Homepage Loading Icon
Catat! Ini Cara Agar Tetap Bisa Menyusui Meskipun Memiliki Puting Datar

Catat! Ini Cara Agar Tetap Bisa Menyusui Meskipun Memiliki Puting Datar

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon04 12 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Menyusui,

Pengalaman pertama menyusui tidaklah mudah, apalagi jika memiliki puting yang datar. Meski begitu, tidak perlu khawatir berlebihan. Moms tetap bisa menyusui kok dengan puting yang datar, asalkan tahu cara mengatasinya. Yuk cari tahu caranya di sini.

Seseorang disebut memiliki puting datar jika posisi puting tidak lebih tinggi dari areola atau daerah di sekitarnya yang berwarna kemerahan atau kecokelatan. Berbeda dengan puting pada umumnya, puting datar biasanya ini tidak akan timbul saat dirangsang. Puting datar bukanlah kondisi langka, kondisi ini dialami oleh sekitar 10-20% wanita di dunia.

Puting datar bisa terjadi sejak kecil ataupun saat beranjak dewasa. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya karena penyakit tertentu, trauma, pembengkakan pada jaringan di belakang puting, atau karena adanya tarikan di bawah puting yang menekan jaringan pada area tersebut.

Cara Menyusui dengan Puting Datar

Apakah bisa menyusui dengan puting datar? Jawabannya, bisa. Namun tentu saja dibutuhkan kesabaran dan upaya lebih dibanding yang menyusui dengan puting normal. Walaupun Moms memiliki puting datar, tetapi perubahan tubuh di masa kehamilan dan setelah melahirkan bisa saja membuat puting Moms berubah bentuk menjadi lebih menonjol. Puting yang semula datar juga bisa menonjol secara alami pada trimester ketiga kehamilan, saat mendekati masa persalinan.

Puting datar sebetulnya bukan masalah serius bagi ibu menyusui selama bayi tetap bisa mendapat asupan nutrisi dari ASI, meskipun bayi tidak bisa atau menolak untuk menyusu langsung. Jika Moms memiliki puting yang datar, sebaiknya coba terapkan beberapa cara sederhana di bawah ini:

1. Konsultasi Laktasi

Moms bisa melakukan konsultasi laktasi, baik kepada dokter, perawat, maupun konselor laktasi. Mereka dapat membantu Moms mencari cara agar bisa tetap menyusui dengan puting yang datar.

2. Menggunakan Pompa ASI

Pompa ASI dapat digunakan untuk membantu mengangkat puting keluar sebelum menyusui. Moms bisa mencoba untuk memompa ASI setidaknya selama seminggu hingga puting menjadi menonjol dan siap untuk menyusui.

Gunakan MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump dengan corong silikon yang tidak akan melukai payudara Moms terutama bagian puting.

3. Menggunakan Penyedot Puting dari Silikon

Penutup ini dapat membantu perlekatan bayi saat menyusu. Sayangnya, alat ini dapat berisiko membuat bayi menjadi tergantung pada alat tersebut, dan lama kelamaan mungkin dapat mengurangi aliran ASI.

Selain cara-cara di atas, operasi plastik juga bisa menjadi solusi untuk mengubah bentuk puting ini secara permanen. Namun selain perlu merogoh kocek lebih dalam, tentu saja cara ini tidak mudah dilakukan dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Yang harus diperhatikan, penggunaan alat atau prosedur apapun untuk memosisikan puting, sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu ke dokter atau konselor ASI ya, Moms.

Meskipun umumnya bukan merupakan kondisi berbahaya, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter jika salah satu atau kedua puting tiba-tiba menjadi datar atau masuk ke dalam. Walaupun jarang terjadi, tapi situasi ini bisa menjadi salah satu gejala penyakit payudara, termasuk kanker payudara ataupun penyakit Paget yang menyerang puting dan areola.

Bunda sebaiknya tetap optimis dan semangat menyusui Si Kecil, meski dengan puting yang datar. Posisi dan teknik yang tepat akan membantu usaha Bunda dalam memberikan asupan nutrisi terbaik untuk Si Kecil. Dengan asupan nutrisi yang baik, Si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

Rp 30,000

MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

[PRENAVITA] ASI Booster Honey Lychee Flavoured Powder Drink (2 Sachet)
[PRENAVITA] ASI Booster Honey Lychee Flavoured Powder Drink (2 Sachet)

Rp 29,000

MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved