Mamapedia Logo
5 Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari, Sudah Coba Semua?

Bayi Rewel di Malam Hari? Stimulasi dengan Sentuhan dan 5 Cara Ini

author iconIka
date icon08 02 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Tumbuh Kembang Anak,

Rewel disertai tangis yang tak kunjung berhenti merupakan cara bayi berkomunikasi. Ia sebetulnya sedang menyampaikan pesan. Entah kepada Moms, ayahnya atau siapapun yang tengah berada di dekatnya.

Beberapa bayi cenderung lebih rewel pada malam hari. Ketika semua penghuni rumah tengah pulas, ia justru terbangun. Terbayang repotnya, ya?

Sementara, bayi membutuhkan waktu tidur yang berkualitas lantaran sedang dalam proses tumbuh-kembang. Jadi, mengapa sering rewel pada malam hari, ya?

Ada beberapa penyebab. Beberapa di antaranya karena lapar, terdapat keluhan dalam tubuhnya serta tak nyaman karena popok yang terlalu basah. Bisa juga karena ia merasa kedinginan, sedang tumbuh gigi atau pegal lantaran terlalu banyak bergerak sebelum tidur malam.

Berikut beberapa cara yang bisa Moms lakukan guna menenangkan bayi yang rewel pada malam hari.

1. Menyusui bayi
Menyusu bisa dilakukan sebagai cara menenangkan bayi menangis. Sebab, terkadang bayi menangis karena mereka lapar. Untuk itu, pemberian ASI mampu membuat mereka kenyang dan berhenti menangis. 


2. Membedong bayi
Ketika bayi dibedong sebagai cara mengatasi bayi menangis, mereka akan merasa seperti kembali ke dalam rahim karena hangat. Hal ini bisa membuat bayi tenang dan aman sehingga bisa membuat mereka berhenti menangis. Anda dapat membedong bayi dengan selimut khusus bayi atau kain pernel, lalu mengusapnya lembut. Jangan membedong bayi dengan terlalu ketat karena bisa membuat mereka tidak nyaman.

Sebagian bayi memberi respons yang lebih baik terhadap bedong daripada mengisap dot. Namun, jika bayi masih menangis atau menggeliat setelah dibedong, sebaiknya lepaskan bedongan. Sebab, bayi mungkin tidak menginginkannya.

3. Mendengarkannya musik
Cara mengatasi bayi menangis ini bisa dilakukan dengan menyanyikan lagu pengantar tidur, memainkan musik, atau menyetel lagu favorit Anda melalui TV ataupun ponsel. Setel berbagai jenis musik untuk melihat respons bayi. Jika bayi berhenti menangis saat disetelkan musik tertentu, maka Anda dapat membuatnya tenang dengan terus memainkan musik tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengajak bayi bergerak mengikuti alunan musik agar membuat tubuhnya rileks.


4. Membawanya keluar kamar
Menurut , membawa bayi keluar kamar untuk menghirup udara segar merupakan cara mengatasi bayi menangis secara instan. 
Anda dapat menggendong bayi dan membawanya keluar kamar untuk melihat sekeliling seperti duduk di ruang tamu. 


5. Memandikannya dengan air hangat
Air hangat dapat memberikan efek ketenangan. Oleh karena itu, mandi merupakan cara menenangkan bayi menangis yang bisa dipilih orang tua. Namun, berhati-hatilah dalam memandikan bayi. Jangan sampai air malah masuk ke hidung atau telinga bayi hingga membuatnya sakit.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share