Mamapedia Logo
9 Sumber Protein untuk Ibu Hamil yang Mudah Dikonsumsi

9 Sumber Protein untuk Ibu Hamil yang Mudah Dikonsumsi

author iconIka
date icon23 01 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Gizi & Kesehatan,

Saat hamil, Moms dianjurkan banyak mengonsumsi makanan sehat. Terutama makanan yang mengandung protein. Protein penting karena dapat mendukung proses pertumbuhan sel, perkembangan otak, dan produksi darah pada proses tumbuh kembang si Kecil di dalam kandungan.

Berikut sumber protein untuk ibu hamil yang mudah dikonsumsi!

1. Daging

Berbagai jenis daging adalah sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan mama saat hamil dan janin. Daging unggas memiliki kandungan protein yang banyak dan baik untuk ibu dan janin. Daging unggas yang bisa dipilih diantaranya, ayam, kalkun, dan bebek yang memiliki kandungan protein yang cukup dan rendah lemak.

Keunggulan daging unggas adalah karena pengolahannya yang lebih mudah dibanding daging hewan yang lain misalnya daging hewan kaki empat atau ikan. Tetapi, tentu saja daging sapi, domba, atau kambing dan ikan mengandung cukup banyak protein yang tidak bisa diabaikan. Daging ikan memiliki kandungan protein Omega 3 yang penting untuk perkembangan otak janin dan daging merah bisa menambah sel darah merah untuk membantu kesehatan mama dan janin.

2. Kacang Polong

Kacang-kacangan memang kaya akan kandungan protein nabati. Namun saat sedang hamil, tidak semua jenis kacang bisa leluasa dikonsumsi. Salah satu jenis kacang yang baik adalah kacang polong. Kacang polong memiliki kandungan protein baik yang dibutuhkan untuk proses produk sel janin dan asam amino yang bermanfaat positif dalam menunjang proses kehamilan.

3. Kacang Almond

Selain kacang polong, almond juga mengandung protein yang dibutuhkan ibu hamil saat menjalani proses kehamilan. Kandungan protein pada kacang almond bermanfaat dalam membantu proses pembentukan otot janin. Selain itu, kacang almond yang berprotein juga berguna sebagai sumber energi guna mempersiapkan proses persalinan. Meski agak mahal, saat ini kacang almond juga mudah didapatkan dan juga banyak yang sudah berupa susu ataupun olahan lain.

4. Kedelai

Jenis kacang yang juga baik dikonsumsi adalah kedelai. Kedelai bisa diolah menjadi susu kacang kedelai dan tahu. Protein sehat pada kedelai memiliki manfaat positif dalam pembentukan organ vital janin dalam kandungan, termasuk otak bayi. Kedelai yang diolah menjadi tahu atau susu mudah didapat dan harganya terjangkau. Tahu pun bisa diolah menjadi aneka makanan lezat dan bisa dicampur dengan sumber protein lain.

5. Telur

Membahas protein tentu tidak afdol tanpa menyebut telur. Saat hamil, ibu disarankan makan telur setidaknya 1 butir per hari. Dengan setidaknya 7 gram kandungan protein pada 1 telur, ibu hamil akan memperoleh manfaat protein untuk perkembangan syarat otak dan janin, mencegah inflamasi, dan sumber energi.

6. Gandum

Gandum memang dikenal sebagai sumber makanan berkabohidrat. Gandum juga memiliki kandungan protein yang sangat berguna dalam proses kehamilan pada masa trimester pertama dan seterusnya. Gandum memiliki kandungan protein untuk perkembangan otak janin serta mencegah kemungkinan bayi lahir dalam kondisi anemia atau kekurangan darah.

7. Brokoli

Dibandingkan sayur jenis lain brokoli adalah sayuran yang mengandung tinggi protein. Brokoli juga salah satu superfood yang dianjurkan pada masa kehamilan. Pasalnya, brokoli juga merupakan sumber folat, serat, kalsium, lutein, zeaxanthin dan karoten untuk menumbuhkan penglihatan sehat serta menjaga tekanan darah normal.

Baca juga: Kebutuhan Asupan Gizi pada Awal Kehamilan

8. Produk Susu dan Olahannya

Selama kehamilan, konsumsi produk susu sangat penting karena dapat memenuhi kebutuhan tambahan protein dan kalsium yang memberi dukungan pada pertumbuhan janin. Minumlah setidaknya satu gelas susu sehari dan konsumsi lebih banyak yogurt, keju, dan minyak samin atau ghee atau mentega dari lemak hewani untuk menjaga kesehatan bayi.

9. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber vitamin hewani dan juga protein hewani yang wajib dimasukkan ke dalam menu makanan bergizi tinggi untuk ibu hamil. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin.

Salmon juga mengandung vitamin D yang baik untuk ibu dan janin. Namun perlu diingat, ibu hamil disarankan mengonsumsi salmon yang dimasak terlebih dahulu. Konsumsi salmon dalam keadaan mentah, seperti pada sushi dan sashimi, harus dihindari karena bisa membahayakan pertumbuhan janin.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share