mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

Karakter Anak ADHD: Merasa Kurang Perhatian, Hiperaktif dan Impulsif

Karakter Anak ADHD: Merasa Kurang Perhatian, Hiperaktif dan Impulsif

Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan yang ditandai dengan pola berkelanjutan dari kurangnya perhatian dan atau hiperaktif-impulsif yang mengganggu fungsi atau perkembangan.

    Kurang perhatian berarti seseorang menyimpang dari tugas, kurang kegigihan, mengalami kesulitan mempertahankan fokus, dan tidak teratur; dan masalah ini bukan karena pembangkangan atau kurangnya pemahaman.

    Hiperaktif berarti seseorang tampaknya bergerak terus-menerus, termasuk dalam situasi yang tidak sesuai; atau terlalu gelisah, mengetuk, atau berbicara. Pada orang dewasa, mungkin kegelisahan ekstrim atau melelahkan orang lain dengan aktivitas konstan.

    Impulsif berarti seseorang membuat tindakan tergesa-gesa yang terjadi pada saat itu tanpa terlebih dahulu memikirkannya. Padahal, mungkin sekali tindakannya memiliki potensi bahaya yang tinggi, atau keinginan untuk mendapatkan imbalan langsung atau ketidakmampuan untuk menunda kepuasan. Orang yang impulsif mungkin mengganggu secara sosial dan mengganggu orang lain secara berlebihan. Bisa jadi juga mereka membuat keputusan penting tanpa mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang.

 

Tanda dan Gejala Anak ADHD

Kurang perhatian dan hiperaktif/impulsif adalah perilaku utama ADHD. Beberapa orang dengan ADHD hanya memiliki masalah dengan salah satu perilaku, sementara yang lain memiliki kekurangan perhatian dan hiperaktivitas-impulsif. Sebagian besar anak memiliki tipe gabungan ADHD.

Di prasekolah, gejala ADHD yang paling umum adalah hiperaktif.

Adalah normal untuk memiliki sedikit perhatian, aktivitas motorik yang tidak fokus dan impulsif. Tetapi untuk orang dengan ADHD, perilaku ini:

    lebih parah

    lebih sering terjadi

    mengganggu atau mengurangi kualitas bagaimana mereka berfungsi secara sosial, di sekolah, atau dalam pekerjaan

Baca juga: Hal Penting yang Berpengaruh pada Perkembangan Otak Anak

Anak dengan gejala kurang perhatian mungkin sering:

    Mengabaikan atau melewatkan detail, membuat kesalahan ceroboh dalam tugas sekolah, di tempat kerja, atau selama aktivitas lainnya

    Memiliki masalah mempertahankan perhatian dalam mengerjakan tugas, bermain, atau membaca 

    Sepertinya tidak mendengarkan ketika diajak bicara secara langsung

    Tidak mengikuti instruksi dan gagal menyelesaikan tugas sekolah, tugas, atau tugas di tempat kerja atau memulai tugas tetapi dengan cepat kehilangan fokus dan mudah teralihkan

    Memiliki masalah dalam mengatur tugas dan kegiatan, seperti apa yang harus dilakukan secara berurutan, menjaga bahan dan barang-barang tetap rapi, memiliki pekerjaan yang berantakan dan manajemen waktu yang buruk, dan gagal memenuhi tenggat waktu

    Menghindari atau tidak menyukai tugas-tugas yang membutuhkan upaya mental yang berkelanjutan, seperti tugas sekolah atau pekerjaan rumah, atau untuk remaja dan orang dewasa yang lebih tua, menyiapkan laporan, mengisi formulir, atau meninjau makalah yang panjang

    Kehilangan barang-barang yang diperlukan untuk tugas atau aktivitas, seperti perlengkapan sekolah, pensil, buku, peralatan, dompet, kunci, dokumen, kacamata, dan ponsel

    Mudah terganggu oleh pikiran atau rangsangan yang tidak terkait

    Menjadi pelupa dalam kegiatan sehari-hari, seperti tugas, tugas, membalas telepon, dan menepati janji

Anak dengan gejala hiperaktif-impulsif mungkin sering:

    Gelisah dan menggeliat di kursi mereka

    Meninggalkan tempat duduk mereka dalam situasi ketika diharapkan untuk tetap duduk, seperti di ruang kelas atau kantor

    Berlari atau berlari atau memanjat dalam situasi yang tidak pantas atau, pada remaja dan orang dewasa, sering merasa gelisah

    Tidak bisa bermain atau melakukan hobi dengan tenang

    Terus-menerus bergerak atau "berjalan," atau bertindak seolah-olah "digerakkan oleh motor"

    Bicara tanpa henti

    Mengatakan jawaban sebelum pertanyaan selesai, menyelesaikan kalimat orang lain, atau berbicara tanpa menunggu giliran dalam percakapan

    Mengalami kesulitan menunggu gilirannya

    Menyela atau mengganggu orang lain, misalnya dalam percakapan, permainan, atau aktivitas

Diagnosis ADHD memerlukan evaluasi komprehensif oleh dokter berlisensi, seperti dokter anak, psikolog, atau psikiater dengan keahlian dalam ADHD. Bagi seseorang untuk menerima diagnosis ADHD, gejala kurangnya perhatian dan/atau hiperaktivitas-impulsif harus kronis atau berlangsung lama, mengganggu fungsi orang tersebut, dan menyebabkan orang tersebut tertinggal perkembangan khas untuk usianya.

Baca juga: Tingkah Laku Si Kecil Ternyata Memiliki Arti

Dokter juga akan memastikan bahwa gejala ADHD tidak disebabkan oleh kondisi medis atau kejiwaan lainnya. Sebagian besar anak dengan ADHD menerima diagnosis selama tahun-tahun sekolah dasar. Untuk remaja atau orang dewasa untuk menerima diagnosis ADHD, gejalanya harus sudah ada sebelum usia 12 tahun.

Gejala ADHD dapat muncul sedini antara usia 3 dan 6 dan dapat berlanjut hingga remaja dan dewasa. Gejala ADHD dapat disalahartikan sebagai masalah emosional atau disiplin atau terlewatkan sepenuhnya pada anak-anak yang pendiam dan berperilaku baik, yang menyebabkan keterlambatan dalam diagnosis. 

Semoga perkembangan Si Kecil selalu baik-baik, ya, Moms. Untuk menopang perkembangan motoriknya, Moms dapat memilih pelbagai mainan anak lewat situs Mooimom. Jangan lupa juga menyertakan Mugu Folding Playmat agar Si Kecil dapat lebih nyaman bermain dan mengembangkan diri.

Bagikan Artikel: