Homepage Loading Icon
Tips Puasa Sehat di Tengah Pandemi, Lakukan 7 Hal Ini!

7 Rahasia Puasa Sehat di Tengah Pandemi COVID-19

author iconIntan
date icon24 04 2020
category iconGaya Hidup, Gizi & Kesehatan,

Meski puasa dapat menyehatkan tubuh sebagai bentuk detoksifikasi alami, Moms tetap harus ekstra dalam menjaga kebugaran tubuh selama Ramadan.

Jangan sampai, momen puasa ini justru menjadikan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh Moms menjadi menurun.

Terlebih lagi, saat ini lingkungan kita sangat rentan terhadap penyakit yang dibawa oleh virus, salah satunya adalah COVID-19 atau virus corona.

Di artikel berikut ini, Mamapedia akan mencoba memberikan Moms tips tetap sehat selama berpuasa di tengah pandemi COVID-19. Simak sampai habis, ya!

1. Minum air putih lebih banyak

Selama berpuasa, sangat penting untuk menjaga asupan cairan di dalam tubuh tetap tercukupi. Hal ini akan berpengaruh langsung pada kebugaran tubuh Moms sepanjang hari.

Apabila cairan tubuh tidak tercukupi, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Saat tubuh Moms dehidrasi, tentu saja tubuh akan lebih mudah lelah dan sistem imunitas tubuh bisa menurun. Jika hal ini terjadi, virus pembawa penyakit bisa saja lebih mudah masuk ke tubuh Moms.

So, stay hydrated ya, Moms! Konsumsi air putih setidaknya 4-5 gelas saat sahur dan berbuka.

2. Pilih menu makanan sehat

Sumber nutrisi yang Moms konsumsi selama berpuasa juga sangat penting, nih! Pastikan Moms memilih menu sahur dan menu berbuka dengan pilihan makanan yang sehat, ya!

Pastikan menu yang Moms pilih telah memenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna. Konsumsi susu untuk penambah nutrisi, protein untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serat untuk melancarkan sistem pencernaan, serta lemak dan karbohidrat sebagai sumber energi yang akan menjaga Moms tetap bugar.

Hindari konsumsi fast food dan terlalu banyak kafein terlebih dahulu ya, Moms.

3. Konsumsi vitamin

Vitamin C adalah salah satu peningkat sistem imun tubuh, Moms! Untuk itu, Moms juga bisa melengkapi menu harian Moms dengan mengonsumsi vitamin C setiap sahur.

Saat ini, Moms juga sudah bisa membeli produk-produk vitamin dan suplemen terbaik di website MOOIMOM, lho! Cek di sini, siapa tahu Moms bisa mendapatkan diskon spesial!

4. Istirahat cukup

Jangan sampai waktu tidur Moms menjadi terganggu selama Ramadan. Karena Moms harus bangun dini hari untuk sahur, Moms disarankan untuk tidur lebih cepat agar waktu tidur Moms tetap normal seperti yang dianjurkan, yaitu 7-8 jam sehari.

Jika Moms memiliki rutinitas harian seperti bekerja, pastikan Moms segera beristirahat jika rasa lelah sudah menghampiri. Bagaimanapun, kesehatan tetap menjadi yang paling utama ya, Moms.

5. Tetap bergerak

Meski berpuasa, bukan berarti menjadi alasan untuk bisa bermalas-malasan. Moms justru harus tetap bergerak agar peredaran darah di dalam tubuh, khususnya ke jantung, tetap lancar!

Moms bisa melakukan stretching ringan setiap pagi setelah ibadah Salat Subuh. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, cukup lakukan stretching 5-10 menit agar otot dan sendi tubuh Moms tetap kuat.

Hindari aktivitas olahraga yang terlalu berat ya, Moms. Terlebih lagi yang terlalu menguras energi.

6. Jaga kesehatan #DiRumahAja

Sesuai dengan anjuran pemerintah, Moms harus tetap #DiRumahAja bersama keluarga untuk mencegah penularan COVID-19.

Pastikan Moms tetap terjaga di rumah bersama keluarga, dan hanya keluar untuk kepentingan yang sudah sangat darurat.

Jika Moms ingin berbelanja kebutuhan, Moms bisa berbelanja secara online. Jika benar-benar harus keluar, pastikan Moms menggunakan alat perlindungan diri yang memadai seperti masker, kacamata, baju lengan panjang, atau pun topi.

Jika Moms harus berbelanja ke supermarket untuk memenuhi stok bahan makanan selama Ramadan, lakukan secepat dan seefektif mungkin, ya. Siapkan daftar belanjaan agar Moms bisa lebih cepat menyelesaikannya.

7. Jaga kebersihan semaksimal mungkin

Peribahasa bilang, bersih pangkal sehat! Jadi, sekuat apapun Moms menjaga kesehatan, jika lingkungan di sekeliling kita tidak bersih, akan menjadi percuma lho, Moms!

Pastikan Moms selalu menjaga kebersihan tubuh, kebersihan area rumah, serta kebersihan benda-benda yang berinteraksi dengan Moms dan keluarga setiap harinya, ya!

Berikut tips menjaga kebersihan:

•  Kebersihan tubuh: Mandi minimal dua kali sehari, selalu sikat gigi setelah makan, serta cuci tangan dan kaki setiap setelah beraktivitas
•  Kebersihan area rumah: Pel lantai rumah setiap hari, gunakan vacuum cleaner bila perlu, jangan biarkan ada genangan air di dalam rumah, buang sampah setiap hari
•  Kebersihan benda-benda sekitar: Hindari meletakkan benda sembarangan, simpan benda di tempat yang tertutup, sterilkan secara rutin dengan sterilizer

Mungkin Moms akan merasa bahwa menggunakan sterilizer terlihat lebih rumit daripada membersihkannya dengan lap atau tisu basah. Tapi dengan 59S Portable Sterilizing Box, tentu tidak!

59S hadir untuk memudahkan Moms menciptakan hidup yang bersih, sehat dan higienis. Setiap tipe sterilizer yang dikeluarkannya, memiliki desain yang portable sehingga memudahkan Moms memindahkan atau membawanya kemana saja.

Selain itu, 59S Portable Sterilizer juga sudah dilengkapi dengan teknologi UVC LED yang mampu merusak DNA kuman serta bakteri hanya dalam waktu 180 detik saja!

Tak ada lagi mensterilkan benda karena repot dengan uap panas, membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi sampai berisiko merusak benda-benda yang kita sterilkan.

Dengan 59S Portable Sterilizer Box, hidup Moms akan tetap higienis dimana saja, kapan saja. Tertarik untuk mencobanya sekarang, Moms?

Klik di sini, ada diskon terbaik buat Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
59S UVC LED Sterilizing Bag
59S UVC LED Sterilizing Bag

Rp 1,200,000

59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable
59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable

Rp 2,900,000

59s - UVC LED Sterilizing Lid / Sterilizer Penutup
59s - UVC LED Sterilizing Lid / Sterilizer Penutup

Rp 599,000

59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini
59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini

Rp 499,000

59s - UVC LED Sterilizing Mommy Bag / Tas Strerilizer Portable
59s - UVC LED Sterilizing Mommy Bag / Tas Strerilizer Portable

Rp 1,800,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved