternatif untuk menghidrasi tubuh Moms serta meningkatkan kualitas ASI untuk si Kecil, Moms bisa mengonsumsi Prenavita Honey & Lychee nih Moms. ASI Booster ini sangat kaya akan multivitamin, protein, serta antioksidan dari buah-buahan alami seperti kurma, kelengkeng dan goji berry.

Moms bisa mengonsumsinya dalam keadaan dingin ataupun normal. Moms juga bisa mencampurkannya ke dalam minuman lainnya seperti susu, smoothies, atau jus buah.

Klik di sini ya, Moms, untuk order minuman sehat untuk ibu hamil prenavita. Selamat mencoba!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE