Homepage Loading Icon
10 Penyebab Produksi ASI Sedikit

10 Penyebab Produksi ASI Sedikit

author iconanisyukur
date icon09 09 2019
category iconGizi & Kesehatan, Kehamilan & Menyusui, Menyusui,

ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk masa pertumbuhan dan perkembangan bayi yang baru saja lahir. Moms yang tengah menyusui pasti bingung jika prosuksi asinya sedikit. Jangan terburu-buru menyalahkan diri sendiri ya Moms, karena sebetulnya ada banyak penyebab mengapa prosuksi ASI menjadi sedikit. Para Moms wajib mengetahui penyebab dan juga cara yang baik dan tepat untuk menangani ASI yang sedikit agar tidak stres saat ASI yang keluar sedikit. 

1. Laktasi Tertunda

Tidak semua Moms bisa langsung menyusui ketika bayinya lahir. Beberapa Moms harus menunggu beberapa hari hingga ASInya bisa keluar. Itupun seringkali hanya sedikit. Dalam dunia medis, hal tersebut disebut sebagai laktasi yang tertunda. Laktasi yang tertunda adalah salah satu penyebab ASI sedikit yang sering terjadi. Namun, keterlambatan ini bukan berarti ASI Moms akan selalu sedikit atau tidak memproduksi ASI sama sekali.

2. Penggunaan Susu Formula

Seringkali, akibat ASI yang lama keluar akhirnya Moms memilih memberikan susu formula. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan ASI menjadi sedikit, karena banyaknya ASI yang keluar bergantung dari seberapa sering bayi Moms menyusui. Pada beberapa kondisi, bayi membutuhkan tambahan susu formula seperti bayi kuning atau ASI yang keluar sangat terlambat. Apabila hal tersebut terjadi, Moms dapat mencoba memompa ASI untuk memperbanyak produksinya.

3. Bayi Kesulitan Menyusu

Terkadang walaupun bayi terlihat sedang menyusu, bisa jadi ia tidak minum ASI sama sekali karena beberapa hal seperti rasa ASI berubah atau bayi mengalami tongue tied. Moms dapat mengetahui hal ini dari suara saat bayi menelan. Bayi yang tidak minum ASI akibat jesulitan menyusu akan mempengaruhi produksi ASI sehingga ASI menjadi sedikit.

4. Pelekatan Tidak Sempurna

Pelekatan yang tidak sempurna membuat bayi tidak bisa menyusu dengan baik. Cobalah berbagai posisi menyusui yang berbeda untuk membantu bayi melekat di payudara Moms dengan sempurna. Moms dapat mencoba melekatkan payudara selagi bayi tertidur. Cara ini dilakukan agar bayi melakukan gerakkan menyedot walaupun sedang tidur.

5. Bentuk Puting Tidak Biasa

Salah satu penyebab ASI sedikit adalah anatomi payudara Moms yang tidak biasa. Seperti terbalik, rata, atau malah putting besar dan panjang. Kondisi-kondisi tersebut bisa menjadi penyebab bayi kesulitan melakukan pelekatan sempurna saat menyusui

6. Kelenjar ASI Tidak Mencukupi

Kondisi kelenjar air susu yang kurang dapat menjadi penyebab ASI sedikit. Hal ini membuat Moms akan kesulitan menghasilkan ASI yang banyak. Meskipun sudah mencoba berbagai metode untuk memperbanyak ASI. Kondisi tersebut juga berpengaruh terhadap hormone atau payudara yang tidak berkembang setelah masa puber.

7. Operasi Payudara

Apabila Moms sebelumnya pernah melakukan operasi di daerah payudara, kemungkinan besar ada jaringan kelanjar yang rusak. Kondisi ini bisa mengakibatkan tubuh Moms kesulitan memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Kondisi kesehatan lainnya seperti adanya infeksi, peradangan, atau memar di area payudara juga bisa menyebabkan produksi ASI terhambat.

8. Gangguan Hormon

Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh kondisi hormone prolaktin yang dihasilkan tubuh Moms saat hamil dan setelah bayi lahir. Apabila sebelumnya Moms pernah mengalami masalah hormone, kemungkinan besar Moms akan mengalami masalah ASI sedikit.

9. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Obat-obatan hormonal seperti pil KB dan suntuk KB mempengaruhi produksi ASI saat Moms masih menyusui. Selain itu, kondisi zat besi yang kurang dan hipertensi selama kehamilan juga menurunkan kuantitas ASI.

10. Faktor Lainnya

Usia Moms saat hamil dapat memicu produksi ASI yang sedikit. Konsumsi alcohol, kebiasaan merokok, atau depresi pasca melahirkan juga berpengaruh dalam kuantitas ASI.
 
Setelah mengetahui semua penyebab mengapa ASI keluar sedikit. Sekarang tentunya Moms bisa lebih paham apa yang harus dilakukan untuk memperbanyak ASI. Apabila Moms tetap menghadapi masalah keluarnya ASI yang sedikit, Moms dapat mengkonsultasika hal ini kepada dokter bila perlu, agar bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup setiap saat.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Handsfree Breastmilk Collection Cup-Alternatif Penampung ASI
MOOIMOM Handsfree Breastmilk Collection Cup-Alternatif Penampung ASI

IDR 399,000

3 Pack NEW Seamless Bra
3 Pack NEW Seamless Bra

IDR 597,000

New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

IDR 249,000

NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

IDR 1,390,000

New Breastmilk Storage Bags 250ml - Kantong ASI
New Breastmilk Storage Bags 250ml - Kantong ASI

IDR 89,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved