Homepage Loading Icon
Berapa Dosis Asam Folat yang Aman untuk Ibu Hamil?

Berapa Dosis Asam Folat yang Aman untuk Ibu Hamil?

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon21 07 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan,

Asam folat atau folic acid menjadi salah satu komponen yang bermanfaat bagi ibu hamil dan penting untuk dikonsumsi selama kehamilan. Salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah cacat lahir, khususnya pada bagian otak dan sumsum tulang belakang janin.

Meski penting bagi kehamilan, namun asam folat sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Kondisi ini justru bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi tumbuh kembang janin. Oleh sebab itu, penting bagi Moms untuk memahami berapa dosis asam folat yang sesuai kebutuhan.

Berikut informasi untuk Moms dari berbagai sumber:

1. Apa Itu Asam Folat?

Dilansir Healthline, asam folat adalah vitamin B yang ditemukan dalam banyak suplemen dan sumber makanan tertentu. Lebih tepatnya dikenal juga sebagai bagian dari vitamin B9.

Asam folat menjadi merupakan bentuk sintetis dari folat yang digunakan oleh tubuh untuk membuat sel-sel baru dan menghasilkan DNA.

Komponen ini menjadi penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan normal manusia, termasuk pada janin.

2. Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Bagi perempuan yang sedang dalam program hamil atau sedang hamil, asam folat menjadi salah satu komponen nutrisi yang penting untuk dipenuhi kebutuhannya setiap hari.

Konsumsi cukup asam folat dapat membantu mencegah terjadinya cacat lahir seperti pada otak dan sumsum tulang belakang, yang mengarah pada spina bifida dan anencephaly.

Perlu diketahui bahwa biasanya tabung saraf berkembang ke sumsum tulang belakang dan otak pada 28 hari setelah proses pembuahan. Jika tabung saraf tidak menutup dengan benar, cacat tabung saraf bisa terjadi.

Sementara itu, anencephaly adalah suatu kondisi di mana perkembangan tubuh tidak berjalan dengan baik. Bayi yang lahir dengan anencephaly biasanya tidak dapat bertahan hidup lebih lama.

Menurut penelitian di tahun 2015, ditemukan bahwa suplementasi yang cukup dari asam folat pada ibu hamil secara signifikan mengurangi risiko cacat jantung bawaan.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa suplemen asam folat dapat membantu mencegah bibir sumbing.

3. Dosis Asam Folat untuk Ibu Hamil

Dikutip dari Web MD, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari. Biasanya jumlah ini sebagian besar atau mungkin seluruhnya sudah terdapat dalam suplemen vitamin harian ibu hamil.

Untuk memastikan Moms mengonsumsi cukup asam folat setiap hari, jangan ragu untuk memeriksa kandungan suplemen Moms terlebih dahulu.

Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) merekomendasikan perempuan yang sedang merencanakan kehamilan mulai rutin mengonsumsi cukup asam folat setidaknya sebulan sebelum hamil.

Ini karena banyak perempuan tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, sementara proses penting dalam tumbuh kembang organ vital janin yang membutuhkan asam folat terjadi di usia kehamilan 3-4 minggu.

Meski jumlah minimum konsumsi asam folat yang direkomendasikan adalah 400 mcg, namun saat usia kehamilan Moms sudah memasuki 5 bulan ke atas, jumlah kebutuhannya bisa meningkat menjadi 600 mcg per hari.

5. Sumber Alami Asam Folat

Selain dari suplemen, asam folat juga bisa Moms dapatkan dari sumber alami, terutama dari makanan yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

Ya, asam folat secara alami bisa didapat dari makanan termasuk sayuran berdaun hijau, bit, dan brokoli. Asam folat juga terdapat pada sereal, nasi, sari jeruk, pasta, biji-bijian dan lemon.

Moms bisa mengonsumsi cukup asam folat dari sumber alami seperti PRENAVITA Vanilla Flavoured Powder Drink.

PRENAVITA Vanilla Flavoured Powder Drink mengandung asam folat alami sebagai elemen penting untuk pertumbuhan plasenta, juga merupakan salah satu elemen dasar yang sangat diperlukan untuk membangun tulang belakang bayi dan perkembangan sel.
Selain itu, PRENAVITA Vanilla Flavoured Powder Drink juga mengandung Cholecalciferol (Vitamin D3), Milk calcium untuk membantu penyerapan kalsium. Kalsium dapat mengurangi keropos tulang setelah kehamilan.

Uniknya lagi, PRENAVITA Vanilla Flavoured Powder Drink memiliki kandungan O'Young Broccoli yang merupakan suplemen asam folat sebagai unsur-unsur penting untuk pertumbuhan plasenta, juga merupakan salah satu elemen dasar yang sangat diperlukan untuk membangun tulang belakang bayi dan perkembangan sel otak. Juga membangun kesehatan usus, Antioksidan serta melindungi kardiovaskular.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM New Mom Gift B - Kado Melahirkan
MOOIMOM New Mom Gift B - Kado Melahirkan

Rp 820,000

MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
MOOIMOM - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

Rp 209,000

Bundling Belly Cream 10 ml & White Maternity Belt
Bundling Belly Cream 10 ml & White Maternity Belt

Rp 199,000

[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Vanilla Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved