Homepage Loading Icon
Asma Kambuh saat Hamil, Ini Solusinya Moms

Asma Kambuh saat Hamil, Ini Solusinya Moms

author iconfallin
date icon26 04 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui,

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. 

 

Selain sulit bernapas, penderita asma bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada dan batuk-batuk. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua, tak terkecuali ibu hamil. 

 

Beberapa penderita asma merasakan perbaikan gejala ketika hamil, namun pada kebanyakan kasus, kehamilan dapat membuat asma memburuk dan sering kambuh.

 

Saat asma kambuh ibu dan janin berisiko mengalami kekurangan oksigen, yang tentunya bisa membahayakan kondisi kesehatan ibu dan bayi yang dikandung.

 

Mengendalikan Asma pada Ibu Hamil

Calon ibu perlu tahu cara menangani asma di masa kehamilan. Serangan asma saat hamil yang bisa dikendalikan dengan baik dapat mencegah risiko gangguan kesehatan pada ibu dan janin.

 

1. Mengonsumsi obat asma

Kunci utama mengontrol asma saat hamil adalah dengan tetap rutin mengonsumsi obat asma. Kamu tidak perlu khawatir, karena sebagian besar obat asma hirup atau inhaler yang berisi terbutaline, albuterol, prednisone, dan theophylline yang aman dikonsumsi saat hamil. Hindari obat asma dalam bentuk tablet atau sirup yang harus dikonsumsi lewat mulut karena kemungkinan akan mempengaruhi kondisi janin.

 

2. Hindari pemicu munculnya gejala asma

Penderita asma yang sedang hamil diharapkan dapat menghindari pemicu kambuhnya asma. Hindari alergen pemicu asma, misalnya debu, asap, dan bulu binatang. Hindari berdekatan dengan orang yang sedang menderita infeksi pernapasan.Jangan merokok, dan jauhi asap rokok.

Rajin berolahraga, misalnya berenang, senam hamil, yoga, atau olahraga lain yang dianjurkan dokter.

 

3. Rutin menjalani medical check-up

Pemeriksaan ini dilakukan sebulan sekali, dan bertujuan memantau kondisi kesehatan tubuh secara umum, termasuk kondisi paru-paru. Pemeriksaan ini juga berguna untuk memastikan kondisi janin sehat. Dokter akan menggunakan spirometri atau peak flow meter untuk mengukur fungsi paru-paru ibu hamil.

 

4. Pantau gerakan janin tiap hari

Pantau gerakan janin setiap hari, terutama setelah kandunganmu berusia 28 minggu. Untuk memastikan janin aktif dan sehat. Ibu hamil bisa melakukan pemeriksaan USG kehamilan sebagai bagian dari pemeriksaan kehamilan rutin. Jika asma sering kambuh dan gejalanya semakin berat, segeralah konsultasikan pada dokter kandungan.

 

5. Mendapatkan vaksin flu

Vaksinasi flu direkomendasikan untuk dijalani oleh semua ibu hamil, apalagi ibu hamil dengan asma. Vaksin ini memberimu perlindungan ekstra terhadap serangan flu berat.

 

Apabila menderita asma dan berencana untuk hamil atau sedang hamil, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan guna mendapatkan saran dan penanganan terbaik dalam mengendalikan asma saat hamil.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

Cotton Soft Maternity & Nursing Tank Top Baju Hamil Menyusui
Cotton Soft Maternity & Nursing Tank Top Baju Hamil Menyusui

IDR 249,000

Comfort Maternity Leggings Celana Ibu Hamil
Comfort Maternity Leggings Celana Ibu Hamil

IDR 199,000

Maternity Halter Stripe 2-Piece Set Swimsuit Baju Renang Ibu Hamil
Maternity Halter Stripe 2-Piece Set Swimsuit Baju Renang Ibu Hamil

IDR 399,000

Mooimom Maternity & Nursing Pillow
Mooimom Maternity & Nursing Pillow

IDR 899,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved