Homepage Loading Icon
5 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bikin ASI Lancar

5 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bikin ASI Lancar

author iconGisela Niken
date icon28 09 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui,

Sebagai ibu menyusui, tentunya Moms menginginkan proses menyusui berjalan dengan lancar. Siapa sangka ternyata cara untuk membuat ASI lancarprosesnya cukup mudah. Ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa Moms lakukan untuk membuat ASI lancar . Penasaran apa saja? Ini dia daftarnya.

Membuat Posisi Menyusui yang Benar

Sebagai seorang ibu baru tentunya Moms harus melatih diri sendiri apalagi saat sedang memberikan ASI atau menyusui. Sangat wajar jika Moms yang baru dan belum terbiasa menyusui biasanya akan sering merasa sakit ketika menyusui. Hal inilah yang membuat banyak Moms berhenti menyusui.

Bahkan ada yang langsung beralih ke susu formula selama menunggu luka di area putingnya sembuh. Saat beralih dari ASI ke susu formula, Moms bisa jadi tidak menyadari bahwa kebiasaan ini akan menyebabkan produksi ASI ikut berkurang.

Maka, Moms harus segera mengatasi permasalahan ini. Supaya ASI lancar, Moms harus memperbaiki terlebih dahulu posisi menyusui. Caranya cukup mudah. Moms perlu mencoba untuk mengatur posisi menyusui dengan baik dan benar. Kebiasaan atau cara ini berguna agar puting tidak sakit. Dengan begitu ASI bisa keluar dengan jauh lebih lancar. Berikut ini ada beberapa posisi yang bisa dilakukan selama menyusui.

ASI lancar

Pertama adalah reclining. Kondisi posisi menyusui ini bisa dilakukan dengan rebahan. Saat menggunakan posisi ini, pastikan kalau bagian kepala dan badan bayi dalam sebuah atau satu garis lurus. Moms harus memastikan wajah bayi bisa langsung menghadap payudara serta pastikan hidungnya sejajar dengan puting. Moms perlu menopang tubuh bayi serta harus didekap dekat tubuh selama proses menyusui berlangsung.

Posisi lainnya supaya ASI lancar adalah dengan craddling. Posisinya adalah dengan cukup menopang bayi pada bagian lengan yang sama dengan sisi payudara. Moms juga bisa melakukan posisi yang berlawanan atau disebut dengan cross cradding. Posisi menyusui ini mengharuskan Moms untuk menopang bayi dengan lengan yang berlawanan sisi dengan payudara yang akan dipakai.

Cluth juga bisa dipakai untuk membuat ASI lancar. Posisi menyusui yang satu ini dilakukan dengan cara menopang bayi di bawah tangan. Moms juga bisa melakukan posisi lying down. Posisi menyusui lainnya bisa dengan berbaring bersama-sama  dan saling berhadapan. Mengganti posisi akan membantu Moms mengetahui posisi yang nyaman untuk anak.

Banyak Mengosumsi Air Putih & Makanan Bergizi

Kebiasaan sederhana berikutnya yang perlu Moms lakukan adalah rutin mengkonsumsi makanan bergizi dan cukupi kebutuhan air mineral. Gizi yang cukup akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur. Tidak hanya air mineral, minum jus sayur atau buah juga akan memperbanyak ASI.

Makanan bergizi dan sehat juga akan meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Maka dari itu setiap hari diperlukan tambahan asupan kalori 300 - 500. Ingat jangan makan berlebihan dan tidak bergizi karena justru akan berpengaruh terhadap perubahan hormon Moms. Mengonsumsi ASI booster atau pelancar ASI juga dapat menjadi salah satu cara agar ASI lancar. ASI booster dapat berupa snack sehat kesukaan moms atau minuman asi booster yang kini banyak ditemukan di pasaran. 
 

Prenavita ASI Booster/Pelancar ASI

Hindari Stres

Siapa sangka ternyata stres bisa jadi penghambat produksi ASI juga. Sebisa mungkin Moms yang sedang menyusui tidak mengalami tekanan. Moms sendiri pastinya butuh dukungan dari orang sekitar supaya ASI lancar. Biasanya saat baru saja melahirkan, Moms kerap merasa stres karena ASI yang belum banyak. Siapa sangka ini bisa jadi sumber stres tersendiri. Moms juga sebaiknya tidak membandingkan diri kita dengan ibu lain. Moms harus percaya bahwa itu semua adalah proses yang harus dilalui dan pasti Moms bisa menyusui Si Kecil dengan lancar.

Belajar memompa ASI

Ternyata kegiatan memompa ASI menjadi salah satu cara supaya ASI lancar. Moms bisa menggunakan pompa ASI setiap kali selesai menyusui. Tidak perlu memikirkan berapa banyak ASI yang keluar saat berusaha memompa. Moms harus ingat kalau tujuan memompa itu agar memberikan rangsangan dan stimulasi. Kegiatan memompa juga dapat mengosongkan ASI yang belum dihabiskan Si Kecil. Dengan demikian payudara bisa memproduksi ASI kembali.

Salah satu pompa ASI yang bisa Moms pakai adalah MOOIMOM New Natural Comfort Electric Breast Pump. Pompa ASI satu ini akan membantu Moms lebih nyaman saat memompa karena karetnya yang nyaman dipakai. Apalagi alat ini juga mudah dibersihkan dan aman untuk dipakai menampung ASI.

MOOIMOM New Natural Comfort Electric Breast Pump

Pijat Payudara

Siapa sangka ternyata payudara bisa terasa keras sehingga ASI tidak bisa keluar. Untuk mengatasi permasalahan ini, Moms perlu melakukan pijat payudara. Selain itu, payudara juga perlu dikompres.  Untuk melakukannya supaya ASI lancar, pertama tempatkan kedua telapak tangan di antara kedua payudara.

Kemudian pijatlah mulai dari bagian tengah lalu ke atas mengelilingi payudara. Setelah itu, Moms bisa kompres kedua payudara dengan kain hangat selama 2 menit. Setelah itu, ganti dengan kain dingin selama 1 menit. Kompres bergantian sampai 3 kali berturut-turut. Proses bisa diakhiri dengan kompres yang menggunakan air hangat. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

Rp 31,500

MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

MOOIMOM 24 Pack Disposable Breastpad
MOOIMOM 24 Pack Disposable Breastpad

Rp 720,000

MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

MOOIMOM Cooler Bag / Tas Penyimpanan ASIP
MOOIMOM Cooler Bag / Tas Penyimpanan ASIP

Rp 399,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved