Homepage Loading Icon
Cara Meredakan Nyeri Punggung Saat Hamil

Cara Meredakan Nyeri Punggung Saat Hamil

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon13 11 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Moms sering merasakan nyeri punggung saat hamil? Hal itu wajar kok, Moms. Nyeri punggung ini disebabkan oleh hormon-hormon kehamilan yang mengendurkan ligamen atau jaringan-jaringan keras yang menghubungkan sendi-sendi tubuh.

Nah, berat badan Moms yang terus bertambah dan janin yang makin membesar, bisa menambah nyeri yang dirasakan.

Alhasil, Moms merasa tidak nyaman karena nyeri di punggung bagian atas. Selain itu, sakit juga terasa di bahu, di antara payudara dan bahkan tulang rusuk. Ketika Moms berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, rasa nyeri ini makin bertambah.

Cara Meredakan Nyeri Punggung saat Hamil?

Berikut ini beberapa upaya alami yang bisa Moms lakukan, yaitu:

1. Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat meringankan rasa nyeri punggung. Olahraga ringan, seperti berjalan dan peregangan, dapat meringankan kekakuan dan rasa sakit. Tetapi jangan memaksakan diri jika Moms merasa sakit, karena bisa menekan ligamen lebih lanjut.

Moms tak usah berhenti berolahraga, cukup kurangi bebannya. Misalnya, berjalan lebih lambat dan hindari memaksakan diri untuk melakukan peregangan yang menimbulkan nyeri. Selain itu, Moms bisa juga coba berenang. Namun, hindari gaya dada karena dapat menyebabkan tekanan pada punggung dan leher.

Kelas yoga atau relaksasi juga dapat membantu mengatasi nyeri punggung. Carilah kelas khusus untuk wanita hamil. Jika bergabung dengan kelas olahraga tertentu, pastikan untuk memberi tahu instruktur mengenai kehamilan Moms.

2. Pijat

Pijatan lembut bisa meredakan sakit punggung. Tetapi hilangnya nyeri ini hanya sementara. Jika Moms meminta pasangan untuk memijat pastikan ia tidak memijat dengan kuat dan di punggung bagian tengah karena dapat merangsang kontraksi.

Baca Juga: Nyeri Punggung Bisa Diatasi dengan Maternity Belt, Ini Cara Pakainya!

3. Gunakan Maternity Belt

Ada sederet aturan yang perlu Moms ketahui sebelum memakai maternity belt. Hal ini perlu diperhatikan supaya bisa mengatasi nyeri punggung. Pertama adalah hindari memakai korset atau maternity belt selama dua sampai tiga jam. Selain itu, Moms bisa sembari melakukan olahraga ringan dengan memakai maternity belt. Hal ini juga ampuh membuat Moms merasa nyaman di punggung.

Maternity belt sendiri bekerja untuk memberikan rasa nyaman sementara. Jadi, jika Moms mengalami rasa nyeri yang berkelanjutan, maka segera periksakan diri ke dokter. Ada baiknya Moms mencari maternity belt yang nyaman dan juga terbukti bisa membantu Moms meredakan nyeri punggung. Salah satunya adalah MOOIMOM White Maternity Belt.

4. Aromaterapi

Bersantai dalam air hangat dengan tidak lebih dari dua tetes atau tiga tetes minyak aromaterapi lavender atau ylang ylang, dapat membantu meringankan nyeri otot yang Moms rasakan.

Kompres dengan botol berisi air hangat (pastikan tidak panas) dapat juga membantu mengatasi nyeri. Cara lainnya, rendam kain dalam air hangat yang mengandung dua atau tiga tetes minyak esensial dan letakkan di bagian punggung Moms.

5. Obat Herbal

Obat herbal untuk sakit punggung harus digunakan dengan sangat hati-hati dalam kehamilan. Kenapa? Karena tidak ada cukup bukti bahwa obat ini aman. Jika Moms ingin mencoba obat herbal, konsultasikan dengan ahli herbal medis yang berkualitas dan terpercaya.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang penting Moms perhatikan:

- Perhatikan gerakan tubuh Moms, pastikan berdiri dengan tegak dan posisi tubuh tidak miring.

- Hindari berdiri terlalu lama dalam satu posisi. Jika pekerjaan Moms menuntut banyak berdiri dalam waktu lama, cobalah untuk mengubah posisi kaki, duduklah atau berjalan sesekali.

- Pastinya pimpinan harus memerhatikan kondisi kehamilan karyawan. Bila ada tugas yang membebani punggung Moms, mintalah agar dialihkan kepada rekan kerja lain.

- Saat duduk, hindari untuk menyilangkan kaki. Periksa apakah posisi layar monitor dan kursi Moms dalam posisi yang nyaman.

- Berpindahkan sesekali dari meja kerja Moms dan carilah udara segar saat jam makan siang.

- Saat berbelanja, pastikan Moms tidak membawa barang belanjaan yang berat. Mintalah seseorang yang mendampingi untuk membawakan belanjaan.

- Hindari menggendong Si Kecil yang masih balita pada salah satu sisi tubuh atau pinggul karena bisa membuat punggung Moms tegang.

- Kenakan bra untuk bersalin dengan ukuran yang tepat. Pastikan talinya cukup lebar dengan katup bra yang cukup besar untuk menghindari ketegangan ekstra di bahu dan tulang rusuk

- Pastikan saat hendak bangun tidur tidak tergesa-gesa. Ambil posisi menyamping dan perlahan dorong tubuh ke posisi duduk. Ayunkan kaki ke sisi tempat tidur, lalu perlahan-lahan berdiri.

Jika nyeri punggung masih terasa meski sudah melakukan hal-hal di atas, ada baiknya Moms segera hubungi dokter untuk penanganan lanjut.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM White Maternity Belt
MOOIMOM White Maternity Belt

Rp 199,000

Bamboo Maternity Support Belt | Sabuk Penyangga Perut Hamil
Bamboo Maternity Support Belt | Sabuk Penyangga Perut Hamil

Rp 499,000

MOOIMOM Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
MOOIMOM Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

Rp 290,000

MOOIMOM Postpartum Gauze Belt-3 stage / Korset Pelangsing
MOOIMOM Postpartum Gauze Belt-3 stage / Korset Pelangsing

Rp 249,000

MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset
MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset

Rp 756,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved