Homepage Loading Icon
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyimpan ASI

5 kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyimpan ASI

author iconanisyukur
date icon21 08 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak, Gizi & Kesehatan, Menyusui,

Untuk para Moms yang tengah bekerja, pumping ASI adalah hal yang wajib dlakukan karena harus menyediakan stok saat Moms sedang bekerja. Sayanganya, setelah melakukan pumping ASI banyak Moms melakukan cara yang salah dalam menyimpan ASI tersebut. Padahal Air susu ibu alias ASI merupakan asupan gizi yang paling baik untuk bayi, khususnya di enam bulan pertama kehidupan. Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh Moms saat menyimpan ASI.

1. Menyimpan di wadah yang bocor

Wadah ASI yang paling banyak digunakan oleh Moms saat ini adalah berbentuk kantong ASI BPA Free dan botol ASI yang terbuat dari kaca. Untuk moms yang menggunakan wadah kantong ASI wajib berhati-hati, pasalnya wadah yang satu ini mudah bocor jika diisi terlalu penuh. Tahukah Moms jika ASI yang dibekukan cenderung memiliki massa yang lebih banyak daripada ASI yang cair? oleh karena itu, jangan melakukan kesalahan dengan menuang terlalu banyak ASI ke wadahnya ya Moms.

2. Menyimpan di dalam botol yang tidak kering

Sedangkan kesalahan yang sering dilakukan oleh Moms yang menggunakan botol sebagai wadah penyampan ASI adalah, memasukan ASI ke dalam botol yang masih basah. Untuk Moms yang menyimpan ASI di wadah botol, pastikan untuk menuang ASI setelah botol benar-benar kering sehingga ASI tidak bercampur dengan air.

3. Menyimpan di samping daging

Untuk Moms yang menyimpan ASI di dalam lemari Es, pastikan tidak bercampur dengan tumpukan daging ya Moms. Meskipun ASI di taruh di dalam wadah yang tertutup rapat, bakteri tetap dapat menghinggapi area disekitar kemasan. Hal ini tentu saja akan berisiko membuat ASI menjadi tidak steril dan kualitas menurun.

4. Menaruh di Ice Cube

ASI harus berada ditempat khusus yang aman dari bakteri dan zat-zat kimia. Ice cube yang kemudian ditaruh di dalam freezer bukanlah tempat yang aman untuk menaruh ASI. Hal ini dikarenakan Ice cube memiliki celah mengakibatkan bakteri dapat masuk dan membuat ASI tidak higienis lagi.

5. Menyimpan ASI beku hingga berbulan-bulan

ASI yang dibekukan, kualitasnya juga akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Hal-hal yang tidak memungkinkan dapat terjadi, misalnya saja mati listrik. Jika ASIP di kulkas awalnya sudah beku, lalu listrik mati sehingga sedikit mencair, kemudian listrik nyala membuat ASI kembali beku, maka kualitas ASI tersebut sudah benar-benar berkurang.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
4 Pack 120ml Kantong ASI
4 Pack 120ml Kantong ASI

IDR 140,000

Silicone Breastpump Premium Pack
Silicone Breastpump Premium Pack

IDR 189,000

MOOIMOM - Milk Powder Storage Bags - Kantong Susu Bubuk
MOOIMOM - Milk Powder Storage Bags - Kantong Susu Bubuk

IDR 49,000

New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

IDR 249,000

NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

IDR 1,390,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved