Mamapedia Logo
Tips Menjalankan Puasa Bagi Ibu Menyusui

Tips Menjalankan Puasa Bagi Ibu Menyusui

author iconnadhilapn
date icon23 05 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Menyusui, Tips,

Ibu menyusui masih diperbolehkan untuk berpuasa selama bulan suci Ramadhan, dimana setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan memang diwajibkan untuk berpuasa. Namun, pada agama Islam masih memberikan kelonggaran puasa bagi Moms yang menyusui untuk tidak berpuasa dengan menggantinya di lain waktu atau dengan membayarkan fidyah.

Rata-rata berpuasa hanyalah menunda waktu makan hingga 14 jam kedepan. Dan pada saat selang waktu tersebut, tubuh manusia masih bisa bertahan dengan kandungan makanan yang disimpan sejak makan sahur dan akan ditambahkan simpanan nutrisinya pada saat berbuka. Namun puasa dapat menyebabkan Moms yang menyusui mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) pada pada Moms yang masih eksklusif menyusui bayinya yang berusia 6 bulan, karena pada masa ini Moms menyusui secara rutin setiap 2-3 jam tanpa mengenal siang dan malam. Oleh karena itu, lebih baik Moms berpuasa setelah bayi berusia 6 bulan dan sudah menerima MPASI.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Bayi Terlilit Tali Pusar

Dilansir dari suatu sumber, berikut tips untuk menjalankan puasa bagi Moms yang menyusui:

  1. Berkonsultasi ke dokter

Apabila kondisi Moms dan juga bayi memungkinkan, maka dokter biasanya akan memperbolehkan Moms untuk berpuasa selama bulan Ramadhan.

  1. Usia bayi

Berdasarkan ulasan diatas, puasa bagi Moms yang masih menyusui sebaiknya dilakukan setelah bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan.

  1. Pompa dan susui semaksimal mungkin pada malam hari

Kemungkinan produksi ASI akan berkurang pada siang hari. Oleh karena itu manfaatkan malam hari untuk memompa ASI dan menyusui si kecil semaksimal mungkin. Stok ASI yang Moms pompa dapat digunakan pada siang hari sebagai cadangan.

Baca juga: Ini Manfaatnya Kalau Moms Melakukan Senam Kegel

  1. Menjaga nutrisi makanan

Moms yang menyusui juga dianjurkan makan setidaknya 3 kali saat tidak berpuasa, dengan komposisi nutrisi terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat. Selain itu, Moms juga dapat menambah frekuensi makan asalkan tidak mengganggu kenyamanan tidur.

  1. Banyak minum air

Moms juga harus mengusahakan untuk banyak minum air putih sejak berbuka hingga tiba saatnya sahur untuk memenuhi kekurangan cairan tubuh saat berpuasa.

  1. Istirahat yang cukup

Puasa bagi Moms yang menyusui akan terasa berat karena tubuh sering kali terasa lemas setelah memberikan ASI. Untuk itu beristirahatlah yang cukup untuk memulihkan kondisi fisik maupun psikis, agar produksi ASI Moms juga tetap baik dan juga lancar.

 

Sebaiknya Moms juga jangan memaksakan puasa apabila memang tidak sanggup menjalankannya atau merasa khawatir dengan kesehatan diri sendiri maupun bayi. Bagaimanapun, puasa bagi Moms yang menyusui dapat digantikan dengan puasa di hari-hari lainnya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE