Mamapedia Logo
Bayi Menangis Saat Tidur? Kenali Penyebabnya!

Bayi Menangis Saat Tidur, Benarkah Karena Ia Sedang Mimpi Buruk?

author iconIka
date icon08 02 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Tumbuh Kembang Anak,

Malam sedang tenang-tenangnya ketika Si kecil, yang tadinya pulas, tiba-tiba menangis. Kemudian Moms mencari tahu, apa kira-kira penyebabnya. Dicek di beberapa bagian tubuhnya, tak ada apa-apa. Jadi, kenapa tiba-tiba ia menangis?

1. Bayi beradaptasi dengan suhu ruangan

Perubahan suhu ruangan yang mendadak dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kenyamanan tidur si Kecil. Bayi bisa merasa kaget ketika terjadi perubahan suhu yang signifikan.

2. Suara di sekitar lingkungan

Ketika si Kecil baru tertidur, biasanya Moms akan berbicara pelan dan meninggalkannya dengan perlahan. Karena si Kecil mulai peka terhadap suara sekitar. Tidak jarang si Kecil langsung menangis ketika mendengarkan sedikit suara saat tidur.

3. Perpindahan posisi tidur

Kadang kala si Kecil tertidur di dalam pelukan Moms dan ketika hendak meletakkan si Kecil di tempat tidurnya, si Kecil akan kaget dan menangis.

4. Mimpi buruk

Bayi juga dapat mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk pada bayi dapat terjadi karena adanya trauma atau rasa takut ketika si Kecil dalam keadaan aktif.

5. Terkena gigitan serangga

Gigitan serangga bisa menjadi salah satu faktor penyebab si Kecil tiba-tiba terbangun dan menangis karena kesakitan.

6. Si Kecil kelelahan

Mengajak bayi berpergian dapat membuat si Kecil kelelahan. Kadang si Kecil merasa tidak nyaman di dalam perjalanan, hal ini dapat membuat si Kecil menangis di tengah malam untuk menyatakan ketidaknyamannya.

7. Si Kecil Merasa Tertekan

Rasa tertekan pada bayi bisa disebabkan oleh suara keras yang membuatnya terkejut. Kadang kali suara tinggi akibat pertengkaran orangtua di depan si Kecil membuat ia merasa tertekan, sehingga si Kecil menangis dan tidak nyenyak ketika tertidur.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share