Homepage Loading Icon
8 Manfaat Menggunakan Korset Pasca Hamil

8 Manfaat Menggunakan Korset Pasca Hamil

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon06 05 2020
category iconKecantikan, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Pasti sudah tidak asing lagi bukan bagi para wanita mengenai korset dan penggunaannya. Pemakaian korset biasanya memang hanya digunakan oleh para wanita dewasa, akan tetapi sekarang ini korset tidak hanya digunakan oleh para ibu-ibu, namun kaum muda juga sudah banyak yang ikut menggunakan korset.

Seperti korset yang berfungsi untuk melangingkan tubuh setelah proses persalinan. Nah, korset jenis inilah yang paling banyak digemari oleh para wanita muda zaman sekarang. Guna mendapatkan tubuh yang langsing dan sempurna banyak para wanita muda memakai korset-korset pelangsing.

Oleh karena itu, yuk Moms kenali manfaat menggunakan korset pasca hamil berikut ini.

Jenis Korset

Sebenarnya tidak hanya korset jenis pelangsing saja, akan tetapi korset biasapun pada dasarnya memiliki fungsi untuk membentuk tubuh agar teliat sempurna. Namun seiring perkembangan zaman, telah diciptakan korset-korset yang memiliki fungsi khusus untuk melangsingkan tubuh penggunanya.

Biasanya korset juga banyak digunakan oleh ibu-ibu pasca melahirkan. Kebanyakan dari ibu yang melahirkan mengalami masalah dengan perut. Perut yang tampak bunci dan kendur akan menjadi gangguan bagi para ibu untuk mendapatkan penampilan yang sempurna.

Akan tetapi, banyak dokter mengatakan bahwa penggunaan korset setelah melahirkan sangat tidak di anjurkan, karena akan menyebabkan timbulnya penyakit lain kepada si pemakai. Beberapa pendapat para ibu yang telah melahirkan mengatakan, jika pemakaian korset akan mengembalikan perut pada ukurannya semula.

Perlukah?

Memang benar perut wanita pasca melahirkan akan menjadi buncit, kendur, dan tidak seperti semula lagi, akan tetapi penggunaan korset bukanlah solusi yang baik bagi kesehatan pemakai sendiri. Jadi sebenarnya perlukah menggunakan korset pasca melahirkan?

Mamapedia mengumpulkan beberapa pendapat ibu-ibu pasca melahirkan yang menggunakan korset. Apa manfaat yang mereka rasakan setelah menggunakan korset tersebut.

Manfaat Menggunakan Korset Setelah Melahirkan

1. Melatih otot perut agar proses pengencangan kembali berjalan lebih cepat.

2. Membuat terlihat jauh lebih ramping atau langsing.

3. Mengencangkan permukaan perut.

4. Membantu perut kembali pada ukuran semula.

5. Mengecilkan perut yang buncit.

6. Membuat agar terlihat lebih seksi dan menarik.

7. Menahan agar perut tidak kendur.

8. Mengembalikan rahim pada ukuran semula.

Pada kenyataannya tidak banyak manfaat dari menggunakan korset pasca hamil, malahan penggunaannya dilarang oleh dokter karena hanya akan menimbulkan masalah lain pada bagian perut. Memang wanita sangat menginginkan bentuk tubuh yang sempurna dan terus menarik meskipun mereka telah melahirkan seorang bayi. Akan tetapi sebaiknya hindari penggunaan korset. Ada beberapa pendapat ibu melahirkan yang mengatakan, perut membuncit dan tidak kembali pada ukuran semula adalah disebabkan oleh pemakaian korset yang kurang kencang setelah melahirkan.

Namun itu adalah salah besar, perut yang membesar setelah melahirkan merupakan hal yang wajar. Disebabkan oleh otot-otot perut mengendur dan belum bisa pulih kembali seperti semula akibat menahan bayi dan ketuban. Itulah penyebabnya perut terlihat buncit setelah melahirkan. Pemakaian korset yang digunakan untuk mengecilkan perut tidak akan efektif.

Artikel terkait: Benarkah Korset Melahirkan Ampuh Melangsingkan?

Pertanyaan Baru

Timbul pertanyaan yang baru, apakah penggunaan korset pasca hamil dilarang? Jawabannya adalah tidak, selama pemakaian korset hanya secukupnya saja. Yang terpenting ialah jangan memakai korset terlalu kencang atau erat dan jangan sampai mengakibatkan dinding perut tertekan ke dalam. Cara yang efektif ialah cukup lilitkan saja korset pada bagian bawah perut.

Ternyata penggunaan korset yang terlalu kencang dapat mengganggu sirkulasi darah, sesak nafas, dan bisa menyebabkan susah BAB. Tidak hanya itu pemakaian korset yang terlalu kencang akan mengakibatkan kandung kemih menjadi turun, yang akan menyebabkan pengguna sering buang air kecil. Hal yang sangat mengejutkan ialah penggunaan korset yang terlalu lama dan berlebihan yaitu selama lebih dari 6 jam sehari, akan memicu resiko pengguna terserang penyakit myoma.

Banyak cara lain yang dapat dilakukan para ibu untuk mengatasi berbagai macam keluhan pada bagian perut setelah melahirkan, tidak hanya dengan menggunakan korset. Menggunakan korset sama saja dengan menyiksa diri sendiri, kenapa dikatakan menyiksa? Karena pemakaiannya membuat tidak nyaman dan bisa memicu penyakit serius.

Manfaat Lain Korset Pasca Hamil

Pemakaian korset menjadi sangat populer di kalangan para ibu yang baru saja melahirkan. Ada yang menyebutkan korset bisa mempercepat penurunan berat badan.

Selain itu, pemakaian korset juga disebut-sebut bisa memperbaiki penampilan fisik ibu pasca melahirkan. Namun seperti apa hal-hal yang perlu Moms pahami soal pemakaian korset pasca melahirkan? Berikut rangkuman informasinya untuk Moms:

1.  Berdasarkan Jenis-jenis Korset

Pada dasarnya, korset merupakan produk yang digunakan untuk ‘membungkus’ area perut dan pinggang Moms. Bentuknya elastis sehingga bisa mengikuti bentuk tubuh.

Di pasaran, ada beberapa jenis korset pasca hamil yang banyak dijual. Meski berbeda bentuk, masing-masing korset ini umumnya didesain khusus untuk Moms pasca melahirkan.

  • Belly wrap: jenis ini biasanya berbentuk lebar dan bisa diatur (biasanya menggunakan bahan velcro). Perekat pada belly wrap umumnya lebih banyak dan dari berbagai arah untuk memaksimalkan penutupan area tubuh. Korset elastis ini melindungi mulai dari bawah tulang rusuk sampai pinggul. Sebagian besar jenis belly wrap yang dijual memberikan sedikit tekanan lembut pada tubuh.
  • Korset biasa: pada korset ini, bentuknya biasanya relatif lebih kecil dibandingkan belly wrap. Untuk mengikat, biasanya digunakan kaitan khusus di bagian depan perut. Area yang bisa ditutup dengan korset biasa yakni perut saja, tapi ada juga yang dibuat sedikit lebih lebar.

Menurut pakar kesehatan perempuan, Sherry Ross, MD, korset sebenarnya boleh saja digunakan untuk pemulihan pasca melahirkan, namun tetap perlu diperhatikan kondisi masing-masing tubuh Moms.

Jika memaksakan memakai jenis korset tertentu yang tidak sesuai, risikonya justru bisa mengganggu pemulihan tubuh Moms.

2. Efek bagi Tubuh Pasca Melahirkan

Tujuan utama penggunaan korset adalah untuk memberi support dan menyelaraskan perut, khususnya organ di dalamnya, untuk bisa kembali seperti semula.

Selain itu, penggunaan korset disampaikan Ross juga dapat memberikan tekanan ringan untuk membantu rahim menyusut. Apabila Moms melewati persalinan dengan operasi caesar, penggunaan korset yang sesuai juga dapat membantu pemulihan bekas luka.

Sementara itu, pakar olahraga pasca persalinan Laura Arndt juga menyampaikan hal serupa. Balutan tubuh dengan korset menurutnya dapat membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilitas dan menstabilkan dasar panggul.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics, penggunaan korset juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri pasca operasi caesar.

Dari segi estetika, memakai korset juga membantu meningkatkan kepercayaan diri Moms karena perut bergelambir pun akan sedikit tertutupi

3. Manfaat Korset untuk Penurunan Berat Badan

Banyak Moms beranggapan bahwa penggunaan korset bisa membantu menurunkan berat badan. Sayangnya, Ross menyebutkan hal ini belum terbukti secara ilmiah.

Faktanya, penurunan berat badan yang terjadi pasca persalinan pada tahap awal adalah efek berkurangnya massa cairan tubuh. Penggunaan korset pun bisa membantu pada tahap ini.

Namun pada tahap selanjutnya setelah massa cairan tubuh kembali normal, berat badan biasanya akan lebih lambat turun. Pada waktu ini, penggunaan korset pun tak lagi efektif jika ditujukan untuk menurunkan berat badan.

Olahraga dan diet sehat akan lebih berperan dalam penurunan berat badan jangka panjang, Moms.

Intinya, penggunaan korset dimanfaatkan lebih kepada pemberian rasa nyaman. Apabila Moms merasa berat badan jadi mudah turun kembali dengan melakukan kebiasaan tersebut, maka Ross menyampaikan ini adalah bonus.

Hasilnya pun tak bisa disamaratakan pada semua Moms yang baru melahirkan. Jadi, tetap utamakan pola hidup sehat untuk berat badan yang ideal. Ingat, utamakan kenyamanan dan keamanan saat memutuskan memakai korset agar tubuh Moms bisa pulih sepenuhnya, ya!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Long Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Panjang Bertulang
MOOIMOM Long Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Panjang Bertulang

Rp 179,000

MOOIMOM Adjustable Elastic Recovery Corset Korset Pasca Melahirkan
MOOIMOM Adjustable Elastic Recovery Corset Korset Pasca Melahirkan

Rp 199,000

MOOIMOM Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
MOOIMOM Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

Rp 149,000

MOOIMOM 3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing
MOOIMOM 3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing

Rp 389,000

MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset
MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset

Rp 756,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved