Homepage Loading Icon
5 Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Ibu Menyusui

5 Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Ibu Menyusui

author iconanisyukur
date icon12 11 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Kelahiran Anak,

Menyusui menjadi salah satu pengalaman yang paling istimewa bagi setiap Moms. Meski begitu, proses menyusui bayi ini terkadang menjadi tantangan yang sangat besar bahkan kadang cukup menyakitkan, terutama Moms yang baru melahirkan. Lantas, apa saja masalah yang umunya dihadapi Moms saat menyusui? yuk simak ulasan berikut

Produksi ASI sedikit

Masalah umum yang dihadapi oleh Moms yang tengah menyusui mengira bahwa produksi ASI-nya sedikit. Perlu Moms ingat, bila Moms merasa payudara tidak begitu penuh, atau ASI tidak lagi menetes seperti keran, ini bukan selalu berarti produksi ASI Ibu menurun. 

Latch On yang salah

Saat menyusui akan sangat normal jika Moms merasakan kesakitan saat memberikan ASI. Mungkin butuh beberapa waktu sampai puting payudara bisa beradaptasi dengan proses Moms menyusui. Selama masa adaptasi, Ibu mungkin akan merasa sakit setiap bayi menyusu ke payudara. Namun, bila rasa sakit ini berlangsung lebih dari satu atau dua menit selama Ibu menyusui bayi, kemungkinan Ibu mengalami masalah pelekatan/latch on. Pelekatan ini erat hubungannya dengan posisi bayi saat menyusu ke payudara ibunya.

Puting luka

Apabila Moms merasa sakit saat menyusui, coba perhatikan bagian puting Ibu. Apakah ada area yang luka atau berdarah? Puting luka bisa diakibatkan oleh banyak hal, tapi solusinya cukup sederhana. Gunakan krim payudara berbahan dasar lanolin di sela sesi Moms menyusui bayi. Jangan gunakan sabun, alkohol, atau lotion untuk tubuh atau tangan, dan kenakan bra katun yang longgar.

Kelenjar ASI tersumbat

Bila tubuh Ibu memproduksi ASI lebih cepat dibandingkan ASI yang dikeluarkan, ASI bisa kembali ke atas saat Ibu tidak mengosongkan payudara dengan maksimal. Ketika ini terjadi, jaringan di sekitar kelenjar payudara bisa menjadi bengkak dan meradang. 

Tekanan pada kelenjar menyebabkan penyumbatan. Jangan remehkan hal ini karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada payudara, pembengkakan hingga demam dan sakit. Inilah yang disebut dengan infeksi atau mastitis payudara Moms.

Mastitis

Mastitis adalah infeksi bakteri di payudara yang biasanya hanya terjadi satu kali. Biasanya mastitis disertai gejala yang mirip flu, seperti demam dan rasa sakit pada payudara. Umumnya mastitis disebabkan oleh kelenjar ASI yang tersumbat dan tidak ditangani dengan benar sehingga payudara bengkak, atau puting luka yang menimbulkan infeksi.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Combo Hemat Bra Hamil Menyusui New Seamless ( Isi 3 Pcs)
MOOIMOM Combo Hemat Bra Hamil Menyusui New Seamless ( Isi 3 Pcs)

Rp 597,000

MOOIMOM Combo Hemat Bra Hamil Menyusui Crossover ( Isi 3 Pcs)
MOOIMOM Combo Hemat Bra Hamil Menyusui Crossover ( Isi 3 Pcs)

Rp 537,000

Full Coverage Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Full Coverage Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

Rp 350,000

MOOIMOM Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
MOOIMOM Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

Rp 179,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved