Homepage Loading Icon
Potong Rambut saat Hamil Mitos atau Fakta?

Potong Rambut saat Hamil Mitos atau Fakta?

author iconDwi Ayu Rochani
date icon21 06 2020
category iconMasa Kehamilan, Tips,

Potong rambut saat hamil, boleh atau tidak ya? ini sering menjadi pertanyaan ibu hamil terlebih ketika mereka memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga. 

Kehamilan merupakan momen yang sangat dinanti oleh pasangan, ketika mengetahui bahwa kita hamil tentu kita harus berhati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh dan janin bayi. 

Di dalam kehidupan kita akrab sekali dengan kata mitos. Ditemukan juga mitos saat hamil bahwa 'memotong rambut saat hamil bisa menyebabkan bayi menjadi cacat' kalimat tersebut sering kita dengar dari lingkungan sekitar.

Padahal di zaman yang modern dan serba canggih kini sudah ada alat untuk mendeteksi kesehatan bayi dalam kandungan. Jadi tidak perlu khawatir mengenai kelainan yang bisa terjadi pada bayi.

Penyebab yang membuat terjadinya kelainan pada bayi yaitu, kelainan genetik, kekurangan nutrisi, virus atau penyakit tertentu.

Untuk lebih meyakinkan, berikut MOOIMOM rangkum informasi mengenai mitos atau fakta potong rambut saat hamil seperti dilansir dari sehatq.com.

Mitos potong rambut saat hamil

Banyak tradisi dan budaya yang percaya bahwa rambut manusia sangatlah berharga dan bisa menyalurkan energi. Itulah sebabnya, potong rambut saat hamil dianggap bisa menghilangkan kekuatan dalam hidup dan mengurangi umur di dunia.

Dalam beberapa kepercayaan, potong rambut saat hamil juga dipercaya bisa membawa kesialan. Tidak hanya itu, potong rambut saat hamil bahkan disebut mampu menyebabkan keguguran, komplikasi kehamilan, hingga matinya janin di dalam rahim.

Fakta potong rambut saat hamil secara medis

Secara medis, potong rambut saat hamil bukanlah hal yang dilarang. Terkadang, perubahan hormon yang terjadi saat wanita hamil akan membuat rambut terlihat seperti kusam, rapuh, dan “tak bernyawa”. Tidak heran banyak wanita yang ingin potong rambut saat hamil, untuk mengembalikan kecantikan rambutnya.

Selain itu, potong rambut saat hamil juga bisa membuat rambut bumil terlihat lebih indah, karena mampu menghilangkan bagian rambut yang kusam dan rapuh tadi.

Aktivitas potong rambut saat hamil juga dianggap tidak membahayakan kesehatan bayi yang ada di dalam rahim.

Baca juga : Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Beras Kencur ?

Tips potong rambut untuk ibu hamil

1. Datanglah ke salon yang tidak ramai
Memilih salon cukur rambut yang sepi sangat disarankan untuk ibu hamil. Sebab, berada di tempat yang ramai dengan perut yang besar, bisa membuat Moms merasa lelah.

Selain itu, menunggu giliran berjam-jam sambil duduk bisa merugikan kesehatan bumil.

2. Hindari penggunaan bahan kimia
Saat ke salon, biasanya wanita tidak hanya ingin potong rambut, tapi juga mewarnai, mengeriting, atau meluruskan rambut. Beberapa perawatan rambut ini mungkin menggunakan bahan kimia, yang dianggap tidak baik untuk kesehatan bumil dan bayinya.

Masalah ini masih kontroversial di dunia medis. Ada dokter yang memperbolehkannya, ada juga yang tidak. Sebab, bahan kimia yang “dituangkan” ke rambut saat proses pewarnaan dianggap bisa terserap masuk ke dalam tubuh ibu, lewat pori-pori di kulit kepala.

Tidak heran kalau banyak dokter yang menyarankan untuk menggunakan bahan pewarna alami. 

Selain itu, bumil juga disarankan untuk tidak menggunakan keratin sebagai bahan pelurus rambut. Sebab, keratin mengandung senyawa formaldehida atau formalin berbahaya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Moms. 

 

 

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Gendongan Bayi Baby Sling-Blueberry Browney
Gendongan Bayi Baby Sling-Blueberry Browney

Rp 790,000

59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable
59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable

Rp 2,900,000

anello® Rucks With Mouthpiece Tas Ransel -Stripe Navy
anello® Rucks With Mouthpiece Tas Ransel -Stripe Navy

Rp 1,390,000

59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini
59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini

Rp 499,000

MOOIMOM First Baby Boy Birthday Gift B - Kado Ulang Tahun
MOOIMOM First Baby Boy Birthday Gift B - Kado Ulang Tahun

Rp 299,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved