Mamapedia Logo
ASI Tidak Lancar? Minum Susu Almond Moms!

ASI Tidak Lancar? Minum Susu Almond Moms!

author iconNovia Luciana
date icon24 11 2017
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Tips,

Sedang mengalami ASI yang tidak lancar? Siasati dengan mengkonsumsi makanan yang bisa membuat produksi ASI menjadi lancar. Salah satu makanan sebagai booster ASI adalah susu almond yang tentu saja punya bahan dasar kacang Almond. Kacang almond merupakan salah satu superfood yaitu kacang – kacangan dengan kandungan nutrisi dan gizi yang super tinggi. Meskipun harganya tak murah, tapi khasiat almond sendiri sudah tak diragukan lagi, terutama perannya sebagai booster ASI alami. Almond sendiri bisa diolah dengan berbagai cara, dimulai dari susu, kue, coklat, kue basah, atau bisa dimakan begitu saja.

 

Almond mengandung banyak vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin E, asam lemak, dan protein yang tinggi. Vitamin B kompleks yang ada pada almond pun beragam dari vitamin B1, B2, hingga B3. Vitamin B kompleks ini berguna untuk menambah energy dalam tubuh, membuat sistem syaraf makin sehat, melancarkan BAB, serta menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Sementara vitamin E bagus untuk kesehatan kulit, melancarkan peredaran darah, dan dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Kandungan lain yang bagus pada kacang almond adalah asam lemak yang terdiri dari omega 3, omega 6, dan omega 9. Ketiganya memiliki fungsi menyehatkan jantung serta mengurangi lemak jahat pada tubuh. Baca juga : Jangan Remehkan Ubi! Khasiatnya Luar Biasa

 

Dikutip dari situs hamil, bagi ibu menyusui juga tentu saja punya banyak manfaat, selain mampu melancarkan ASI Moms, almond dapat menghasilkan ASI berkualitas, membantu untuk perkembangan otak bayi, membuat bayi Moms tumbuh lebih sehat, melancarkan metabolism sang ibu serta bayi, membuat ibu dan bayinya lancar BAB, dan bisa juga membantu menguatkan tulang serta gigi si kecil nantinya. Baca juga : Saat Menyusui, Bolehkah Minum Obat?

 

Nah sekarang coba buat Susu Almond yuk Moms! Resep Susu Almond ini adalah milik Mom Bonnie Khariza, dikutip langsung dari Cookpad.

 

Bahan – bahan :

 

1 liter

150 gr kacang almond mentah

1 liter air mineral

150 ml gula cair

kain khusus (saringan) untuk menyaring susu

 

Bahan pelengkap :

 

Secukupnya chia seed

2-3 sdt cocoa (bila ingin rasa coklat)

 

Cara membuat :               

 

  1. Rendam kacang almond dengan air matang selama 6-8 jam
  2. Tiriskan kacang almond yg sudah di rendam kemudian blender kacang hingga halus dengan 1 liter air mineral.
  3. Kemudian saring sari kacang almond dengan kain khusus agar lebih mudah dan cepat. Klo pake saringan biasa cari yg seperti untuk memeras santan. Tapi itu akan memakan waktu lebih lama.
  4. Kemudian bila sudah terpisah antara ampas dan air, kalian bisa menambahkan gula cair bila kalian suka manis. Atau bila suka rasa coklat bisa tambahkan bubuk coklat 2-3 sdt coklat bubuk untuk 1 liter air (Saya pakai cocoa van houten).
  5. Oke almond milk siap di nikmati dengan taburan chia seed agar lebih sehat lagi.
  6. Oya susu almond ini tahan di dalam kulkas 3 hari. Di suhu biasa 4 jam saja. Jadi langsung masukan ke kulkas agar lebih tahan lama.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE