Homepage Loading Icon
4 Makanan Sumber Omega 3 yang Aman Bagi Ibu Hamil

4 Makanan Sumber Omega 3 yang Aman Bagi Ibu Hamil

author iconanisyukur
date icon11 09 2019
category iconMasa Kehamilan, Gizi & Kesehatan, Kehamilan & Menyusui,

Omega 3 menjadi salah satu asupan yang penting bagi ibu hamil karena dapat membantu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Asam lemak omega 3 dapat membantu perkembangan otak, saraf, serta penglihatan bayi. Selain itu, omega 3 juga dapat membantu mengurangi risiko kelahiran prematur. 

Untuk memenuhi kebutuhan akan Omega 3, Moms wajib mengkonsumsi beberapa memakanan. Makanan apa saja yang menjadi sumber Omega 3 dan aman dikonsumsi ibu hamil? Yuk simak penjelasan berikut Moms!

1. Ikan dan seafood

Ikan dan seafood mengandung banyak sekali omega 3 yang baik untuk ibu hamil dan perkembangan bayi. Meski begitu, umumnya ikan dan seafood yang mengandung asam lemak omega 3 juga mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri. Oleh karena itu, Moms harus hati-hati dalam memilih makanan sumber asam lemak omega 3.

Beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 dengan kandungan rendah merkuri adalah ikan salmon, tuna, sarden, ikan cod, ikan tilapia, dan catfish. Beberapa jenis ikan yang harus Moms hindari karena mengandung tinggi merkuri adalah ikan todak, ikan king makerel, ikan tilefish, ikan marlin, dan ikan hiu.

2. Telur

Tidak hanya ikan, telur ayam juga ada yang mengandung omega 3, terutama jenis DHA. Pilihlah telur yang diperkaya dengan asam lemak omega 3 atau DHA. Telur ini dihasilkan oleh ayam betina yang diberi pangan mikroalga yang diperkaya DHA atau yang diberi suplemen mikroalga turunan DHA.

3. Buah dan sayur

Selain sumber makanan hewani ada juga makanan yang bersumber dari tumbuhan yang juga kaya akan Omega 3 yakni buah dan sayur. Beberapa buah dan sayur yang mengadung Omega 3 yang diperlukan oleh ibu hamil adalah alpukat, bayam, daun kale, dan kol brussel.

4. Sumber Lain

Selain beberapa makanan di atas, Moms juga bisa mendapatkan manfaat Omega 3 dari makanan lain seperti margarin, susu, yogurt, joatmeal, dan sereal. Beberapa jenis minya juga memiliki kandungan Omega 3 seperti minyak kanola, minyak walnut, minyak kedelai (dan produk kedelai lainnya), serta minyak flaxseed (biji rami).

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 599,000

Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 499,000

3 Pack NEW Seamless Bra
3 Pack NEW Seamless Bra

IDR 597,000

Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

IDR 199,000

2 Pack Cotton Bra Top
2 Pack Cotton Bra Top

IDR 558,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved