Mamapedia Logo
Berhubungan Intim Saat Hamil 9 Bulan, Amankah?

Berhubungan Intim Saat Hamil 9 Bulan, Amankah?

author iconIka
date icon06 01 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Kelahiran Anak,

Saat perut semakin besar, boleh jadi Moms semakin kesulitan untuk berhubungan intim dan juga khawatir akan keselamatan ibu dan janin. Siapa sangka, berhubungan intim saat hamil sembilan bulan ternyata aman, asalkan dilakukan dengan hati-hati.

Aman selama tidak ada alasan medis

Selama Moms, memiliki kehamilan normal, berhubungan intim di usia kehamilan tua diperbolehkan kecuali jika ada alasan medis dan saran dari dokter untuk tidak melakukannya. Beberapa wanita melakukan hubungan intim yang benar hingga akhir kehamilan dan menikmatinya seperti berhubungan intim secara normal.

Melakukan hubungan intim saat hamil 9 bulan bahkan memiliki manfaat. Pada saat berhubungan intim, zat prostaglandin yang dikeluarkan sperma dapat menimbulkan kontraksi guna membantu secara tidak langsung akan kondisi penekanan sehingga kepala bayi dapat masuk ke jalur lahir bagian bawah panggul. Akan tetapi, hubungan intim pada usia kehamilan tua tetap harus dilakukan dengan hati-hati.

Apalagi, berhubungan intim pada hamil besar juga dianggap memiliki beragam manfaat, seperti membantu menguatkan panggul dan membuat tubuh lebih siap untuk melahirkan karena orgasme yang dirasakan, menjadi lebih relaks dalam menghadapi persalinan, membuat tidur lebih nyenyak, membuat tubuh terasa lebih segar, serta menambah ikatan dan kedekatan dengan pasangan.

Pilih posisi yang nyaman

Kondisi kehamilan sudah semakin membesar berarti perut akan semakin besar pula, sehingga disarankan agar Ibu hamil perlu melakukan dan mencari posisi berhubungan intim yang nyaman. Posisi yang dianjurkan misalnya, woman on top alias Moms berada di atas.

Baca juga: Manfaat Berhubungan Intim saat Hamil

Gaya ini bisa dibilang cukup aman sebab posisi perut Moms seperti orang duduk. Posisi yang paling banyak dilakukan ibu hamil ini memang terbukti paling nyaman. Jangan lupa atur cepat dan lambatnya, sambil mengontrol kedalaman penetrasi.

Selain woman on top, posisi sendok (spoon) juga bisa menjadi posisi yang nyaman. Posisi ini dilakukan dengan tubuh berbaring menyamping, jadi suami berada di belakang Moms dengan gaya seperti menyendok.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share