5 Hal Ini Ternyata Bisa Dirasakan Bayi Saat Berada di Rahim - MOOIMOM

5 Hal Ini Ternyata Bisa Dirasakan Bayi Saat Berada di Rahim

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconKehamilan & Menyusui, Tumbuh Kembang Anak,

bayi dalam kandungan-1

 

Rahim memberikan tempat yang hangat dan menenangkan untuk bayi Anda dan juga merupakan tempat sang bayi untuk mempersiapkan diri memasuki dunia nyata pada saatnya nanti. Ada beberapa penelitian yang menguraikan bagaimana hidup di dalam Rahim, banyak video yang telah menunjukkan hal menakjubkan ini. Ada juga yang meneliti dan menemukan bahwa bayi bisa merasakan beberapa hal ketika berada di Rahim.

Bayi di dalam Rahim ternyata bisa merasakan, mendengarkan, bahkan tahu apa yang mereka sukai atau tidak. Berikut adalah lima hal yang mengejutkan tentang apa yang bisa bayi rasakan ketika di dalam rahim.

  1. Sentuhan sang Ibu

 

ibu-hamil (google.com) 

Bayi dapat merasakan ketika seseorang menempatkan tangan di perut ibu hamil. Anda mungkin sering menemukan bahwa jika Anda menempatkan tangan di tempat tertentu, bayi seperti menendang atau melakukan reaksi di tempat yang Anda sentuh. Saat bayi Anda makin besar, gerakan ini pun akan meningkat.

Jadi sentuhan ibu bisa jadi salah satu hal yang penting karena seolah Anda memberitahukan pada sang bayi bahwa Anda ada di sana dengan sabar dan penuh kasih sayang menunggunya segera keluar ke dunia nyata.

 

  1. Bayi bisa mendengar suara

 

listening music (google.com)

 

Menurut Barbara Kott, guru antenatal dan Direktur National Childbirth Trust, "Bayi mulai merespon tentang suara sejak ia berusia sekitar 20 minggu."

Sebuah survey dilakukan dengan cara meminta beberapa ibu untuk mendengarkan lagu  “Twinkle Little Star” saat hamil. Penelitian menemukan, bayi yang lahir dan pernah mendengarkan musik saat di kandungan juga akan bereaksi saat mereka di perdengarkan musik.

Peneliti menguji aktivitas otak bayi yang pernah mendengarkan musik saat berada di kandungan dan menemukan sebuah pola bahwa mereka akan dengan mudah mengenali musik beberapa bulan setelah lahir sedangkan bayi yang tidak pernah mendengarkan musik tidak menunjukkan pola-pola yang sama.

Selain musik, ternyata bayi juga mengenali suara dari dalam tubuh ibu mereka, detak jantung sang ibu, suara perut ibu saat lapar, bahkan aliran darah sang ibu.

 

  1. Bayi bisa mencium bahkan merasakan asap rokok!

 

No-Smoking.home 

Kita semua tahu resiko tentang bahaya merokok selama kehamilan (jika tidak, Anda dapat membaca secara jelas di kemasan rokok pada umumnya). Namun, ultrasound telah mengungkapkan bahwa bayi benar-benar dapat mendeteksi bau dan rasa dari asap rokok saat dalam kandungan.

Sebuah studi yang dilakukan di Lancaster dan Universitas Durham menunjukkan bayi dengan ibu yang merokok selama kehamilan, sang bayi akan melakukan gerakan seperti menutup mata dan mulut mereka ketika di dalam Rahim.

Studi ini menunjukkan bahwa gerakan dari sang bayi ini muncul karena respon stres yang disebabkan oleh asap dan racun pada rokok.

 

  1. Bayi Peka Terhadap Cahaya Matahari

 

ibu hamil berjemur

 

Mata bayi mulai sensitif terhadap cahaya ketika ia berusia 15 minggu, tetapi mereka tidak akan membuka mata mereka sampai sekitar berumur 22 minggu. Bayi dapat mendeteksi  cahaya matahari atau lampu terang lainnya tetapi tidak akan menyakiti mata mereka.

"Pada tahap ini penglihatannya masih sangat terbatas, tapi dia akan dapat melihat cahaya terang dari matahari sebagai cahaya yang hangat bahkan ketika sang ibu seperti berjemur." Barbara Kott, Direktur National Childbirth Trust menjelaskan.

  1. Rasa dari Wortel dan makanan lainnya

 

pregnant and fruit

 

Bayi mampu mengenali rasa makanan, bahkan saat dalam kandungan. Satu studi dilakukan dan menggunakan wortel untuk membuktikan teori ini. Hasilnya, bayi yang ibunya meminum banyak jus wortel sejak trimester ketiga akan semakin menikmatinya (lebih dari bayi lainnya) bahkan hingga tahap penyapihan dan di kemudian hari.

Sumber : https://goo.gl/watcSk

Pict Credits : google.com

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui
Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui

IDR 599,000

Full Length Maternity Leggings Celana Legging Hamil
Full Length Maternity Leggings Celana Legging Hamil

IDR 199,000

Super Soft Skinny Maternity Jeans Celana Jeans Hamil
Super Soft Skinny Maternity Jeans Celana Jeans Hamil

IDR 499,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
7AM Brand
Anello Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Grabease Brand
Mamaway Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved