Homepage Loading Icon
Tidak Perlu Panik Hadapi Demam Pada Bayi

Tidak Perlu Panik Hadapi Demam Pada Bayi

author iconnadhilapn
date icon24 04 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Semua bayi pasti pernah mengalami demam. Kondisi ini memang umum terjadi pada semua orang, termasuk si kecil. Di dalam ilmu medis, bayi dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat Celcius atau lebih.Sebagai orang tua, Moms pasti khawatir dan panik ketika mendapati tubuh si kecil terasa panas.

Namun, Moms tidak perlu tergesa-gesa ke dokter ketika menghadapi situasi semacam ini. Ada kalanya demam pada bayi adalah suatu kondisi yang normal terjadi dan bisa ditangani di rumah. Demam merupakan suatu gejala. Kondisi ini biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh si kecil sedang melawan penyakit. Contohnya demam dikarenakan efek imunisasi. Demam bisa dianggap menjadi bukti bahwa sistem kekebalan tubuhnya bekerja dengan baik. Dengan kata lain, kinerja tubuh bayi Anda berjalan normal.

Dilansir dari suatu sumber, demam juga bisa menyerang bayi jika dia terlalu lama beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Atau bisa juga terjadi ketika Anda memakaikan baju yang terlalu tebal. Oleh karena itu, Moms tidak perlu khawatir secara berlebihan jika tubuh bayi terasa panas, tapi dia masih terlihat aktif dan masih mau minum susu.

Yang Perlu Diwaspadai Saat Terjadi Demam pada Bayi

Demam pada bayi tidak selalu menandakan hal yang berbahaya, tetapi terdapat kondisi tertentu yang membutuhkan perhatian lebih. Anda harus waspada ketika bayi mengalami demam yang disertai dengan tanda-tanda seperti berikut ini:

  • Tidak nafsu makan
  • Terlihat lesu dan tidak bersemangat saat diajak bermain
  • Tidak responsif
  • Memiliki ruam
  • Muntah
  • Diare
  • Uring-uringan saat tidur
  • Sesak napas
  • Terlihat tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, tidak ada air mata saat menangis, atau popok tidak sebasah biasanya
  • Kejang

Selain itu, Moms juga harus segera membawa si kecil ke dokter jika dia berusia di

Selain itu, demam pada bayi yang berusia kurang dari 3 bulan, juga perlu segera diperiksakan ke dokter, karena demam pada usia ini bisa menandakan bahwa bayi mengalami kondisi yang serius. Bayi berusia 3 bulan ke bawah belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Ini memungkinkan kuman dan virus dapat lebih mudah menyebar dan merusak jaringan tubuhnya dengan cepat.

Untuk bayi di atas tiga bulan, Moms dapat membawanya ke dokter jika demam tidak kunjung turun atau makin parah dalam waktu 24 jam, atau jika bayi tidak mau minum.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Maternity Full Length Leggings Celana Leggings Hamil
Maternity Full Length Leggings Celana Leggings Hamil

Rp 299,000

Mombella Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Red
Mombella Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Red

Rp 129,000

Blue Ocean Baby Sling Gendongan Bayi
Blue Ocean Baby Sling Gendongan Bayi

Rp 380,000

MOOIMOM Postpartum Gauze Belt-3 stage / Korset Pelangsing
MOOIMOM Postpartum Gauze Belt-3 stage / Korset Pelangsing

Rp 249,000

Mombella Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi - Kiwi
Mombella Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi - Kiwi

Rp 99,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved