Homepage Loading Icon
Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

author iconDwi Ayu Rochani
date icon10 05 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Sakit gigi saat hamil bisa terjadi karena gigi terkikis akibat asam menyerang dan merusak gigi. Pengikisan gigi terjadi karena sejumlah faktor. Namun, sebagian besar terjadi akibat pola makan yang tidak tepat. Minuman ringan, minuman berenergi, dan jus buah, semua memiliki tingkat asam yang tinggi dan bisa menyebabkan pengikisan gigi.

Sakit gigi dapat ditangani menggunakan obat, maupun tindakan perawatan gigi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association (JADA) mengatakan bahwa perawatan gigi dengan bius lokal di dokter gigi, aman untuk wanita hamil. Meski perawatan gigi dapat dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan, namun, waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi selama kehamilan adalah saat trimester kedua, yaitu pada usia kehamilan 14 hingga 20 minggu. Pada trimester kedua, perkembangan organ janin telah lengkap sehingga risiko efek samping perawatan gigi terhadap janin lebih rendah.

Moms mungkin memerlukan pengobatan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri atau mencegah infeksi pasca perawatan gigi. Antibiotik yang biasanya diberikan untuk ibu hamil adalah amoxicillin atau clindamycin. Walaupun demikian, selama tidak mendesak, tindakan perawatan gigi sebaiknya dilakukan setelah melahirkan.

Untuk mencegah sakit gigi saat hamil, selalu jaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara:

1. Menyikat gigi setidaknya dua kali setiap hari, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi dengan bulu halus.
2. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis, termasuk minuman bersoda.
3. Pilihlah buah-buahan segar untuk memuaskan keinginan mengonsumsi makanan manis.
Perbanyak minum air putih.
4. Hindari obat kumur atau mouthwash yang mengandung alkohol.

Jika Moms mengalami muntah-muntah selama kehamilan, hindari menyikat gigi segera setelah muntah, karena kemungkinan asam lambung masih menempel pada lapisan gigi, dan jika segera disikat, dapat menggores lapisan gigi. Berkumurlah terlebih dahulu dengan air bersih, kemudian gunakan mouthwash yang mengandung fluoride dan bebas alkohol. Disarankan untuk menyikat gigi minimal satu jam setelah muntah.

Sebaiknya Moms juga meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D demi kesehatan gigi. Mengonsumsi kedua nutrisi tersebut dapat melindungi massa tulang, selain tentunya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi  saat hamil serta janin dalam kandungan yang sedang berkembang.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[COTTONARIES] Pyjamas Moon Pink - Baju Tidur Anak
[COTTONARIES] Pyjamas Moon Pink - Baju Tidur Anak

Rp 330,000

MOOIMOM Combo Hemat Bra Hamil Menyusui Crossover ( Isi 3 Pcs)
MOOIMOM Combo Hemat Bra Hamil Menyusui Crossover ( Isi 3 Pcs)

Rp 537,000

MOOIMOM Full Lace Nursing Dress Baju Hamil Menyusui
MOOIMOM Full Lace Nursing Dress Baju Hamil Menyusui

Rp 599,000

7 A.M. Mini Bows Cotton Backpack Tas Ransel Anak - Valentine
7 A.M. Mini Bows Cotton Backpack Tas Ransel Anak - Valentine

Rp 849,000

MOOIMOM Bra Hamil Menyusui - Super Soft Seamless Maternity & Nursing Bra
MOOIMOM Bra Hamil Menyusui - Super Soft Seamless Maternity & Nursing Bra

Rp 249,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved