Mamapedia Logo
9 Ciri Moms sedang Hamil Anak Perempuan

Ciri-Ciri Moms sedang Hamil Anak Perempuan, Bisa Saja Betul

author iconIka
date icon13 05 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Kelahiran Anak,

Cara paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin calon bayi adalah mendatangi dokter kandungan. Kemudian, Moms melakukan tes ultrasonografi atau USG kehamilan. Tapi, teknologi ini baru bisa mendeteksi informasi jenis kelamin bayi ketika usia kandungan mencapai 18-20 minggu. Di sisi lain, menunggu sekitar 4-5 bulan terasa lama bagi Moms. Bahkan, membuat penasaran dan memunculkan tanya, sebenarnya yang di dalam kandungan itu bayi laki-laki ataukah bayi perempuan? 

Moms mungkin pernah mendengar ada berbagai mitos jenis kelamin bayi dalam kandungan bisa diketahui dari perubahan fisik dan psikis si ibu. Kalau Moms sedang berharap mengandung bayi perempuan, coba simak ciri-ciri kehamilan berikut ini:

  1. Mengalami Mual Muntah di Pagi Hari

Mual dan muntah di pagi hari saat hamil atau disebut morning sickness yang parah adalah pertanda Moms tengah mengandung bayi perempuan. Meski tidak semua ibu mengalami hal ini pada trimester pertama, ada studi yang memaparkan bahwa ibu yang hamil anak perempuan mengalami lebih banyak peradangan ketika sistem kekebalan mereka terpapar bakteri, dibandingkan ibu yang mengandung anak laki-laki.

  1. Kulit Lebih Berjerawat dan Berminyak

Pada ibu yang hamil anak laki-laki, kulitnya lebih cerah dan minim jerawat. Sementara, ibu yang hamil anak perempuan mengalami kulit berjerawat dan berminyak. Fenomena ini dikaitkan dengan mitos bahwa si calon bayi mencuri kecantikan ibunya. Tentu saja ini permasalahan hormonal yang memengaruhi kulit ibu hamil. Untuk itu, para ahli merekomendasikan agar ibu hamil mencuci muka secara teratur untuk mencegah permasalahan kulit di wajah. 

  1. Detak Jantung Bayi Lebih Cepat 

Ada anggapan umum bahwa detak jantung bayi perempuan lebih cepat daripada detak jantung bayi laki-laki. Coba hitung detak jantung bayi dalam perut Moms, jika ternyata lebih dari 140 dalam semenit, Moms mungkin sedang mengandung bayi perempuan. Faktanya, denyut jantung bayi perempuan biasanya memang lebih cepat daripada bayi laki-laki, tapi ini biasanya terjadi setelah selesai persalinan. Sebelum itu, usia janinlah yang akan sangat memengaruhi kecepatan detak jantung bayi.

  1. Suka Makanan Manis

Jika Moms lebih menyukai makanan manis selama kehamilan, maka hal tersebut salah satu ciri-ciri Moms hamil bayi perempuan. Apabila Moms suka makanan asin dan asam, bayi yang di dalam kandungan adalah laki-laki. Meskipun fenomena mengidam selama kehamilan ini bisa dikaitkan dengan kekurangan asupan mineral tertentu pada ibu hamil, tidak ada kaitan langsung antara mengidam makanan manis dengan jenis kelamin bayi.

  1. Bentuk kandungan yang Menonjol ke Atas

Beberapa orang mengatakan bentuk kandungan bayi laki-laki akan cenderung lebih maju ke depan daripada bayi perempuan. Ibu yang mengandung bayi perempuan bentuk perutnya menonjol ke atas. 

  1. Ukuran payudara tak sama

Saat hamil, payudara juga mengalami perubahan bentuk. Ada yang mengatakan ciri-ciri ibu hamil anak perempuan, bisa dilihat dari perubahan payudara yang tidak sama. Coba Moms ukur payudara, jika sebelah kiri lebih besar dari payudara sebelah kanan, Moms mungkin sedang mengandung bayi perempuan. 

  1. Perubahan warna urin

Hal ini juga dipercaya bahwa jika urin seorang ibu hamil berubah warna menjadi kuning kusam, maka ia sedang mengandung bayi perempuan.

  1. Naiknya berat badan

Ciri-ciri hamil anak perempuan lainnya adalah naiknya berat badan. Ketika hamil anak perempuan, berat badan menyebar di seluruh tubuh termasuk wajah. Sementara saat hamil anak laki-laki, berat badan yang bertambah akan terlihat sebagian besar berpusat di bagian perut. 

  1. Perubahan Mood yang Ekstrem

Perubahan hormon selama kehamilan seringkali dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Saat mengandung anak perempuan, hormon estrogen Moms akan meningkat yang mengakibatkan perubahan suasana hati menjadi lebih moody. Namun, belum ada penelitian yang mendukung teori ini. Pada dasarnya kadar hormon akan meningkat selama kehamilan dan turun setelah melahirkan terlepas dari apakah bayinya laki-laki atau perempuan.

Baca juga:Yuk Moms, Kenali Hormon-Hormon Kehamilan

Demikian indikator Moms sedang mengandung bayi perempuan yang bisa Moms jadikan referensi. Namun, untuk memastikan faktanya, lebih bijak berkonsultasi dengan dokter. Lebih daripada itu, baik hamil bayi laki-laki maupun bayi perempuan, Moms harus menjalani pola hidup sehat agar calon bayi di kandungan tumbuh dengan sehat pula. 

Jangan lupa untuk tetap menjaga nutrisi selama kehamilan, ya, Moms.Lengkapi kebutuhan gizi seimbang sepanjang mengandung dengan bantuan suplemen. Salah satunyaPrenavita Milk Vanila. Bentuknya yang berupa serbuk yang dikemas dalam wadah praktis memudahkan Moms membawanya selagi bepergian.

suplemen kehamilan

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE