Homepage Loading Icon
Waspada Penyakit Ini Jika Malas Mencuci Tangan

Waspada Penyakit Ini Jika Malas Mencuci Tangan

author iconDwi Ayu Rochani
date icon31 07 2020
category iconGaya Hidup, keluarga,

Cuci tangan merupakan cara menjaga kesehatan dan kebersihan tangan yang paling sederhana dan mudah. Meski tampak sepele, tapi jika kamu telaten cuci tangan, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, dan virus. Ini dikarenakan tangan merupakan media utama penularan penyakit, karena tangan kerap digunakan untuk kontak langsung dengan benda kotor atau tangan orang lain yang mengandung kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. 

Itu sebabnya, kamu disarankan untuk mencuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah memegang benda kotor. Jika kamu mengabaikan cuci tangan, maka berisiko terkena banyak masalah kesehatan. Dilansir dari halodoc yuk ketahui penyakit apa saja yang dapat muncul, akibat jarang cuci tangan, di sini! 

Flu

Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza dan dapat menyerang tenggorokan, hidung, hingga paru-paru. Gejala utama flu adalah hidung tersumbat, pilek, batuk, hingga berbagai infeksi saluran pernapasan. Umumnya, penularan flu sangat tinggi di musim pancaroba dan musim penghujan. 

Penularan flu dapat terjadi dengan mudah terhadap orang lain. Terutama, saat 3-4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi. Virus influenza yang menempel pada tangan akibat lupa cuci tangan dapat menjadi media penularan. Cuci tangan setelah berinteraksi dengan pengidap flu, sangat dianjurkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penularan penyakit tersebut. 

Batuk 

Batuk sebenarnya adalah respon alami tubuh saat sistem pertahanan saluran nafas mengalami gangguan dari luar. Berbagai penyakit juga dapat menyebabkan batuk, seperti radang tenggorokan, dan flu yang disebabkan oleh virus, hingga tuberkulosis yang disebabkan oleh bakteri. 

Penularan batuk paling sering terjadi akibat perantara tangan yang kotor. Penyebab utamanya adalah kuman penyebab batuk hinggap di tangan yang kotor. Tangan tersebut kemudian memegang makanan yang dimasukan ke mulut, atau menyentuh mulut. Akibatnya, virus dapat dengan mudah masuk tubuh dan melemahkan daya tahan tubuh pengidapnya. Batuk memiliki berbagai jenis, seperti batuk kering dan batuk berdahak. 

Diare

Diare adalah kondisi ketika pengidapnya buang air besar (BAB) dengan frekuensi yang tinggi. Selain sering, feses pengidap diare akan lebih encer dari biasanya. Jika tidak segera ditangani, diare dapat menjadi berbahaya karena menyebabkan dehidrasi hingga demam.  

Diare memiliki berbagai faktor penyebab, seperti keracunan makanan kadaluarsa. Tetapi, penularan juga diare dapat terjadi dari paparan feses atau tinja yang sudah terinfeksi kuman diare. Maka, setelah buang air besar dan kecil, cuci tangan dengan sabun harus dilakukan. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghindari penularan penyakit diare. 

Artikel terkait : Gejala Virus Corona yang Wajib Moms ketahui 

Konjungtivitis

Debu, kotoran, serta kuman seringkali hinggap di tangan tanpa kita sadari. Tangan yang kotor, jika langsung menyentuh mata, tentu memberikan dampak negatif. Hal ini dapat menyebabkan konjungtivitis atau peradangan konjungtiva. Konjungtivitis memiliki gejala berupa mata merah, sering terasa gatal seperti ada pasir. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tetapi anak-anak paling sering tertular penyakit ini. Selain infeksi kuman (bakteri atau virus) konjungtivitis juga dapat disebabkan oleh alergi, jamur, amuba, hingga parasit. 

Berbagai Penyakit Kulit 

Jarang mencuci tangan dengan sabun, meningkatkan risiko penularan penyakit kulit. Bakteri yang menumpuk pada tangan dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit, bentol, hingga munculnya bisul pada kulit. Selain itu, penyakit kulit lain, seperti impetigo juga dapat menyerang kamu akibat memiliki tangan yang kotor. Impetigo adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri dan sering dikira sebagai cacar air. Penularan penyakit ini dapat terjadi akibat bersentuhan kulit dengan pengidapnya, atau barang-barang perantara yang sudah dihinggapi oleh bakteri penyebab impetigo. 

Untuk mengurangi risiko berbagai penyakit tersebut, dapat dilakukan dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun setelah berinteraksi dengan orang lain, atau memegang sesuatu yang kotor. Pilihlah sabun Natural Anti Bacterial Hand Wash Oh My Orange untuk lindungi kebersihan diri dan keluarga. Praktis dan efektif membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit. Dengan aroma minyak jeruk alami yang sangat menyegarkan, tidak lengket, dapan digunakan setiap hari. 

Kamu bisa membelinya di sini atau bisa kunjungi www.mooimom.id


 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[OH MY ORANGE] Hand Sanitizer Spray 70ml - Pembersih Tangan
[OH MY ORANGE] Hand Sanitizer Spray 70ml - Pembersih Tangan

Rp 49,000

[OH MY ORANGE] Hand Sanitizer Gel 60ml - Pembersih Tangan
[OH MY ORANGE] Hand Sanitizer Gel 60ml - Pembersih Tangan

Rp 49,000

[OH MY ORANGE] Natural Antibacterial Spray 70ml- Pembersih Tangan Anak
[OH MY ORANGE] Natural Antibacterial Spray 70ml- Pembersih Tangan Anak

Rp 59,000

[OH MY ORANGE] Natural Antibacterial Hand Wash 300 ml - Sabun Cuci Tangan
[OH MY ORANGE] Natural Antibacterial Hand Wash 300 ml - Sabun Cuci Tangan

Rp 69,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved