Homepage Loading Icon
Ini Tips Supaya Payudara Tidak Kendur Setelah Menyusui - MOOIMOM

Bagaimana Mencegah Payudara Anda Kendur Setelah Menyusui

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconKehamilan & Menyusui, Tips, Menyusui,

Payudara kendur sebenarnya tak hanya persoalan bagi para ibu pasca menjalani program ASI eksklusif. Biasanya hal ini terjadi karena faktor usia, atau beberapa orang yang menjalani diet ketat dan berhasil menurunkan berat badan secara drastis. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

Gunakan Bra dengan kualitas bagus

Anda membutuhkan bra yang memiliki kualitas bagus namun tetap nyaman digunakan. Mulailah menggunakan bra khusus sedari Anda menyusui si kecil. Tak perlu menggunakan kawat, saat ini sudah ada juga bra khusus untuk ibu menyusui yang dirancang tanpa kawat namun tetap bisa menopang payudara sang ibu dan tidak membuatnya gampang kendur. Jangan malas menggunakan bra ya Moms, hal ini bisa menghindarkan Anda dari memiliki payudara kendur setelah program ASI eksklusif. (Baca juga : Payudara Kendur Setelah Menyusui? Ini alasannya!)

Tak perlu khawatir tentang ukuran payudara Anda, yang perlu diperhatikan hanyalah Anda harus tetap memastikan payudara tersebut ditopang dengan bra yang sesuai dan dengan ukuran bra yang tepat juga. Bra dengan bahan lembut tentu saja akan membuat Anda nyaman menggunakannya seharian ya Moms.

Atur posisi menyusui Anda sebaik mungkin

Hindari menyusui bayi dengan posisi membungkuk atau agak membungkuk. Banyak para ibu melakukan hal ini tanpa sadar. Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan bantal khusus menyusui yang memang dirancang untuk kenyamanan sang ibu dan sang bayi. Sekali lagi, jangan membungkuk, dan jangan menyesuaikan dengan sang bayi, Anda harus menggendongnya ke atas, tegap, mendekati payudara Anda. Dengan memperbaiki posisi menyusui secara sederhana ini, akan membantu mencegah payudara melorot.

Mulailah berolahraga

Konsultasikan kepada dokter Anda jika Anda ingin berolahraga. Berolahragalah secara teratur karena dengan berolahraga akan membantu Anda menurunkan berat badan yang diperoleh selama Anda hamil. Kelebihan berat badan juga bisa memberikan kontribusi payudara Anda menjadi kendur.

Lakukan olahraga stretching ringan terlebih dahulu, seperti jalan-jalan, jogging, berenang, atau melakukan yoga. Anda boleh menghilangkan berat badan Anda, namun akan lebih baik Anda mengimbanginya dengan olahraga yang bisa menaikkan massa otot tubuh Anda. Mungkin olahraga dirasa sedikit berat karena Anda bisa jadi orang yang sangat sibuk bekerja tetapi juga harus mengurus si kecil, maka saran yang bisa disampaikan adalah lakukan olahraga apapun selagi Anda bisa dan mampu. Kuncinya adalah konsistensi, sama seperti Anda konsisten saat menyusui si kecil.

Olahraga cardio mungkin bagus, tapi jangan lupa lakukan olahraga yang bisa meningkatkan massa otot tubuh Anda, bagaimanapun massa otot-lah yang akan membuat bagian tubuh Anda tidak kendur, begitu juga dengan payudara. Contoh workout yang bisa Anda lakukan : Push Ups, Chest Flys, Side Swerves, Chest Dips, atau Wall Press.

Jangan hilangkan berat badan secara drastis, lakukan secara bertahap dan perlahan. Hal ini ditujukan supaya kulit bisa melakukan penyesuaian dari besar ke kecil, begitu juga untuk payudara. Anda dulu hamil 9 bulan, kemungkinan berat badan Anda naik berkilo-kilo, kemudian Anda harus menyusui si kecil di mana banyak nutrisi yang harus tetap dikonsumsi, dan Anda tidak mungkin langsung menurunkan  berat badan dalam jumlah yang besar jika Anda tetap ingin memiliki kulit tubuh yang kencang. Penurunan berat badan yang cepat dapat menyebabkan Anda kehilangan terlalu banyak jaringan lemak di daerah payudara yang sebenarnya lemak ini bisa memberikan volume lebih di bagian payudara Anda. Nah Moms, lakukan secara perlahan namun konsisten ya.

Pijatlah Payudara Anda dengan air hangat kemudian air dingin

Saat mandi, Anda bisa memijat payudara Anda dengan air hangat lalu kemudian air dingin. Air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan air dingin dapat membantu sebagai pengencangan. Ini tips jitu, jika Anda mandi dengan air hangat, ada baiknya Anda tetap mengguyurkan air dingin ke tubuh Anda supaya kulit Anda kembali kencang setelah merasa rileks dengan air hangat sebelumnya. Anda juga bisa memijat payudara dengan handuk basah hangat, kemudian gunakan es batu untuk memijat payudara secara melingkar tapi jangan lebih dari satu menit (untuk menghindari mati rasa). (Baca juga : Bagaimana Menjaga Bentuk Payudara Setelah Melahirkan?)

Jagalah supaya kulit payudara tetap lembut

Jaga kelembapan payudara Anda dengan moisturizer yang aman digunakan meski Anda sedang menyusui. Jika Anda lebih suka menggunakan essential oil, maka cukup gunakan 2 tetes minyak cypress, minyak adas, minyal wortel, minyal spearmint, atau minyak sereh untuk memijat payudara Anda. Anda juga bisa membuat ramuan tradisional dan sederhana seperti mentimun yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan kuning telur kemudian jadikan masker untuk payudara Anda.

Makan-makanan yang bernutrisi

Payudara kendor juga dapar dicegah dengan diet yang tepat. Anda bisa mengikuti pola diet sehat seperti “Clean Eating Diet”, memilih karbo yang tepat, serta protein baik, dan lemak sehat akan memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan sehingga otot tubuh akan tetap terbentuk dengan baik, dan kulit tidak kehilangan kekenyalannya.

Wanita yang sedang menyusui harus makan lebih banyak buah dan sayuran yang kaya antioksidan serta makanan tinggi vitamin B dan E untuk mencegah payudara kendur.

Selain itu, makanan yang mengandung beberapa lemak jenuh yang rendah, juga dapat menghindari kekenduran tersebut. Hal ini dikarenakan tubuh tetap membutuhkan lemak jenuh setidaknya 50% untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Oleh karena itu, beberapa orang yang melakukan diet dan kekurangan lemak jenuh cenderung memiliki payudara yang kendur.

Ibu menyusui juga dapat makan lebih banyak kuning telur dan mentega yang mengandung asam arakidonat, bahan penting yang memfasilitasi pembentukan persimpangan antara sel-sel kulit supaya menjaga payudara tetap kencang. (Baca Juga : Makanan Ini Sangat Bagus untuk Mencegah Payudara Kendur)

Source : Mommy Edition

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 190,000

Stripe Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Stripe Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 210,000

Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 239,000

Super Soft Crossover Maternity & Nursing Bra - Bra Hamil Menyusui
Super Soft Crossover Maternity & Nursing Bra - Bra Hamil Menyusui

IDR 169,000

Seamless Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui
Seamless Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui

IDR 239,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved