Homepage Loading Icon
7 Makanan Pencegah Anemia Pada Ibu Hamil

7 Makanan Pencegah Anemia Pada Ibu Hamil

author iconanisyukur
date icon03 09 2019
category iconMasa Kehamilan, Gizi & Kesehatan, Kehamilan & Menyusui,

Saat hamil, Moms rentan terkena anemia karena kebutuhan akan zat besi dan sel darah merah meningkat. Selain kekurangan zat besi, kekurangan folat dan vitamin B12, juga menjadi salah satu penyebab ibu hamil menderita anemia. Ibu hamil yang mengalami anemia dan tidak ditangani dengan benar dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi yang berbahaya, seperti persalinan prematur. Selain itu, anemia juga dapat meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada bayi. Sedangkan untuk sisi Moms, anemia dapat meningkatkan risiko depresi pasca persalinan dan kematian ibu pasca persalinan.

Oleh karena itu, Moms yang tengah hamil sangat disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi karena dibutuhkan oleh tubuh. Ibu hamil memerlukan 27 miligram zat besi per hari. Apa saja makanan yang dapat mencegah anemia pada ibu hamil? Yuk simak penjelasan berikut Moms!

 

Pisang 

Untuk mencegah anemia Moms wajib mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi seperti buah pisang. Buah yang satu ini kaya akan kandungan zat besi dan mineral. Makan pisang saat sarapan dapat menjadi pilihan tepat untuk mengobati atau mencegah anemia selama kehamilan.

 

Kurma

Kurma memang dikenal memiliki segudang manfaat terutama untuk ibu hamil. Salah khasiat yang dikandung oleh buah yang satu ini adalah kemampuannya dalam meningkatkan produksi hemoglobin. Moms bisa mengonsumsi kurma sebagai camilan manis yang dapat meningkatkan produksi darah merah. 

 

Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan manjadi salah satu makanan yangn banyak mengandung zat besi. Zat besi yang terkandung di dalam makanan yang satu ini mampu membantu mencegah anemia. Ini juga bisa menjadi camilan sehat yang menemani Moms saat bekerja atau beraktivitas di rumah.

 

Sayuran hijau

Sayuran yang berwarna hijau sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung banyak manfaat seperti vitamin, zat besi, dan folat. Sayuran seperti bayam hijau dan brokoli bisa menjadi pilihan Moms dalam mengkonsumsi sayuran hijau.

 

Daging merah 

Selain makanan nabati, makanan hewani yang kaya akan kandungan zat besi bisa menjadi pilihan seperti daging merah. Daging merah dapat membantu Moms mendapatkan cukup zat besi untuk memerangi anemia selama kehamilan. Kandungan zat besi dari sumber hewani juga lebih mudah diserap daripada sumber nabati.

 

Kuning telur 

Kuning telur dikenal sebagai makanan yang banyak mengandung besi. Rutin mengkonsumsi telur dapat membantu menjaga hemoglobin dalam jumlah normal sehingga Moms terhindar dari anemia disaat hamil.

 

Oatmeal 

Ibu hamil disarankan untuk rutin mengkonsumsi oatmeal karena banyak mengandung zat besi dan mineral sehingga dapat mencegah risiko terkena anemia. Selain dapat melawan anemia, oatmeal juga mudah dicerna tubuh sehingga mengurangi risiko masalah pencernaan saat hamil.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 499,000

Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan - 10ml
Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan - 10ml

IDR 99,000

Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

IDR 199,000

New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 199,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved