Mamapedia Logo
8 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

8 Manfaat Pisang Selama Hamil, Salah Satunya Redam Keluhan Morning Sickness

author iconIka
date icon27 02 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Gizi & Kesehatan,

Ada mitos yang mengatakan sebaiknya wanita hamil menghindari makan pisang karena kandungan di dalam buah ini dapat mengganggu jalan lahir bayi. Padahal, buah berwarna kuning ini sangatlah terkenal bagi masyarakat Indonesia. Selain kaya kandungan gizi, harganya terjangkau, dan jenisnya macam-macam.

Pisang sangat mudah dicerna oleh semua umur, bahkan oleh lansia maupun anak-anak. Pisang mudah dimakan karena teksturnya lembut dan rasanya manis. Lalu, apakah wanita hamil tidak bisa mengonsumsi dan mendapat manfaat dari pisang?

Moms tidak perlu khawatir akan mitos tersebut, karena manfaat pisang telah teruji lewat berbagai penelitian. Bahkan, sebuah penelitian merekomendasikan Moms untuk mengonsumsi 3 sampai 4 buah pisang setiap hari demi mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

 

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

            Berikut ini manfaat-manfaat pisang untuk ibu hamil, simak terus ya Moms.

  1. Sumber Zat Besi

Salah satu masalah kehamilan yang kerap ditemui adalah anemia. Penyebabnya ialah rendahnya asupan makanan kaya zat besi dan asam folat. Zat besi sangat penting bagi wanita, dan menjadi lebih penting ketika ia hamil. Untuk mengatasi hal ini, maka Moms diharuskan mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti bayam, biji bunga matahari, kacang-kacangan, buah-buahan kering, kacang kedelai, lentil, dan telur. Pisang adalah sumber zat besi yang hebat, dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin yang mengurangi gejala anemia pada ibu hamil.

  1. Kaya Asam Folat

Asam folat juga sangat penting bagi setiap wanita hamil. Biasanya, dokter akan meresepkan suplemen asam folat setelah mengetahui Moms hamil. Asam folat diperlukan untuk perkembangan saraf, otak, dan sumsum tulang belakang janin. Jika kadar asam folat rendah maka menyebabkan anemia, kelahiran prematur, dan cacat janin dari lahir. Untungnya, asam folat yang ada dalam buah pisang dapat diserap dengan mudah oleh janin.

Asam folat dalam pisang dapat membantu menstabilkan tekanan darah, yang apabila tekanan darah berfluktuasi secara terus menerus akan menyebabkan terjadinya preeklamsia dan komplikasi kehamilan lainnya. Kandungan kalium dalam pisang membantu mengatur tekanan darah yang memicu kecemasan dan stres. Dengan konsumsi pisang, otot tegang akan mengendur, mengurangi kram otot, atau nyeri kaki dan punggung pada ibu hamil.

  1. Meredakan Sembelit

Sembelit saat hamil adalah masalah utama yang dihadapi banyak wanita hamil. Akibatnya, emosi ibu hamil cenderung tidak teratur karena ketidaknyamanan akibat sembelit. Untuk mengatasi sembelit, juga masalah perut lainnya seperti kembung, ibu hamil harus memperbanyak asupan pisang. Pisang memiliki serat yang tinggi, dapat memudahkan pengeluaran tinja, dan mengurangi tekanan pada otot-otot rahim.

  1. Sumber Kalsium

Kalsium sangat penting bagi ibu hamil untuk perkembangan tulang sehat dan pertumbuhan janin yang optimal. Pisang dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut selama kehamilan, karena buah ini sumber kalsium. Moms, dengan mengonsumsi pisang setiap hari dapat membantu meningkatkan kadar kalsium, serta membantu perkembangan tulang janin.

  1. Mengurangi Morning Sickness

Selama trimester pertama, wanita hamil menderita mual dan muntah karena lonjakan hormon dalam tubuh. Ini dianggap sebagai pertanda baik karena menunjukkan bahwa plasenta berkembang. Namun, mual di pagi hari juga bisa sangat mengganggu. Pisang dapat membantu mengurangi gejala mual di pagi hari. Oleh karena itu ibu hamil disarankan makan pisang setiap hari selama tiga bulan pertama kehamilan. Selain itu, pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi morning sickness

Baca juga: Lawan Morning Sickness pada Awal Kehamilan

  1. Obat Diare

Pisang mengandung pektin, yang berguna menurunkan serat larut. Untuk Ibu hamil, serat dapat membantu meringankan diare dengan cara menyerap kelebihan air yang ada di dalam tubuh. Jadi dengan makan pisang, gejala diare bisa berkurang. Selain itu, kalium yang terkandung di dalamnya juga akan mengatasi kram usus yang terkadang menyertai diare.

  1. Kaya Protein

Pisang adalah buah yang kaya akan protein. Protein berfungsi sebagai sumber kalori dan juga untuk pembentukan antibodi untuk janin dan ibu hamil. Kekurangan protein dapat menyebabkan risiko bayi lahir dengan bibir sumbing. 

  1. Mengurangi Pembengkakan

Selama kehamilan, sebagian ibu hamil mengalami pembengkakan. Bengkak terjadi karena salah satunya disebabkan oleh kekurangan potasium. Dengan pemenuhan potasium akan membantu mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Pisang dapat membantu mencegah dan mengurangi pembengkakan secara alami.

Itulah 8 manfaat pisang bagi ibu hamil juga bagi janin ya, Moms. Jadi, jangan ragu untuk konsumsi pisang setiap hari.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE