Homepage Loading Icon
Aktivitas yang Perlu Mama Lakukan Agar Lancar Melahirkan

Aktivitas yang Perlu Mama Lakukan Agar Lancar Melahirkan

author iconYudi Handoko
date icon14 01 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Agar tubuh tetap fit, Moms tidak hanya sekadar menjaga asupan nutrisi saja lho. Tetap aktif bergerak dan melakukan aktivitas rutin sehari-hari merupakan kegaitan yang harus Moms lakukan. Berikut ini merupakan aktivitas sederhana yang dapat memperlancar proses persalinan.

 

1. Jalan kaki

Berjalan kaki setiap hari, minimal 30 menit selama kehamilan dapat membantu Moms menghilangkan stres. Selain itu, berjalan kaki juga menjaga kekuatan otot yang dibutuhkan untuk proses persalinan kelak. Tidak hanya berjalan, aktif melakukan berbagai macam gerakan kaki juga dapat mempercepat proses persalinan karena gaya gravitasi membantu janin masuk ke dalam ruang panggul.

 

2. Gerakan jongkok

Posisi jongkok sangat membantu proses persalinan lancar karena membuka panggul dan meningkatkan tekanan pada bagian bawah perut sehingga kepala janin terdorong ke luar. Posisi jongkok juga memperkuat otot-otot paha, perut, dan meningkatkan elastisitas jalan lahir hingga 20-30%.

 

Tapi untuk melakukan gerakan ini, Moms perlu persiapan ya. Sebab posisi jongkok ini sangat melelahkan dan harus sering dilakukan pada masa-masa menjelang persalinan.

 

3. Naik turun tangga

Aktivitas sederhana selanjutnya yang dapat membuat proses persalinan lancar adalah naik turun tangga. Berdasarkan penelitian dari American Heart Association, naik turun tangga sama baiknya dengan berjalan atau olahraga.

 

Selain itu, kegiatan ini juga dapat menurunkan risiko preeklamsia hingga 29%. Preeklamsia merupakan komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, dan dapat disertai kerusakan organ-organ.

 

Tetapi Moms harus berhati-hati ya jika hendak melakukan aktivitas naik turun tangga. Pastikan tangga cukup aman untuk Moms gunakan (tidak licin, ada pegangan) dan bila perlu, dibantu oleh Dads saat melakukannya. Dan yang paling penting, tubuh Mama sedang dalam kondisi fit.

 

4. Senam kegel

Senam kegel dapat membantu Moms dalam menguatkan otot-otot dasar panggul. Sehingga membantu proses persalinan lancar karena menjaga dan mendukung elastisitas organ panggul yaitu rahim, kandung kemih, dan usus. Lakukan senam kegel lambat sebanyak 10 kali, dan senam kegel cepat sebanyak 5 kali.

 

5. Latihan bernapas

Aktivitas terakhir yang memberi manfaat untuk persiapan persalinan adalah latihan pernapasan melalui yoga. Latihan ini berfungsi untuk meredakan ketegangan ibu melahirkan, agar lebih rileks dalam mempersiapkan diri menjelang persalinan. Selain itu latihan pernapasan juga bisa menenangkan ibu untuk mengatasi rasa sakit saat proses melahirkan.

 

(gambar: https://www.techexplorist.com)

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
3 Pack NEW Seamless Bra
3 Pack NEW Seamless Bra

IDR 597,000

New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 199,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand
ABC Design Brand
Hamako Brand
Klara Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved