Homepage Loading Icon
Puting Lecet Saat Menyusui? Coba Cara Ini! - MOOIMOM

Puting Lecet Saat Menyusui? Coba Cara Ini!

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Menyusui, Tips,

Bisa menyusui si kecil juga sama indahnya dengan mengalami momen kehamilan. Namun kegiatan menyusui Anda tak hanya akan diisi dengan mempelajari banyak pengetahuan tentang nutrisi apa saja yang baik untuk menjaga ASI tetap produksi dengan baik. Kendala-kendala seperti puting lecet justru bisa jadi pemicu Anda jadi malas untuk menyusui si kecil. Jangan patah semangat Moms, semua bisa diatasi dan semua bisa diobati. Lakukan cara-cara berikut ini untuk menghindari dan mengobati puting yang lecet. (Baca juga : Tumbuh-Tumbuhan yang Memperlancar ASI)

Perhatikan bahan bra menyusui yang Anda gunakan

Memilih bra dengan motif yang cantik memang hal yang wajar-wajar saja. Namun ingat Moms, Anda sedang dalam momen memberikan ASI eksklusif bagi bayi Anda. Tidak dipungkiri lagi, kenyamanan saat ini pasti menjadi prioritas Anda. Mulailah untuk beralih memilih bra yang nyaman. Tak selamanya bra menyusui itu membosankan, Anda tetap bisa memiliki bra menyusui dengan model dan motif yang cantik lho. Jangan lupa untuk mulai tidak menggunakan bra berkawat karena bra berkawat sebenarnya akan sedikit membuat Anda ribet. Lagi-lagi, sekarang juga sudah ada bra menyusui tanpa kawat yang memiliki motif cantik namun bisa juga tetap menopang payudara Anda dengan baik.

Air hangat cukup ampuh mengurangi rasa sakit pada puting Anda

Silahkan kompres payudara Anda untuk meringankan sakit yang berlebihan pada puting Anda. Tak hanya itu, biasakan untuk mengoles ASI pada puting sebelum atau sesudah menyusui si kecil. Membiarkan puting Anda tetap basah juga dapat menghindarkan dari retaknya kulit puting ibu menyusui. Mengoleskan ASI sebelum menyusui bisa merangsang si kecil untuk cepat menyusu kepada Anda. Sedangkan mengoleskan setelah si kecil menyusu, akan berfungsi sebagai desinfektan yang mampu membersihkan dan menjaga puting dari kuman penyebab penyakit.

Pastikan Anda dan sang bayi memiliki posisi yang nyaman saat menyusui

Pelajari teknik menyusui yang baik dan benar. Posisi menyusui Anda juga berpengaruh terhadap kesehatan puting Anda. Penting untuk Anda ketahui, jika si kecil sudah nyaman dan memiliki posisi menyusui yang baik, maka Anda akan terhindar dari puting lecet karena si kecil tak hanya akan menyusu pada puting saja, melainkan melalui areola-nya juga.

Jika puting sudah lecet, jangan stop menyusui

Jika memang sudah lecet, jangan berhenti untuk menyusui, atau jangan berhenti untuk memompa ASI Anda. Jangan biarkan ASI Anda mengendap di payudara karena akan mengakibatkan peradangan yang justru jauh lebih sakit daripada puting yang lecet. Peradangan ini biasa dikenal dengan istilah mastitis.

Jaga kebersihan puting Anda!

Menjaga kebersihan puting tak hanya bermanfaat untuk sang ibu, namun juga bermanfaat untuk bayi Anda. Wajib hukumnya untuk selalu menjaga apa yang dibutuhkan bayi Anda agar tetap steril. Sebelum Anda menyusui atau setelah menyusui Anda bisa gunakan tisu basah yang tentunya memiliki kandungan aman bagi si kecil. Gunakan tisu basah yang tidak mengandung alkohol atau wewangian yang berlebihan. (Baca juga : Konsumsi 5 Jenis Makanan ini Supaya ASI Lancar!)

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Super Soft Crossover Maternity & Nursing Bra Top Tank Top Bra Ibu Hamil Menyusui
Super Soft Crossover Maternity & Nursing Bra Top Tank Top Bra Ibu Hamil Menyusui

Rp 239,000

MOOIMOM Lace Vest Nursing Tank / Tank Top Bra Hamil Menyusui
MOOIMOM Lace Vest Nursing Tank / Tank Top Bra Hamil Menyusui

Rp 189,000

MOOIMOM Hands free Pumping Tank / Tank Top Bra Menyusui
MOOIMOM Hands free Pumping Tank / Tank Top Bra Menyusui

Rp 340,000

Multi Use Nursing Cover shawl / Baju Menyusui / Apron Menyusui
Multi Use Nursing Cover shawl / Baju Menyusui / Apron Menyusui

Rp 259,000

MOOIMOM Lace High Waist Maternity Briefs / Celana Dalam Hamil
MOOIMOM Lace High Waist Maternity Briefs / Celana Dalam Hamil

Rp 89,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved