Homepage Loading Icon
5 Tips Merawat Payudara Saat Menyusui Agar Tidak Infeksi

5 Tips Merawat Payudara Saat Menyusui Agar Tidak Infeksi

author iconanisyukur
date icon11 09 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui,

Selama menyusui para Moms kerap mendapatkan beragam masalah di payudaranya. Mulai dari gatal, lecet, bahkan hingga terjadi pendarahan. Hal tersebut tentu saja akan sangat menyakitkan terutama saat harus menyusui. Momen menyusui pun menjadi menyiksa karena hal tersebut. Oleh karena itu, para Moms pun diharapkan dapat menjaga payudara selama masa menyusui. Moms bisa merawat payudara melalui beberapa tis berikut, agar payudara tidak terjadi infeksi:

1. Membersihkan ujung payudara 

Setelah menyusui, ujung payudara Moms sebaiknya lekas dibersihkan. Hal ini dikarenakan setelah menyusui, ujung payudara kotor karena terkena air liur anak dan sisa ASI. Moms bisa menyeka ujung payudara dengan menggunakan kain yang lembut yang telah dibasahi. Atau Mom bisa menggunakan tisu basah yang tidak memiliki kandungan alkohol dan fragrance untuk mengelap ujung payudara Moms.

2. Mengompres Payudara

Beberapa perempuan kerap mengalami payudara bengkak saat masa menyusui. terdapat dua penyebab payudara menjadi bengkak, yang pertama adalah sumbuatan air susu dan yang kedua adalah karena adanya infeksi. Jika payudara bengkak karena infeksi Moms disarankan untuk mengompres dengan air dingin. Sedangkan jika payudara bengkak karena adanya sumbatan air susu Moms bisa menggunakan air hangat untuk mengompresnya.

3. Menjaga payudara tetap kering

Saat menyusui produksi ASI biasanya cukup berlimpah sehingga akan merembes ke bra dan pakaian. Jika dibiarkan area payudara menjadi lembab dan menjadi sarang bakteri. Untuk mengatasi hal ini Moms bisa menggunakan breast pads agar area payudara tetap kering dan tidak rembes ke bra dan pakaian Moms.

4. Menggunakan bra yang tepat

Patikan Moms menggunakan bra yang tepat yakni nursing bra atau bra menyusui. Tidak hanya itu, pastikan bra tersebut dibuat dengan bahan yang lembut seperti katun polyester. Selain itu pastikan Moms menggunakan bra yang elsatis dan mengikuti perubahan payudara agar Moms nyaman saat beraktivitas.

5. Jangan sembarangan memegang payudara

Saat Moms dalam menyusui sebaiknya jangan memegang payudara sembarangan. Hal ini berlaku bagi Moms dan pasangan. Selain dapat menimbulkan rasa sakit, memegang payudara sembarangan dapat menyebabkan kotoran dari tangan berpindah ke payudara. Jika tangan yang kotor memegang payudara maka payudara Moms berisiko terkena infeksi.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui
Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui

IDR 340,000

NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

IDR 1,390,000

MOOIMOM - Milk Powder Storage Bags - Kantong Susu Bubuk
MOOIMOM - Milk Powder Storage Bags - Kantong Susu Bubuk

IDR 49,000

New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

IDR 249,000

Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 190,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved