Homepage Loading Icon
Ada Benjolan di Payudara Saat Menyusui? Ini Bisa Jadi Penyebabnya Moms

Ada Benjolan di Payudara Saat Menyusui? Ini Bisa Jadi Penyebabnya Moms

author iconanisyukur
date icon12 08 2019
category iconGizi & Kesehatan, Kehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak, Menyusui,

Setelah menjalani persalinan kini saatnya Moms mempersiapkan diri untuk mulai menyusui. Namun tidak semua Moms dapat dengan mudah langsung memberikan air susunya kepada sang anak. Berbagai kendala sering muncul, mulai dari air susu yang sulit keluar hingga munculnya benjolan di payudara yang membuat para Moms terkadang merasa kesakitan saat harus menyusui.

Tahukan Moms sebetulnya ada beberapa benjolan yang memang normal karena perubahan pada tubuh tetapi ada juga benjolan yang berbahaya. Untuk penting bagi Moms mengetahui jenis benjolan payudara tersebut agar tidak salah penanganan. Berikut adalah beberapa jenis benjolan yang kerap mencul pada ibu yang tengah menyusui:

 

1. Mastitis

Mastitis menjadi kondisi yang paling sering dijumpai oleh para Moms yang tengah menyusui. Mastitis merupakan benjolan yang terjadi karena infeksi yang terjadi di jaringan payudara yang ditandai dengan payudara merah, keras, sakit, panas, dan bengkak. Kondisi ini terjadi akibat adanya kelebihan air susu pada payudara Moms. Untuk mengatasi keadaan ini, Moms tidak perlu panik. Tetap memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada sang anak akan membantu menghilangkan mastitis.

Meskipun terasa menyakitkan Moms harus tetap memberikan ASI melalui payudara yang terkena mastitis. Selain itu mengompres payudara dengan air hangat serta menggunakan bra menyusui yang nyaman, juga akan membantu mengurangi rasa sakit. Pilihlah bra yang berbahan dasar polyester dan nylon karena lembut saat digunakan. Jika rasa sakit tidak hilang dalam 2 minggu kedepan, Moms disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

2. Membesar

Saat hamil hingga menyusui payudara Moms akan mengalami perubahan karena membesar. Saat payudara membesar, Moms akan merasakan adanya benjolan di payudara karena payudara akan menjadi keras dan membengkak. Benjolan ini nantinya akan hilang setelah Moms mengeluarkan air susu baik secara manual ataupun dipompa. Untuk mempermudah Moms dalam mengeluarkan air susu, pilihlahpompa elektrik yang memiliki daya hisap yang kuat namun memiliki desain yang ringan dan praktis.

3. Tersumbat

Area payudara akan mebesar jika saluran air susu diam atau tersumbat. ASI tersumbat dapat disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat atau menggunakan bra yang kurang pas. Pastikan Moms memilih bra yang elastis dan mengikuti bentuk payudara Moms hingga terasa lebih nyaman saat harus beraktivitas.     

4. Kista Susu (Galactoceles)

Galastocele adalah benjolan di payudara yang terjadi akibat air susu yang terbendung sehingga menutup saluran di payudara. Hal ini dapat terjadi jika air susu yang keluar tidak dapat dikeluarkan secara maksimal sehingga menyebabkan masih adanya sisa air susu yang dapat terbendung. Meski begitu, Moms tenang saja hal ini akan menghilang dengan sendirinya setalah Moms berhenti menyusui. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui
Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui

IDR 439,000

3 Pack NEW Seamless Bra
3 Pack NEW Seamless Bra

IDR 597,000

Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

IDR 1,690,000

Full Coverage Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Full Coverage Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 350,000

New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 449,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved